Politeknik Negeri Jakarta meluncurkan aplikasi sakuremaja | Politeknik Negeri Jakarta

Nasional

Pemkot Depok-Politeknik Jakarta Buat Aplikasi Sakuremaja

Sakuremaja dibuat untuk menjadi literasi anak muda tumbuh menjadi dewasa.

Penerapan IPTEKS berbasis masyarakat merupakan kegiatan Pengabdian Dosen Program Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri Jakarta tahun 2022. Kegiatan ini bekerja sama dengan dinas Kesehatan kota Depok (dinkes) dan komunitas Genre Kota Depok dalam membangun aplikasi Saku remaja.

Aplikasi ini merupakan buku saku kesehatan digital khusus untuk remaja yang berisi ringkasan penting melalui video motion graphic dan teks penjelasan penting informasi. Saku Remaja dibuat untuk Masyarakat khususnya Remaja di Indonesia karena informasi yang disajikan menggunakan panduan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI. 

Sebagai pengguna yang pertama kali mendapatkan diseminasi terkait aplikasi ini yaitu Dinkes, komunitas genre dan UPTD Puskesmas se-kota Depok sangat senang dan menyambut baik SakuRemaja. Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes, dr. Zakiah mengatakan bahwa “Edukasi Kesehatan Untuk Remaja (SAKU REMAJA) hasil kolaborasi Dinkes dengan PNJ merupakan salah satu media KIE bagi remaja khususnya di Kota Depok seputar kesehatan remaja. Modulnya informatif, mudah dipahami dan menarik.”

Begitu pun dengan Bu Teti sebagai penanggung jawab program usia anak sekolah remaja “Saku Remaja dibuat dengan animasi yang menarik sehingga memudahkan anak-anak remaja untuk mengerti dan memahami hal-hal terkait remaja. Panduan dibuat singkat, padat dengan bahasa yang remaja banget”. Senada dengan Dinas Kesehatan Kota Depok, Isnaeni sebagai perwakilan dari genre “Saku Remaja sangat informatif sekali, mudah diakses dan juga animasinya tidak membosankan.

Selain mudah dipahami, bahasa yang digunakan juga mudah diingat dan semoga dengan adanya video dari saku remaja ini bisa membuat kita remaja semakin paham dan mau untuk melakukan pola hidup sehat untuk remaja”. 

Masyarakat sudah dapat mengakses Aplikasi SakuRemaja melalui laman https://sakubumil.my.id/ dan sudah tersedia pada platform Depok Single Window(DSW) pada menu Kesehatan lalu pilih menu saku bumil. Dengan hadirnya aplikasi ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi semua masyarakat baik di Kota Depok maupun di luar kota Depok.

Penerapan aplikasi ini akan dilanjutkan Kembali sebagai agenda kegiatan tahunan dengan buku saku Kesehatan balita setelah sebelumnya tahun 2021 diterapkan buku saku Kesehatan ibu hamil.