Anggota kepolisian Indonesian melakukan pengamanan saat persiapan penyelenggaraan KTT G20 di Nusa Dua, Bali. | EPA-EFE/MADE NAGI

Ekonomi

ITDC Batasi Pergerakan di Nusa Dua Terkait KTT G-20

Menteri BUMN memastikan kesiapan perusahaan pelat merah dalam menyukseskan KTT G-20.

JAKARTA -- PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan menerapkan pembatasan pergerakan dan pengaturan lalu lintas di kawasan The Nusa Dua, Bali selama penyelenggaraan KTT G-20 mulai 12-17 November 2022.

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, kawasan The Nusa Dua ditetapkan sebagai Zona 2 penyelenggaraan KTT G-20. Kawasan tersebut akan menjadi lokasi menginap beberapa kepala negara dan delegasi G-20 serta lokasi penyelenggaraan beberapa side event G-20.

"Untuk itu, ITDC selaku pengelola kawasan telah menetapkan aturan pembatasan di kawasan guna menjaga kondusivitas agar penyelenggaraan G-20 dapat berjalan aman dan sukses," ujar Ardita di Jakarta, Rabu (9/11).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ITDC (@itdc_id)

Ardita menyampaikan, seluruh pekerja kawasan The Nusa Dua wajib mengenakan kartu identitas dengan format dan ketentuan yang telah ditetapkan panitia serta akan dilegalisir oleh instansi berwenang dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sedangkan, untuk wisatawan nondelegasi G-20 yang menginap di hotel-hotel di The Nusa Dua, masih dapat melakukan aktivitas di kawasan dengan mengenakan gelang atau identitas yang disiapkan masing-masing hotel.

"Kendaraan yang masuk ke kawasan juga dibatasi. Kendaraan yang dapat masuk adalah kendaraan electric vehicle (EV) dan berbahan bakar fosil yang telah dilengkapi stiker kendaraan," lanjut Ardita.

Selain itu, ucap Ardita, selama periode pembatasan tidak diperkenankan menggunakan sepeda motor kecuali sepeda motor listrik yang disiapkan panitia G-20. Ardita mengatakan, penjemputan atau mobilisasi wisatawan nondelegasi keluar masuk kawasan akan menggunakan shuttle bus yang disiapkan hotel atau dapat menggunakan transportasi taksi kawasan The Nusa Dua yang telah dilengkapi dengan stiker kendaraan.

Ardita berharap, masyarakat maupun wisatawan dapat memahami aturan pembatasan pergerakan lalu lintas dan aktivitas di kawasan The Nusa Dua selama acara sebagai salah satu upaya menyukseskan KTT G-20. "Dengan dukungan dari semua pihak dan tentunya masyarakat Bali, kami yakini penyelenggaraan KTT G-20 ini akan berjalan aman dan sukses sehingga mampu menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan perekonomian Bali," kata Ardita.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (@erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan kesiapan BUMN dalam menyukseskan perhelatan KTT G-20. Dalam kunjungannya di Bali, Erick juga telah menyampaikan laporan kesiapan BUMN kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kita bersama-sama Presiden (Jokowi) sudah mengecek sejumlah venue yang akan menjadi lokasi KTT G-20. Insya Allah semua sudah siap dalam menjamu tamu-tamu dari negara lain," ujar Erick di Nusa Dua, Bali, Rabu (9/11).

Erick juga telah meminta sejumlah BUMN yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara optimal dalam menyukseskan KTT G-20. BUMN, ucap Erick, mendapat tiga peran penting selama KTT G-20 yang meliputi logistik dan infrastruktur, komunikasi dan media, serta asistensi dan kemitraan.

Erick mengatakan, INKA, PLN, Wijaya Karya, dan Pertamina telah bersinergi dalam menyiapkan 24 unit bus listrik, 66 unit motor listrik, dan penyediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU). Hal ini selaras dengan salah satu topik G-20 yakni transisi energi berkelanjutan dengan mendukung terciptanya ekosistem kendaraan listrik. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kementerian Perhubungan RI (@kemenhub151)

"Saya juga tadi berpesan kepada PLN, Angkasa Pura I, Telkom, dan InJourney untuk memastikan pelayanan terbaik mulai dari bandara, konektivitas jaringan internet, hotel, dan keandalan pasokan listrik," ucap Erick.

Kementerian Perhubungan juga meminta masyarakat yang berencana berkunjung ke Bali untuk mengatur kembali perjalanannya. Kemenhub akan melakukan pembatasan penerbangan reguler dari dan ke Bali pada 13-17 November 2022 dalam rangka menyeimbangkan penerbangan VVIP para delegasi G-20.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengatur kembali perjalanan dan mengantisipasi adanya perubahan jadwal penerbangan dari dan ke Bali,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati.

 
 
Kami telah mengimbau para operator baik bandara maupun maskapai untuk proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pelanggannya.
 
 

Rombongan kedatangan tamu negara diperkirakan terjadi mulai 13 November 2022. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Adita mengatakan, Kemenhub telah melakukan koordinasi intensif dengan kementerian atau lembaga terkait dan semua pelaku industri penerbangan.

“Kami telah mengimbau para operator baik bandara maupun maskapai untuk proaktif memberikan informasi sejelas-jelasnya kepada pelanggannya,” tutur Adita.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kisah Saksi Mata Pertempuran Surabaya

Arek-arek Suroboyo yang rata-rata terdiri dari kaum santri itu mendapat bekal khusus dari para kiai.

SELENGKAPNYA

Hari Pahlawan dan Fatwa Jihad

Fatwa itulah yang mengilhami Bung Tomo untuk melakukan kewajiban agama melawan Belanda.

SELENGKAPNYA

AMPHURI: Saudi tak Lagi Wajibkan Vaksinasi Meningitis

Pemerintah diminta segera mengubah ketentuan wajib vaksinasi meningitis

SELENGKAPNYA