Massa buruh yang tergabung dari berbagai elemen menggelar aksi di depan Gedung DPR MPR RI di Jakarta, Selasa (6/9/2022). Dalam aksinya mereka membawa sejumlah tuntutan diantaranya menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). | Republika/Thoudy Badai

Kabar Utama

Kenaikan Tarif Transportasi Segera Ditetapkan

Penyesuaian tarif transportasi dengan mempertimbangkan kemampuan masyarakat.

JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) segera menetapkan kenaikan tarif sejumlah transportasi umum menyusul adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Kemenhub terus mematangkan regulasi mengenai tarif baru, termasuk tarif ojek online (ojol) dan bus antar kota antar provinsi (AKAP). Operator transportasi juga sedang mengkaji besaran kenaikan tarif.

Kenaikan harga BBM berdampak langsung pada meningkatnya beban operasional transportasi. Terkait regulasi tarif ojol, Kemenhub kemungkinan bakal menerbitkannya pada hari ini, Rabu (7/9). “(Regulasinya) Tunggu hari Rabu (7/9),” kata Hendro kepada Republika, Selasa (6/9).

Kemenhub sebelumnya sudah menerbitkan surat edaran penyesuaian tarif ojol terbaru. Hanya saja, kebijakan tersebut ditunda dan saat ini harga BBM justru sudah dinaikkan terlebih dahulu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Senin (5/9) malam memberi sinyal bahwa tarif bus AKAP hingga ojol akan naik dalam waktu dekat. Budi Karya mengatakan, bahan bakar menjadi komponen yang cukup besar pada operasional layanan transportasi, yaitu berkisar antara 11 hingga 40 persen.

 
photo
Penumpang mencari keberangkatan bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Giwangan, Yogyakarta, Senin (5/9/2022). Imbas kenaikan harga BBM oleh Pemerintah pada Sabtu (3/9/2022), tarif angkutan bus AKAP mulai mengalami penyesuaian. Berdasarkan pantauan di terminal besarnya kenaikan harga tiket dikisaran Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu tergantung rute dan kebijakan pemilik bus. - (Republika/Wihdan Hidayat)

"Sehingga berbagai penyesuaian pun harus kami lakukan. Di sisi lain, kami juga sangat menyadari dampak penyesuaian harga BBM terhadap angka inflasi,” kata Budi.

Budi menyebut Kemenhub sudah melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait. Koordinasi juga dilakukan dengan pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan, serta mendengarkan saran dan masukan dari berbagai pihak.  “Penyesuaian tarif ojol dilakukan dengan besaran yang telah disesuaikan dengan kondisi terakhir penyesuaian harga BBM,” ucap Budi.

Budi mengatakan, dampak kenaikan harga BBM bersubsidi pada moda transportasi laut, udara, dan kereta api kelas ekonomi tidak terlalu signifikan. Meskipun begitu, Budi menegaskan kajian mengenai tarif tetap akan dilakukan dan diumumkan dalam waktu dekat.  “Untuk transportasi udara, saat ini kami melihat tren penurunan harga tiket pesawat di waktu-waktu tertentu. Ini menjadi hal yang menggembirakan sesuai dengan harapan kita bersama,” ungkap Budi.

Untuk membantu meringankan beban masyarakat dan para pelaku transportasi, pemerintah mengadakan bantuan sosial subsidi upah kepada 16 juta pekerja bergaji maksimal Rp 3,5 juta per bulan. Pemerintah juga memberikan subsidi di sektor transpotasi untuk para pengemudi angkot, ojol, ojek pangkalan, dan nelayan sebagai bentuk pengalihan subsidi BBM yang penyalurannya dilakukan oleh pemerintah daerah.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyatakan, tarif kereta api (KA) komersial, yakni kelas eksekutif dan bisnis akan dinaikkan menyusul adanya kenaikan harga BBM.  “Saat ini penyesuaian tarif KA Komersial masih dalam kajian,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus kepada Republika, kemarin.

Joni mengakui biaya BBM menjadi salah satu komponen dalam penyusunan tarif. Untuk itu, kenaikan harga BBM yang saat ini diterapkan sangat berpengaruh terhadap operasional KA komersial. Joni belum bisa memberikan gambaran mengenai kisaran kenaikan tarif KA komersial.

Kendati demikian, Joni menegaskan KAI akan tetap memastikan penyesuaian tarif KA komersial tersebut dengan pertimbangan berbagai hal. "Khususnya dengan tetap memperhitungkan kemampuan dari pelanggan," kata dia.

