Warga menyalakan kembang api saat malam tahun baru di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Jumat (1/1/2022). Sebagian warga ibukota merayakan malam pergantian tahun meskipun Pemprov DKI masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 | ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Jakarta

Tujuh Titik Jadi Lokasi Perayaan Tahun Baru DKI

Setiap lokasi akan didirikan panggung hiburan.

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebar lokasi perayaan malam tahun baru di tujuh lokasi. Puncak perayaan malam tahun baru itu akan dipusatkan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk mengurai penumpukan pengunjung.

"Nanti kegiatannya ada di Taman Mini, terus di wilayah, ada di setiap kantor wali kota mengadakan tahun baru," kata Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono di Balai Kota Jakarta, Selasa (20/12).

Adapun tujuh lokasi itu, yakni di Jakarta Pusat dipusatkan di Thamrin 10, sedangkan Jakarta Utara dan Jakarta Barat di masing-masing kantor wali kota. Kemudian di Jakarta Selatan di Setu Babakan dan di Jakarta Timur di Old Shanghai, Cakung, serta di Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa. Puncak kegiatan malam tahun baru dijadwalkan berlangsung di TMII.

photo
Suasana pesta kembang api saat malam tahun baru di kawasan Tanah Abang, Jakarta, Jumat (1/1/2022). Sebagian warga ibukota merayakan malam pergantian tahun meskipun Pemprov DKI masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1 hingga 3 Januari 2022 . - (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Adapun, di Monumen Nasional (Monas), Heru mengaku tidak mengadakan kegiatan khusus di lokasi tersebut karena sudah banyak lokasi yang disebar. Meski demikian, pihaknya mengadakan atraksi lampu yang menambah semarak malam tahun baru di kawasan Monas.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Andhika Permata menjelaskan, nantinya akan didirikan beberapa panggung hiburan di setiap lokasi tersebut. "Panggung itu berjarak. Kenapa? Untuk menyebar crowd (keramaian) dengan baik dan masing-masing panggung ada genre musiknya," katanya.

Bebas kendaraan

Untuk perayaan malam tahun baru 2023, Pemprov DKI Jakarta juga menerapkan kebijakan bebas kendaraan bermotor (car free night) pada Sabtu (31/12) di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas.

"Kami menerapkan car free night mulai pukul 20.00 sampai 02.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

 
Kami menerapkan car free night mulai pukul 20.00 sampai 02.00 WIB.
SYAFRIN LIPUTO Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta
 

Untuk mengantisipasi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dan ingin menikmati suasana malam tahun baru di kawasan itu, Dishub DKI berencana membuka 40 kantong parkir.

Namun, ia belum memberikan perincian titik-titik kantong parkir yang disediakan di dekat Jalan Sudirman-Thamrin. Rencananya perayaan malam tahun baru di Jakarta Pusat dipusatkan di Thamrin 10 dan di sepanjang jalan strategis itu akan dibangun panggung hiburan.

Di sisi lain, ia mengimbau kepada masyarakat yang ingin menikmati suasana malam tahun baru di Jalan Sudirman-Thamrin untuk menggunakan transportasi umum. "Kapasitas (parkir) cukup mumpuni, tapi memang kami harap masyarakat yang nantinya berkunjung ke kawasan Sudirman-Thamrin merayakan tahun baru menggunakan layanan angkutan umum," katanya.

Untuk transportasi Transjakarta, misalnya, kata dia, masih tetap melintasi Jalan Sudirman-Thamrin yang menghubungkan koridor 1 dengan rute Blok M-Kota menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Survei BPS: Haji 2022 Sangat Memuaskan

Kemenag diharapkan tidak berpuas diri dengan hasil survei yang sangat memuaskan ini.

SELENGKAPNYA

Korban Tragedi Kanjuruhan: Nico Afinta Harus Tanggung Jawab

Divisi Propam meminta keterangan sejumlah keluarga korban tragedi Kanjuruhan.

SELENGKAPNYA

KNEKS Matangkan Strategi Penguatan Industri Halal

Waktu yang ditargetkan untuk menjadi produsen produk halal nomor satu di dunia pada 2024 dianggap terlalu singkat.

SELENGKAPNYA