The coffin of Queen Elizabeth II draped in the Royal Standard with the Imperial State Crown is pulled past Buckingham Palace following her funeral service at Westminster Abbey in central London Monday, Sept. 19, 2022. The Queen, who died aged 96 on Sept. | AP/Alberto Pezzali

Geni

Pemahkotaan Raja Charles III, tanpa Harry dan Meghan?

Sebanyak 40 persen warga Inggris menilai Harry tak seharusnya diundang.

Pihak Buckingham Palace telah merilis perincian terbaru mengenai pemahkotaan Raja Charles III. Namun, pertanyaan banyak orang mengenai kehadiran Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam prosesi penting tersebut tampaknya belum bisa terjawab.

Diskusi mengenai kehadiran Harry dan Meghan dalam pemahkotaan Raja Charles III semakin hangat setelah Harry menerbitkan buku memoarnya, Spare. Menurut pemungutan suara eksklusif untuk The Independent oleh Savanta ComRes, sebanyak 43 persen warga Inggris menilai, Harry sebaiknya diundang untuk melihat prosesi pemahkotaan Raja Charles III.

Namun, sebanyak 40 persen warga Inggris menilai, Harry tak seharusnya diundang setelah beragam kontroversi yang dia timbulkan untuk keluarga kerajaan Inggris. Berdasarkan perincian terbaru dari Buckingham Palace, prosesi pemahkotaan yang sebenarnya akan digelar di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023 di bawah naungan Archbishop of Canterbury.

photo
Salinan buku baru Pangeran Harry berjudul Spare ditempatkan di rak toko buku saat pembukaan tengah malam di London, Selasa (10/1/2023). - (AP Photo/Alberto Pezzali)

Akan tetapi, Buckingham Palace mengungkapkan, akan ada sejumlah perayaan yang akan digelar sepanjang pekan pemahkotaan. "Akan ada kesempatan lebih lanjut bagi orang-orang untuk berkumpul bersama dalam perayaan peristiwa bersejarah ini," demikian pernyataan dari Buckingham Palace, seperti dilansir Fox News.

Sejauh ini, pihak Buckingham Palace belum memberikan informasi mengenai tamu yang akan diundang untuk menghadiri prosesi pemahkotaan. Buckingham Palace juga belum memberikan pernyataan definitif mengenai diundang atau tidaknya, Harry dan Meghan untuk menghadiri pemahkotaan sang raja.

6 Mei 2023

Menurut Buckingham Palace, proses pemahkotaan akan dimulai dengan Raja Charles III dan Ratu Permaisuri Camilla mendatangi Westminster Abbey. Di sana, mereka akan menjalani kebaktian pagi dengan khusyuk dan religius.

Setelah itu, Raja Charles III dan Ratu Permaisuri Camilla akan kembali ke Buckingham Palace untuk prosesi pemahkotaan. Sejumlah anggota keluarga kerajaan Inggris akan diundang untuk bergabung dalam prosesi ini. Rangkaian prosesi pemahkotaan akan dilanjutkan dengan penampilan Raja Charles III beserta keluarga di balkon istana.

7 Mei 2023

photo
Prosesi pemahkotaan yang sebenarnya akan digelar di Westminster Abbey pada 6 Mei 2023 di bawah naungan Archbishop of Canterbury.(AP/Isabel Infantes/Pool AFP)


Hari ini akan diisi dengan sejumlah perayaan, yang dimulai dengan Konser Pemahkotaan di Windsor Castle. Konser ini akan diramaikan oleh sejumlah ikon musik dunia dan para bintang. Konser ini dapat dinikmati oleh seluruh warga, termasuk para relawan yang selama ini bekerja untuk berbagai kegiatan amal Raja Charles III dan Ratu Permaisuri Camilla.

Coronation Choir yang melibatkan orang-orang dari berbagai komunitas dan latar belakang juga akan turut mengisi acara hari ini. Mereka akan tampil bersama dengan Virtual Choir yang terdiri atas penyanyi di berbagai negara-negara persemakmuran.

Akan digelar pula acara "Lighting up the Nation", yang menampilkan pencahayaan berbeda di sejumlah area Inggris. Buckingham Palace turut menggelar Coronation Big Lunches, yang memberikan kesempatan bagi penduduk setempat untuk makan siang bersama dan saling mengenal satu sama lain.

8 Mei 2023

Pada hari ini, Buckingham Palace akan menggelar "The Big Help Out". Kegiatan ini membuka kesempatan bagi warga untuk ikut menjajal pengalaman menjadi relawan di berbagai bidang, di seluruh penjuru negeri. Kegiatan ini digelar dengan tujuan merekatkan masyarakat dan menciptakan kegiatan kerelawanan yang terus berlanjut setelah Pekan Pemahkotaan.

 

 
Pihak Buckingham Palace belum memberikan informasi mengenai tamu yang akan diundang untuk menghadiri prosesi pemahkotaan. 
 
 

Ekshumasi Siti dan Sosok Aki Banyu dalam Pembunuhan Berantai

Siti Fatimah diduga merupakan salah satu korban pembunuhan berantai Wowon cs.

SELENGKAPNYA

Jerman Mulai Kirim Senjata ke Polandia

Senjata yang dikirim berupa rudal pertahanan udara.

SELENGKAPNYA

Kasus Formula E Masuk Dewas KPK

KPK sempat dituding menaikkan penyidikan Formula E tanpa tersangka.

SELENGKAPNYA