Sejumlah pemerintah daerah mencoba mengurangi beban masyarakat dengan mengeluarkan kebijakan di bidang transportasi. Pemerintah Kota Tangerang, misalnya, menggratiskan tarif bus rapid trans Tangerang Ayo (Tayo) dan angkutan perkkotaan Si Bersih Nyaman Kota Tangerang atau angkot Si Benteng. Kebijakan penggratisan tersebut akan dijalankan hingga 5 November 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar mengatakan, masyarakat bisa memanfaat Bus Tayo dan angkot Si Benteng secara cuma-cuma dari yang biasanya bertarif Rp2 ribu mulai Selasa (6/9). Kebijakan itu diharapakan  dapat membantu masyarakat di tengah kenaikan harga BBM. "Ini angkutan bersubsidi, jadi manfaatkan fasilitas dan program ini dengan beralih ke transportasi umum," kata Wahyudi, Selasa (6/9).

photo
Sejumlah pengemudi ojek daring long march menuju depan Gedung DPR, Jakarta, Senin (29/8/2022). Pada unjuk rasa tersebut mereka  menolak keras kenaikan harga BBM. - (Republika/Putra M. Akbar)

Wahyudi menjelaskan, Bus Tayo dan angkot Si Benteng beroperasi setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB. Bus Tayo memiliki kapasitas 25 hingga 30 penumpang, sementara angkot Si Benteng berkapasitas 12 penumpang.

Salah satu warga Kota Tangerang, Leni, sangat bersyukur dengan digratiskannya tarif Bus Tayo dan Si Benteng. Leni setiap hari mengantar anaknya ke sekolah menggunakan angkot Si Benteng melalui jalur Tanah Gocap-Stasiun Cimone.

"Alhamdulillah, senang dan sangat membantu sekali. Apalagi saya setiap hari, bolakpbalik pakai Si Benteng ini, jadi cukup membantu saya hemat dari sisi ongkos atau transportasi," kata dia.

Pemda lainnya, yaitu Pemda DIY, berupaya tidak menaikkan tarif Trans Jogja. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, pihaknya hanya akan mengurangi jam layanan Trans Jogja. Pasalnya, kata Made, tidak seluruh jalur Trans Jogja diakses oleh masyarakat.

photo
Mahasiswa dari berbagai universitas di Bandung melakukan aksi di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (6/9/2022). Dalam aksi tersebut mereka menolak keputusan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dan mengimbau pemerintah untuk meninjau ulang keputusan tersebut. - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Dengan begitu, pihaknya akan mengurangi jam layanan Trans Jogja di jalur yang memiliki sedikit pengguna. Hal ini dilakukan agar penggunaan BBM untuk operasional Trans Jogja dapat dimaksimalkan ke jalur yang lebih banyak diakses oleh masyarakat. "Kita punya 17 jalur, tidak semuanya jalur itu ramai. Nanti kita lihat yang mana yang bisa kita kurangi layanannya," kata dia. 

Penolakan

Aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) terjadi masif di berbagai daerah di Tanah Air. Berbagai elemen masyarakat, dari buruh hingga mahasiswa, menilai kenaikan harga BBM hanya akan menambah beban masyarakat yang belum sepenuhnya pulih setelah dihantam pandemi.

Ribuan buruh turun ke jalan meneriakkan aspirasinya di depan Gedung DPR Jakarta pada Selasa (6/9). Dalam kesempatan tersebut, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengajak buruh di seluruh Indonesia melakukan mogok nasional jika sampai akhir tahun harga BBM tidak diturunkan.

“November akhir atau Desember awal, bila BBM tidak diturunkan, omnibus law tetap dipaksa disahkan, upah tidak dinaikkan, wahai kaum buruh, petani, nelayan, kelas pekerja, persiapkan dirimu, mogok nasional,” kata Said Iqbal saat aksi unjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/9).

photo
Massa buruh yang tergabung dari berbagai elemen menggelar aksi di depan Gedung DPR MPR RI di Jakarta, Selasa (6/9/2022). Dalam aksinya mereka membawa sejumlah tuntutan diantaranya menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), menolak pembahasan Omnibus Law UU Cipta Kerja serta menuntut pemerintah untuk segera meningkatkan upah minimum sebesar 10 hingga 13 persen pada tahun 2023. - (Republika/Thoudy Badai)

Said menyatakan, siap bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan yang menimpa kaum buruh akibat mogok nasional tersebut. Karena itu, ia menyerukan aksi mogok nasional secara terbuka, tapi tetap konstitusional dengan mengikuti aturan undang-undang dan menjaga ketertiban.

“Syaratnya gampang, setop produksi, lumpuh ekonomi. Di sini ada pengemudi, bus, Damri, saya akan instruksikan mereka setop operasional. Kita galang kekuatan dengan mahasiswa, kita akan ajak mahasiswa,” ujar Said.

Dia menjelaskan, beberapa alasan menolak kenaikan harga BBM tersebut. Pertama, kenaikan BBM akan menurunkan daya beli masyarakat karena lonjakan inflasi. Di sisi lain, upah buruh tidak naik dalam tiga tahun terakhir. Dengan naiknya harga BBM, ongkos energi industri akan meningkat. Hal itu, menurut dia, berpotensi memicu terjadinya ledakan PHK.

