Cristiano Ronaldo | EPA-EFE/ANDREW YATES

Sepak Bola

Pembuktian Cristiano Ronaldo

Ten Hag senang United dapat mencatatkan clean sheet meski sempat kesulitan mencetak gol pada babak pertama.

MANCHESTER -- Cristiano Ronaldo menandai dirinya kembali ke skuad utama Manchester United dengan menyumbang satu gol ketika timnya menang 3-0 atas Sheriff Tiraspol dalam laga kelima penyisihan Grup E Liga Europa di Stadion Old Trafford, Jumat (28/10) dini hari WIB.

Ronaldo sempat dikeluarkan dari skuad utama oleh pelatih Man United Erik ten Hag sebagai hukuman atas sikapnya yang menuju ke ruang ganti sebelum laga berakhir ketika melawan Tottenham Hotspur di Liga Inggris.

Ronaldo tak ada di dalam daftar skuad Iblis Merah ketika bermain imbang 1-1 melawan Chelsea. Namun, Ten Hag mengizinkannya bergabung kembali ke skuad utama sebelum pertandingan Liga Europa. Ten Hag memainkan Ronaldo di laga tersebut secara penuh.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cristiano Ronaldo (@cristiano)

Ronaldo tampak kesulitan menjebol gawang Sheriff. Sejumlah peluang emasnya berhasil dipatahkan oleh kiper lawan atau beberapa tembakannya tak tepat sasaran. Justru sundulan bek Man United Diogo Dalot sebelum turun minum yang menjebol gawang Sheriff dan membawa tuan rumah unggul 1-0.

Ronaldo tak patah semangat untuk membuktikan bahwa dirinya masih tajam dalam urusan gol. Namun, mantan bintang Real Madrid itu harus menunggu hingga menit ke-81 untuk mencetak gol ketiga Iblis Merah setelah Marcus Rashford pada menit ke-65 membawa tim tuan rumah unggul 2-0.

Man United benar-benar mendominasi permainan sepanjang laga. Dalam catatan statistik pertandingan, Iblis Merah menguasai 75 persen penguasaan bola berbanding dengan 25 persen milik Sheriff.

 
 
Dia membutuhkan gol untuk mengatasi poin itu dan saya yakin dia akan mendapatkan lebih banyak gol.
 
 

Setelah pertandingan, Ronaldo mengirim pesan kepada seluruh rekannya melalui akun Twitter pribadinya agar menjaga kekompakan. “Upaya tim yang hebat dan kemenangan yang bagus. Kami berdiri bersama. Ayo pergi, bersatu!” tulis Ronaldo, dilansir dari Mirror.

Ten Hag yakin Ronaldo akan terus mencetak gol setelah kembali ke starting XI melawan Sheriff. Ten Hag menyebut CR7, julukan Ronaldo, sebagai pemain yang hebat. Ronaldo dapat menciptakan peluang dan sebaliknya, tim juga membuka peluang untuk Ronaldo. “Dia membutuhkan gol untuk mengatasi poin itu dan saya yakin dia akan mendapatkan lebih banyak gol,” ujarnya.

Pelatih asal Belanda itu juga ingin Ronaldo dan Marcus Rashford bermain berdekatan. Itu sebabnya Ten Hag menarik keluar Antony dan memasukkan Rashford. Keputusan itu berbuah hasil, Rashford dan Ronaldo secara bergantian mencetak gol.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester United (@manchesterunited)

Secara keseluruhan, Ten Hag menilai kinerja para pemainnya berjalan baik. Ten Hag senang Man United dapat mencatatkan clean sheet meski di babak pertama sempat kesulitan mencetak gol. Pekerjaan Ten Hag selanjutnya yakni memperbaiki permainannya agar lebih efektif dalam menyerang.

Man United saat ini masih bertengger di posisi kedua klasemen Grup E Liga Europa dengan mengemas 12 poin. Iblis Merah terpaut tiga poin dari pemuncak klasemen, Real Sociedad. Sheriff berada di urutan ketiga dengan mengumpulkan tiga poin.

Shin Evaluasi Dua Kekurangan Timnas U-20

Shin Tae-yong mengungkapkan dua masalah yang perlu dibenahi pasukan Garuda Nusantara.

SELENGKAPNYA

Barca Terjatuh di Lubang Sama

Dua musim beruntun, Barcelona tersingkir dari fase grup Liga Champions.

SELENGKAPNYA