Roberto Martinez. | AP/Julio Munoz/EPA Pool

Sepak Bola

Misi Belgia Tempel Ketat Belanda

Dengan mengantongi tujuh poin, De Rode Duivels tertinggal tiga angka dari De Orange.

BRUSSELS -- Belgia akan melanjutkan petualangan di UEFA Nations League musim 2022/23. Skuad polesan Roberto Martinez dijadwalkan menghadapi Wales pada matchday kelima Grup 4 Liga A.

Die Roten Teufel bertindak sebagai tuan rumah. Partai ini berlangsung di Stadion Raja Baudouin, Brussels, Jumat (23/9) dini hari WIB. Jelas, Kevin de Bruyne dan rekan-rekan diunggulkan sebagai pemenang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kevin De Bruyne (@kevindebruyne)

Ada puluhan ribu penggemar di belakang mereka. Itu bisa meningkatkan energi dan semangat penggawa Belgia. Ditambah lagi the Red Devils berisikan amunisi mumpuni.

Selain De Bruyne, masih terdapat beberapa sosok pembeda di kamar ganti Setan Merah. Dries Mertens, Yannick Carrasco, Youri Tielemans, juga Axel Witsel patut diperhitungkan. Tak ketinggalan Eden Hazard.

Nama terakhir belum mencapai performa ideal di Real Madrid. Namun, belakangan ia mulai sering tampil. Tak ada lagi cedera yang menghantuinya. Hazard merupakan kapten tim. Kehadirannya bisa memberikan ketenangan. 

Sayangnya, Martinez belum bisa menurunkan Romelu Lukaku. Striker Inter Milan itu mendekam di ruang perawatan karena masalah pada otot fleksor. Sebenarnya, pemulihannya berjalan lancar. Namun, sang arsitek enggan gegabah memakai jasa bomber 29 tahun itu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romelu Lukaku (@romelulukaku)

"Romelu berkembang dan pemulihannya berjalan baik. Kami membuat keputusan dengan hati-hati. Lebih baik tidak mengambil risiko karena jika kambuh menjelang Piala Dunia, akan sangat sulit," kata Martinez kepada Il Corriere dello Sport, dikutip dari Football Italia, beberapa hari lalu.

Belgia mengincar hasil maksimal. Ini demi menempel ketat Belanda di klasemen sementara. Dengan mengantongi tujuh poin, De Rode Duivels tertinggal tiga angka dari De Orange. Andai mampu mengatasi Wales, anak asuh Martinez bakal tampil mati-matian di partai pamungkas kontra sang rival. 

Lalu, bagaimana dengan the Dragons? Peluang skuad polesan Rob Page untuk melaju ke putaran final sudah tertutup. Kendati demikian, masih ada target yang diusung. Pertama, tentu saja Gareth Bale dkk ingin keluar dari jurang degradasi ke League B. Berikutnya, duel melawan tim seperti Belgia terjadi pada waktu yang tepat.

Wales butuh lawan tanding berkelas. Itu untuk mengukur sejauh mana level mereka telah berkembang. Pasalnya, the Dragons termasuk tim yang melaju ke Piala Dunia 2022.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Los Angeles Football Club (@lafc)

"Pertandingan ini sangat penting untuk menyempurnakan apa yang perlu kami kerjakan," kata bek Wales, Chris Mepham, dikutip dari laman BBC Sports International.

Ia merasa kubunya mempersiapkan diri dengan baik. Ia dan rekan-rekannya menjalin komunikasi positif di kamp pelatihan. Segala sesuatu merupakan rangkaian perjalanan bersejarah menuju Qatar.

Sebelum mentas di negara timur tengah itu, the Dragons perlu menyelesaikan petualangan di putaran grup UEFA Nations League. Lawan tangguh di depan mata. Mepham menegaskan, pihaknya siap tempur meladeni ketangguhan Belgia. "Kami telah menunjukkan, di masa lalu, kami bisa bersaing dengan mereka," ujar andalan AFC Bournemouth ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chris Mepham (@_meps)

Kedua tim sudah 16 kali bertemu. Hasilnya nyaris berimbang. Wales meraih lima kemenangan. Kemudian, the Red Devils unggul di enam laga. Sisanya, lima duel berkesudahan sama kuat.

Trivia Angka

  • 1 Belgia hanya sekali kalah dalam delapan pertandingan terakhir. Satu-satunya kekalahan tersebut ketika anak asuh Roberto Martinez takluk 1-4 dari Belanda di Brussels.
  • 2 Wales hanya meraih dua kemenangan dari delapan pertandingan terakhir di berbagai kompetisi.
  • 1 Dalam dua pertandingan terakhir, kedua tim bermain imbang 1-1.
  • 0 Wales tidak pernah menang dalam laga tandang ke markas Belgia.
  • 4 Dalam empat pertemuan antara Belgia vs Belgia, selalu ada gol yang diciptakan oleh kedua tim.

Mengenal Curacao yang Bukan Lawan Sembarangan 

Curacao menjuarai Karibia Cup 2017 setelah mengalahkan Jamaika.

SELENGKAPNYA

Suarez Tinggalkan Klub Masa Kecilnya

Suarez membuat debut profesionalnya bersama Nacional dalam usia 18 tahun pada 2005.

SELENGKAPNYA

Pogba: Saya Ditodong Senjata Api 

Kakak Pogba sempat ditahan karena diduga terlibat kasus pemerasan.

SELENGKAPNYA