Aksi menolak kenaikan harga BBM juga terjadi di beberapa kota besar lainnya selain di Jakarta, seperti Makassar, Bandung, hingga Surabaya. Buruh dan mahasiswa dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jawa Timur bersama-sama berunjuk rasa di depan gedung DPRD Jatim di Surabaya. Koordinator aksi dari IMM Jatim, Ali Mustain, meminta pemerintah menarik ulang kebijakan menaikkan harga BBM.

photo
Massa buruh yang tergabung dari berbagai elemen menggelar aksi di depan Gedung DPR MPR RI di Jakarta, Selasa (6/9/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Ali mengatakan, keputusan pemerintah menaikkan harga BBM tidak tepat di tengah upaya masyarakat yang tengah mencoba bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Setidaknya ada tiga tuntutan yang disuarakan dalam aksi tersebut. Pertama, menuntut pemerintah agar membatalkan penyesuaian harga BBM serta mendesak pemerintah untuk menurunkan harga BBM bersubsidi.

Kedua, mendesak pemerintah membuat regulasi pengawasan peredaran BBM subsidi di masyarakat supaya tepat sasaran. Ketiga, mendesak pemerintah memperbaiki pengelolaan sumber daya alam, dengan tujuan agar dikuasai sepenuhnya oleh negara dan diperuntukkan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan masyarakat.

Mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Bandung juga melakukan aksi demonstrasi di depan kantor DPRD Jawa Barat, Kota Bandung. Para mahasiswa membawa belasan spanduk, di antaranya berisi tulisan ‘BBM Naik, Ekonomi Sulit’. Selain itu, mereka juga melakukan aksi teatrikal.

Salah seorang perwakilan mahasiswa, Ilyasa Ali Husni mengatakan, aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa meminta kepada pemerintah untuk menurunkan harga BBM. Naiknya harga BBM akan berimbas terhadap naiknya harga bahan pokok, sekaligus melemahnya daya beli masyarakat. “Turunkan harga BBM dan stabilkan harga kebutuhan pokok,” ujar dia.

photo
Sejumlah anggota DPR dari fraksi PKS melakukan aksi walkout saat rapat paripurna ke-4 masa persidangan I tahun sidang 2022-2023 di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (6/9/2022). Mereka menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dinilai memberatkan masyarakat. Prayogi/Republika - (Prayogi/Republika.)

Husni melanjutkan, mahasiswa se-Jawa Barat meminta pemerintah memprioritaskan anggaran untuk pertumbuhan ekonomi. Dalam aksi tersebut, mereka juga meminta agar pemerintah menjalankan program sesuai konstitusi negara. “Jika tidak dilaksanakan dalam 7x24 jam, Jokowi dan jajaran dinyatakan gagal,” ujar dia.

Di Jember, Jawa Timur, mahasiswa dari berbagai elemen ekstra kampus yang tergabung dalam Aliansi Cipayung Plus Jember mengkritisi juga berunjuk rasa. Ratusan aktivis mahasiswa dari elemen PMII, HMI, GMNI, IMM, KAMMI, LMND, juga KMHDI membawa sejumlah poster yang memprotes kenaikan harga BBM.

“Kenaikan BBM berimbas negatif pada sektor perekonomian masyarakat dan pertumbuhan ekonomi rumah tangga,” kata koordinator aksi, David Rizal Firmansyah.

photo
Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sukoharjo melakukan unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, di Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (6/9/2022). - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha.)

Di Makassar, Sulawesi Selatan, aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM subsidi masih berlanjut di sejumlah titik Kota Makassar, seperti kantor gubernur dan DPRD Sulsel, di bawah jembatan layang, serta depan kampus masing-masing. Pada Senin (5/9), mahasiswa sudah mulai melakukan aksi protes kenaikan harga BBM.

Aparat kepolisian sempat mengamankan sebanyak delapan orang mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Andi Pangeran Pettarani. Delapan mahasiswa tersebut diamankan setelah aparat kepolisian terpaksa membubarkan aksi mereka karena terus memblokade ruas Jalan Andi Pangeran Pettarani, depan kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) hingga Senin (5/9) malam.

Kepala Seksi Humas Kepolisian Resor Kota Besar Makassar, AKP Lando Karua Sambolangi mengatakan, kedelapan mahasiswa yang diamankan tersebut telah dibebaskan karena tidak cukup bukti melakukan perbuatan tindak pidana. “Mereka diminta membuat pernyataan dan dilakukan tes urine, tidak ada indikasi narkoba,” kata Lando.

Harga-Harga Mulai Naik

Sektor transportasi umum juga mulai menyesuaikan tarif setelah adanya kenaikan harga BBM.

SELENGKAPNYA

BBM Subsidi Tetap akan Dibatasi

Meski harga sudah naik, potensi shifting ke Pertalite tetap ada.

SELENGKAPNYA

Waspadai Inflasi Dampak Kenaikan Harga BBM

Ikappi memprediksi kenaikan harga pangan akan terasa sepekan setelah kenaikan harga BBM.

SELENGKAPNYA