Joan Laporta | AP/Joan Monfort

Sepak Bola

Barca Terjatuh di Lubang Sama

Dua musim beruntun, Barcelona tersingkir dari fase grup Liga Champions.

BARCELONA -- Barcelona kembali gagal melaju ke babak sistem gugur Liga Champions. Dua musim beruntun, Barca mengalami situasi serupa. Teranyar, La Blaugrana kalah 0-3 dari Bayern Muenchen pada matchday kelima Grup C Liga Champions, di Stadion Camp Nou, Kamis (27/10) dini hari WIB.

Hasil demikian membuat skuad polesan Xavi Hernandez tertahan di posisi ketiga klasemen. Alhasil, Robert Lewandowski dkk hanya bisa turun dan berlaga di Liga Europa nantinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Barcelona (@fcbarcelona)

Presiden Barcelona, Joan Laporta, bereaksi terkait hasil negatif timnya. Pertama, ia memuji ketangguhan lawan. Menurutnya, Muenchen tim terbaik atau salah satu yang terbaik di Eropa.

"Sangat sulit melawan mereka, ketika kami tahu, kami sudah tersingkir. Menyaksikan Inter Milan (menang) adalah siksaan murni karena mengharapkan keajaiban yang tidak pernah terjadi," kata Laporta dikutip dari uefa.com.

Sebelum pertandingan di Camp Nou berlangsung, Inter Milan mengalahkan Viktoria Plzen di Giuseppe Meazza. Fakta tersebut membuat Barca tak bisa melewati sang rival apa pun hasil dari laga melawan Die Roten. Peluang semakin tenggelam ketika anak asuh Xavi Hernandez tumbang di rumah sendiri.

"Kami sangat berterima kasih kepada para penggemar tentang bagaimana mereka mendukung tim pada malam yang sulit seperti ini," ujar tokoh berusia 60 tahun itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by FC Bayern (@fcbayern)

Pada akhirnya, meski kecewa, Laporta berusaha memahami keadaan ini. Menurut dia, timnya dalam proses pembangunan kembali. Jelas, bakal ada pasang dan surut.

Sejenak lepaskan ketegangan di Eropa. Saatnya Barcelona fokus ke ranah domestik. Barca akan meladeni ketangguhan tuan rumah Valencia dalam lanjutan La Liga Spanyol, di Stadion Mestalla, Ahad (30/10) dini hari WIB.

Sebelum Blaugrana bertanding, Inter Milan tampil impresif saat bertemu Viktoria Plzen pada matchday kelima Grup C. Inter unggul 4-0 atas wakil Republik Ceska itu di Stadion Giuseppe Meazza dalam duel yang berakhir pada Kamis (27/10) dini hari WIB. Nerazzurri meraih tiket babak 16 besar karena menghuni kursi runner up.

Satu target tercapai. Saat bersaing dengan sejumlah klub berkelas, La Beneamata mampu menunjukkan tajinya. Pelatih Inter, Simone Inzaghi, angkat jempol untuk aksi semua anak asuhnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Inter (@inter)

Sedari awal, Nerazzurri bukan unggulan utama di Grup C. Bayern Muenchen dan Barcelona lebih difavoritkan melenggang ke fase knock out. Faktanya, Muenchen tetap digdaya, finis di posisi teratas. Sementara, Barca tersingkir.

"Saya pikir kami telah melampaui ekspektasi, lolos dengan satu pertandingan tersisa," kata Simone Inzaghi dikutip dari uefa.com.

Inter memberikan kesan positif. Il Biscione mampu berbicara banyak di level tertinggi. Bahkan, Blaugrana sempat menjadi korban keganasan skuad biru-hitam.

Setelah mengalami kekalahan di partai pembuka, Nerazzurri berbenah. Hakan Calhanoglu dkk bangkit pada laga-laga selanjutnya. Liverpool juga demikian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Liverpool Football Club (@liverpoolfc)

The Reds tumbang pada partai perdana musim ini di markas Napoli. Setelah itu, klub raksasa Inggris ini meraih empat kemenangan beruntun di Grup A. Teranyar, kubu Merseyside Merah unggul tiga gol tanpa balas atas Ajax Amsterdam di Johan Cruyff Arena, Kamis (27/10) dini hari WIB.

Liverpool akan bertemu Napoli pada matchday pamungkas Grup A. The Reds harus menang dengan selisih lebih dari tiga gol jika ingin finis di posisi teratas. Robertson menegaskan, kubunya akan bermain tanpa beban sembari mengharapkan keajaiban dari hadirnya pendukung the Reds.

Tim yang lolos babak 16 besar usai matchday kelima, Kamis (27/10) dini hari WIB:

  • Grup A: Napoli, Liverpool
  • Grup B: Club Brugge, FC Porto
  • Grup C: Bayern Muenchen, Inter Milan
  • Grup D: - (semua masih potensi lolos dan tersingkir sampai matchday keenam)
  • Grup E: Chelsea
  • Grup F: Real Madrid
  • Grup G: Manchester City, Borussia Dortmund
  • Grup H: Paris Saint Germain, Benfica

Si Nyonya Tua Telan Pil Pahit

Khusus di Benua Biru, Juventus memiliki satu target tersisa.

SELENGKAPNYA

Momen Pembuktian Ronaldo  

Man United hanya butuh hasil imbang vs Sheriff untuk lolos ke fase gugur.

SELENGKAPNYA

Stok Vaksin Langka di Beberapa Daerah

Kemenkes beberapa hari lalu telah mengimpor lima juta dosis vaksin Pfizer.

SELENGKAPNYA