Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam laga ekshibisi antara Riyadh All Star melawan PSG di King Fahd Internasional Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/11) dini hari WIB. | AP Photo/Hussein Malla

Sepak Bola

'Perpisahan' Ronaldo-Messi di Jazirah Arab

Ronaldo dan Messi membagikan momen keakraban antara keduanya.

OLEH ANGGORO PRAMUDYA

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi telah berada di jalur yang berbeda. Pertemuan kedua megabintang di King Fahd Internasional Stadium, Riyadh, Arab Saudi, Jumat (20/11) dini hari WIB, bisa menjadi pertemuan terakhir mereka di lapangan hijau.

Ronaldo kini melanjutkan kariernya sebagai pemain Al Nassr dengan bayaran uang dalam jumlah fantastis. Ia jauh dari pusat perhatian sepak bola Eropa. Sedangkan, Messi masih berjuang mempertahankan reputasinya sebagai pemain terbaik di panggung kulit bundar Benua Biru bersama Paris Saint-Germain (PSG).

Kedua pemain telah menyuguhkan rivalitas sengit di panggung sepak bola selama lebih dari satu dekade. Mereka mengukir legasi baru untuk dicapai pemain lain pada masa depan.

Mengutip laman Give Me Sport, laga persahabatan antara PSG melawan Riyadh All Star pada Jumat pun seolah menjadi panggung 'perpisahan' bagi Ronaldo dan Messi. Ronaldo yang tampil bersama Riyadh All Star menunjukkan sejumlah momen kemesraan dengan Messi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Paris Saint-Germain (@psg)

Beberapa video bermunculan yang menampilkan Ronaldo berbagi momen spesial bersama Messi, serta Neymar Jr dan Kylian Mbappe. Momen pertama terjadi di terowongan sebelum kick-off. Pemain berusia 37 tahun terlihat berjalan menuju trio Les Parisiens sebelum berbagi salam dengan mereka semua.

Terdapat momen lain antara Ronaldo dan Messi yang lebih menyita perhatian publik. Sang bintang sama-sama terlihat begitu mesra. Kedua pemain berbagi rasa saling menghormati yang sangat luar biasa untuk diartikan.

Seusai laga, Messi mengunggah keakrabannya dengan Ronaldo melalui Insta strory di Instagram-nya. Kapten timnas Argentina itu membagikan momen dirinya yang berpelukan dengan Ronaldo.

Laga Riyadh All Star vs PSG awalnya tampak akan seperti pertandingan ekshibisi biasa dan menjadi reuni yang dinanti antara Ronaldo dan Messi. Namun, semuanya berubah setelah kick-off. Kedua tim menunjukkan permainan menawan layaknya laga ketat pada suatu kompetisi.

Sebanyak sembilan gol terukir di papan skor. PSG keluar sebagai pemenang dengan kemenangan tipis 5-4. Messi membukukan satu gol. Sementara Ronaldo menciptakan dua gol ke gawang Les Parisiens.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano)

Ronaldo meluapkan rasa bahagianya karena bisa kembali ke lapangan hijau dan bertemu Messi. Lewat unggahan akun Instagram pribadi, pemilik lima Ballon d'Or menyampaikan momen haru bersama Messi.

"Luar biasa bisa kembali ke lapangan dan mencetak gol. Saya merasa bahagia bisa bertemu beberapa teman lama," tulis Ronaldo, Jumat (20/1). Lewat unggahan itu, Ronaldo menunjukkan dirinya tengah merayakan gol dan berpelukan dengan Messi.

Makna foto yang diunggah Ronaldo seperti mengakhiri perdebatan masing-masing penggemar garis keras dari kedua pemain. Ronaldo dan Messi menunjukkan kehangatan di tengah rivalitas sebagai pesepak bola terbaik. "Ini menunjukkan era mereka akan segera berakhir," tulis salah satu penggemar sepak bola.

Selain dengan Messi, Ronaldo terlihat mendaratkan pelukan hangat kepada mantan rekan setim, Sergio Ramos. Ia juga menyapa Neymar Jr serta Kylian Mbappe.

photo
Aksi Lionel Messi dalam laga PSG melawan Riyadh All Star, Jumat (20/1) dini hari WIB. - (AP Photo/Hussein Malla)

Pelatih PSG Christophe Galtier mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas reaksi para pendukung sepak bola di tanah Jazirah Arab. "Kami melihat banyak gol di stadion besar dengan atmosfer yang luar biasa. Malam ini kami bermain di arena yang hidup dengan banyak dukungan. Saya menikmati cara fan menghormati banyak bintang yang ada di lapangan," kata Galtier dikutip dari laman resmi PSG.

Galtier menyebut PSG dapat memetik banyak pelajaran untuk terus menjadi lebih baik dari hasil yang didapat pada laga ekshibisi ini.

"Ada hal menarik yang ditampilkan mengingat kami mencetak gol. Ada juga hal yang kita perlu ditingkatkan. Saya berpikir terutama tentang set-piece," kata eks juru taktik LOSC Lille.

Bek sayap PSG Achraf Hakimi mengaku menikmati pertandingan persahabatan yang awalnya direncanakan digelar pada tahun lalu. Ia menilai semua orang sangat menikmati jalannya laga.

"Ada banyak gol dan kami senang dengan penampilan yang kami tampilkan. Saya tahu seperti apa atmosfernya di sini, orang-orang Arab menyukai sepak bola," kata pemain timnas Maroko tersebut.

 

photo
Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua dalam laga persahabatan antara Riyadh All Star melawan PSG, Jumat (20/1) dini hari WIB. - (AP/Hussein Malla)

Pembunuhan Berantai di Bekasi dan Memori Jagal Ryan Jombang

Ryan terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap 11 orang dan dihukum mati.

SELENGKAPNYA

Masih Ada Peluang Tambahan Kuota Haji 2023

Ia berharap Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi tak menyampaikan kuota tambahan tersebut secara mendadak.

SELENGKAPNYA