Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah. | AP/Nazri Rapai/Malaysia

Internasional

Raja Malaysia Panggil Dewan Sultan

TikTok ikut waspada selama krisis ini.

KUALA LUMPUR --Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah menggelar pertemuan istimewa dengan sembilan sultan, Kamis (24/11).  Mereka akan membahas nama yang akan menjadi perdana menteri Malaysia setelah pemilihan umum (pemilu) pada Ahad (20/11) lalu berujung krisis. Para sultan ini disebut Council of Malay Rulers atau Dewan Penguasa Malaysia.

"Tujuan pertemuan Council of Malay Rulers adalah memberi kesempatan kepada raja untuk mendapat masukan dari para penguasa Malaysia sehingga beliau bisa membuat keputusan demi kemaslahatan rakyat dan negara," kata istana dalam pernyataannya, Rabu (23/11).

Peran monarki kerajaan umumnya hanya bersifat seremonial. Namun, raja dapat menunjuk perdana menteri yang diyakini akan mampu memimpin dan meraih dukungan mayoritas dari parlemen.

Malaysia memang memiliki monarki konstitusional yang menarik. Bahkan raja pun dipilih bergiliran dari keluarga bangsawan di sembilan negara bagian. Raja akan berkuasa selama lima tahun.

Sang raja memang menjadi titik sorotan karena kini kekuasaan ada di tangannya untuk menentukan perdana menteri Malaysia. Ini terjadi setelah dua koalisi peraih suara terbanyak gagal mengajukan nama perdana menteri kepada raja sesuai tenggat. Kedua koalisi tersebut adalah pimpinan Anwar Ibrahim dan Muhyiddian Yassin.

photo
Pemimpin oposisi Anwar Ibrahim berbicara kepada wak media di luar Istana Negara setelah bertemu Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/11/2022). - (AP Photo/FL Wong)

Koalisi pimpinan Anwar adalah Pakatan Harapan, memenangkan 82 kursi. Sedangkan koalisi Perikatan Nasional pimpinan Muhyiddin meraih 73 kursi. Untuk meraih kekuasaan mayoritas sederhana di parlemen, dibutuhkan 112 kursi dari 222 kursi yang ada.

Koalisi Barisan Nasional yang dipimpin United Malays National Organisation (UMNO) hanya memperoleh 30 kursi. Ini peroleh terburuk dalam sejarah Barisan Nasional sejak berdiri pada 1973. Ini juga menjadi capaian terendah dalam sejarah UMNO sejak berdiri 1957.

Namun, Barisan Nasional telah menegaskan tidak akan mendukung kubu manapun. Mereka memilih untuk tetap menjadi oposisi. Muhyiddin mengatakan, ia telah menolak saran raja agar para rival bekerja sama untuk membentuk "pemerintahan bersatu".

TikTok waspada

Platform video pendek TikTok mengatakan, Rabu, mereka mewaspadai konten yang melanggar kode etik mereka di Malaysia. Ini dilakukan setelah pihak berwenang memberi peringatan akan kemungkinan terjadi ketegangan etnis di media sosial, menyusul kebuntuan hasil pemilu.

photo
Foto-foto warga Malaysia menunjukkan tanda telah mencoblos pada Pemilu Malaysia 2022 di Seberang Perai, Penang state, Malaysia, Sabtu (19/11/2022). - (AP Photo/Vincent Thian)

"Kami terus dalam keadaan waspadai dan akan aktif menghapus konten yang melanggar," kata Tiktok dalam pernyataannya.

TikTok mengaku telah dihubungi Pemerintah Malaysia atas sejumlah pelanggaran berat dan berulang terhadap kode etik yang berlaku. Ini terjadi sejak menjelang pemilu.

Ketegangan etnis ini beranjak dari dua koalisi peraih suara terbanyak pemilu. Kubu Anwar lebih multietnis. Kubu progresif ini terdiri dari sebuah partai etnis Cina yaitu Democratic Action Party. Partai tersebut tidak terlalu populer di kalangan warga Melayu.

Sedangkan kubu Mahyuddin dikenal lebih konservatif. Mereka sebagian besar adalah etnis Melayu dan Muslim. Anggota kubu ini antara lain partai PAS, yang mengadvokasi penerapan hukum ketat keagamaan.

photo
Bendera-bendera partai masih terpasang di Kuala Lumpur, Malaysia, Ahad (20/11). - (Ahmad Yusni/AP)

Para pengguna media sosial telah melaporkan sejumlah unggahan di TikTok yang mengingatkan warganet tentang kerusuhan di Kuala Lumpur pada 13 Mei 1969. Saat itu, 200 orang tewas, sehari setelah partai oposisi yang didukung etnis tertentu melakukan serangan dalam pemilu.

TikTok telah menghapus video yang terkait insiden 13 Mei 1969 itu karena melanggar kode etik. Mereka menyatakan, tak ada toleransi bagi ujaran kebencian dan ekstremisme kekerasan. Namun, Tiktok menolak menyebutkan jumlah unggahan tersebut.

Kantor berita Reuters telah menyaksikan sekitar seratus video di Tiktok yang menampilkan orang yang membawa senjata seperti pisau dan parang. Sejumlah keterangan menyebutkan, "pendekar muda Melayu".

Kata-kata lainnya memperingatkan, bahwa Anwar harus "mengingat insiden 13 Mei". Sebagai tanggapan, muncul serbuan video yang menjelaskan sejarah kekerasan 13 Mei. Para pengguna TikTok yang berasal dari etnis Melayu menyerukan persatuan. Mereka mengkritik akun-akun yang dinilai menghasut kekerasan.  

Kemenangan Bersejarah Arab Saudi

Saudi tak boleh cepat puas mengingat ini baru laga pertama.

SELENGKAPNYA

Tuntutan Fokus A Selecao

Portugal sebenarnya memiliki problem yang jauh lebih besar.

SELENGKAPNYA

Raksasa Tertidur Vs Macan Asia

Uruguay dan Korsel sama-sama memiliki sejumlah pemain top yang merumput di Eropa.

SELENGKAPNYA