Sejumlah siswa melakukan peragaan busana dalam kegiatan karnaval Galaxii Fest 2022 di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022) | Rep-Bayu Adji P

Jawa Barat

Aksi Siswa dengan Kreasi Busana dari Barang Bekas

Busana yang membawa nuansa budaya Indonesia itu mendapat apresiasi pengunjung.

Listya Alya (17 tahun) tampak percaya diri menunjukkan busana yang dikenakannya sambil berjalan di atas catwalk. Busana itu merupakan hasil kreasi yang memanfaatkan barang-barang bekas.

Listya menggunakan busana berbalut kain batik dengan aksesori sayap dan mahkota yang terbuat dari bekas botol plastik. Sementara busana bawahnya rok mengembang yang terbuat dari plastik.

“Inspirasi pakaian ini dari tema Pandawa Dana Diyaksa. Itu seperti pelindung atau penjaga. Jadi, kami buat sayap pelindung,” ujar murid kelas XII SMA Negeri (SMAN) 1 Kota Tasikmalaya itu, Jumat (28/10).

 
Inspirasi pakaian ini dari tema Pandawa Dana Diyaksa. Itu seperti pelindung atau penjaga. Jadi, kami buat sayap pelindung.
LISTYA ALYA Murid Kelas XII SMAN 1 Kota Tasikmalaya
 

Busana hasil kreasi pelajar SMAN 1 Kota Tasikmalaya itu ditampilkan saat agenda karnaval GALAXII Fest 2022, yang digelar di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya. Kegiatan itu diselenggarakan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah XII.

Ada delapan siswa SMAN 1 Kota Tasikmalaya yang berjalan di atas catwalk dadakan di halaman Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya. Penampilan mereka dengan busana yang membawa nuansa budaya Indonesia itu mendapat apresiasi dari para pengunjung.

photo
Sejumlah siswa melakukan peragaan busana dalam kegiatan karnaval Galaxii Fest 2022 di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022) - (Rep-Bayu Adji P)

Listya mengaku bangga bisa mengenakan dan menunjukkan busana hasil kreasi yang memanfaatkan barang-barang bekas. Dengan cara ini, ia berharap generasi muda dapat lebih peduli terhadap sampah, juga lingkungan sekitarnya.

“Harapannya, kami sebagai generasi muda bisa mengurangi sampah karena sampah masih bisa diolah,” kata dia.

Menurut Guru Seni Budaya SMAN 1 Kota Tasikmalaya Yopi Samsul Arifin, busana yang ditampilkan pada karnaval itu seluruhnya merupakan kreasi para siswa. “Ini hasil kreasi siswa dari bahan bekas. Ada yang dari botol bekas, plastik, karung goni, dan lainnya. Konsepnya recycle,” ujar dia.

Kreasi tersebut awalnya dirancang sejumlah siswa untuk memeriahkan kegiatan peragaan busana dari bahan bekas yang diadakan di sekolah. Karena ada kegiatan GALAXII Fest 2022, pihak sekolah kemudian menampilkan hasil kreasi busana terbaik untuk ditunjukkan pada karnaval. “Kebetulan ada karnaval, jadi kami tampilkan juga. Siswa juga sangat antusias,” kata Yopi.

GALAXII Fest 2022 digelar KCD Pendidikan Provinsi Jabar Wilayah XII sejak Rabu (26/10). Menurut Ketua Panitia GALAXII Fest 2022 Dadan Rachmayana, karnaval merupakan salah satu agenda pada puncak acara, Jumat. “Hari ini adalah puncak kegiatan, sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda,” ujar dia.

photo
Sejumlah siswa melakukan peragaan busana dalam kegiatan karnaval Galaxii Fest 2022 di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya, Jumat (28/10/2022) - (Rep-Bayu Adji P)

Selain karnaval, GALAXII Fest 2022 dimeriahkan juga pertunjukan musik, tari, lomba olahraga, jalan santai, serta kegiatan edukasi bagi para siswa tentang transaksi digital. Menurut Dadan, GALAXII Fest yang baru kali pertama dilaksanakan ini diikuti oleh sekitar 310 sekolah di wilayah Tasikmalaya. Pada hari puncak acaranya, siswa yang datang langsung mengikuti kegiatan itu disebut mencapai lebih dari 12 ribu orang.

Dadan mengatakan, agenda GALAXII Fest ditujukan sebagai media bagi para siswa untuk menyalurkan kreasi dan kreativitasnya. Sebab, kata dia, fungsi pendidikan hari ini tak hanya untuk membuat para siswa berpengetahuan, melainkan juga dapat berkreasi dan beradaptasi. 

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi kegiatan GALAXII Fest yang digelar oleh KCD Pendidikan Provinsi Jabar Wilayah XII. Menurut dia, kegiatan itu sangat bermanfaat untuk memberikan semangat kepada siswa.

“Kalau hanya belajar, kadang jenuh. Dengan kegiatan ini, ada jalan sehat, musik, karnaval, bisa terbangun silaturahim antara siswa, guru, dan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah). Jadi, nanti siswa semangat lagi belajar karena sudah fresh pikirannya,” ujar Uu.

Jumlah Peserta Pemilu 2024 tak Jauh dari Pemilu 2019

Sembilan partai parlemen sudah dipastikan lolos menjadi peserta Pemilu 2024.

SELENGKAPNYA

Islam Berkemajuan

Pandangan Islam Berkemajuan merupakan ikhtiar untuk menggali dan mengaktualisasi kembali pemikiran Islam.

SELENGKAPNYA

Fikih Air

Sejatinya, fikih air harus menjadi bagian dan filosofi dari kehidupan kita.

SELENGKAPNYA