Trem melintasi gelapnya Kota Kiev yang tertutupi salju, Jumat (18/11/2022). | AP/Andrew Kravchenko

Internasional

Salju Selimuti Kiev, Sementara Listrik Belum Pulih

Warga Kiev hanya akan mendapat listrik selama empat jam sehari.

KIEV -- Salju tebal diperkirakan akan mulai menyelimuti Kiev pada Ahad (27/11). Suhu udara pun akan jatuh ke titik membekukan pada siang dan malam hari. Sementara, jutaan orang yang masih tinggal di ibukota dan sekitarnya tidak memiliki banyak pasokan listrik dan penghangat.

Operator jaringan listrik Ukraina, Ukrenergo mengatakan produsen listrik hanya mampu memenuhi tiga perempat kebutuhan konsumen. Sehingga, membutuhkan pembatasan dan pemadaman di seluruh negeri.

Chief Operator Officer perusahaan energi Ukraina, Yasno, Sergey Kovalenko, mengatakan situasi di Kiev sudah mulai membaik tapi "masih cukup sulit." Ia mengindikasi warga hanya akan mendapatkan listrik setidaknya empat jam sehari.

"Bila Anda tidak mendapatkan setidaknya empat jam listrik dalam satu hari, tulis surat ke DTEK Kyiv Electric Networks, rekan kami akan mencari tahu masalahnya," tulis Kovalenko di laman Facebook.

photo
Warga melintasi gelapnya Kota Kiev di Ukraina pada awal November 2022. Serangan Rusia mengakibatkan padamna listrik di ibu kota Ukraina tersebut. - (EPA-EFE/ROMAN PILIPEY )

Yasno merupakan cabang ritel DTEK, perusahaan energi swasta terbesar Ukraina. Presiden Volodmyr Zelenskyy mengatakan, enam juta orang tidak memiliki listrik pada Jumat (25/11), setelah serangan udara Rusia pekan lalu.

Serangan-serangan tersebut memberikan dampak terburuk di Ukraina sejauh ini. Bombardir Rusia mengakibatkan jutaan orang Ukraina tidak memiliki penerang, air, atau penghangat.

Rusia mengatakan, mereka tidak mengincar warga sipil. Sementara Kremlin mengatakan serangan Moskow ke infrastruktur Ukraina ini, merupakan konsekuensi karena Kiev tidak bersedia bernegosiasi.

Zelenskyy pun mengkritik walikota Kiev yang menurutnya tidak cukup baik dalam membangun tempat tinggal sementara untuk warga yang tidak memiliki listrik dan penghangat usai serangan Rusia. Perusahaan Ukrenergo mengatakan pemadaman akan terus berlanjut dan meminta warga menghemat pemakaian listrik.

"Kami akan mengingatkan Anda kini setiap warga Ukraina yang rumahnya sudah memiliki listrik lagi dapat membantu memperbaiki yang lain. Sederhananya dengan menghemat pemakaian listrik," kata Ukrenergo dalam pernyataannya di Telegram.

Salju diperkirakan akan terus turun di Kiev sampai pertengahan pekan ini. Sementara suhu udara diprediksi akan bertahan di bawah titik beku. Kiev berpopulasi 2,8 juta jiwa sebelum perang

Kepolisian Ukraina: Rusia Terus Bunuh Warga Sipil

Kepala Kepolisian Ukraina mengatakan sudah 32 orang tewas dalam serangan Rusia di wilayah Kherson, Ukraina selatan sejak pasukan pro-Moskow mundur dua pekan yang lalu. Pasukan Rusia kini telah menyelesaikan penarikan pasukannya dari Kota Kherson pada 11 November.

Pasukan Rusia menduduki kota itu selama hampir sembilan bulan. Kini mereka berada di tepi timur Sungai Dnipro, di mana mereka rutin menembaki kota tersebut. "Setiap hari tembakan Rusia menghancurkan kota dan membunuh warga setempat yang damai, sejak pendudukan diakhiri, secara keseluruhan Rusia telah membunuh 32 orang warga Kherson," kata Kepala Kepolisian Nasional, Ihor Klymenko dalam unggahan di Facebook, Ahad (27/11).

photo
Warga duduk di restoran yang hanya diterangi lilin d Kiev, Ukraina pada awal November 2022  lalu. - (EPA-EFE/ROMAN PILIPEY )

"Banyak orang dievakuasi untuk mencari pengungsian di wilayah yang lebih tenang di negeri ini. Tapi banyak warga yang masih bertahan di rumah mereka, dan kami harus memberi mereka keamanan semaksimal mungkin," tambahnya.

Ia melanjutkan, polisi di wilayah itu kembali menjalani tugasnya. Seorang pembantu presiden Ukraina mengatakan listrik di Kherson sudah dipulihkan. Pekan lalu, pejabat tinggi pemerintah Ukraina mengatakan Kiev akan segera mengevakuasi warga yang ingin meninggalkan kota itu.

Klymenko juga mengatakan penyidik mencatat 578 apa yang ia sebut kejahatan perang yang dilakukan tentara Rusia dan pendukungnya di wilayah itu. Namun, Rusia selalu membantah tuduhan mengincar warga sipil dalam invasi ke Ukraina. 

Haji Bakri Syahid Tokoh Muhammadiyah yang Multitalenta

Berlatar belakang militer, tokoh Muhammadiyah ini juga ahli ilmu tafsir Alquran.

SELENGKAPNYA

Masjid Negara Qatar, Oase Menyejukkan di Kota Doha

Inilah masjid terbesar di seluruh negara Qatar.

SELENGKAPNYA

Eduardo Alves Dos Anjos Menemukan Bahagia Dalam Islam

Sebelum menjadi mualaf, pria asal Kanada ini sempat membenci Islam pascakejadian 9/11.

SELENGKAPNYA