ILUSTRASI Salah satu ciri haji mabrur ialah meningkatnya ketakwaan dan kesalehan sesudah kembali dari Tanah Suci | dok rep thoudy badai

Kabar Tanah Suci

RI-Malaysia Evaluasi Kenaikan Biaya Masyair

Pertemuan RI-Malaysia menjadi forum evaluasi mengenai kenaikan biaya masyair untuk Armuzna.

 

ACHMAD SYALABY ICHSAN, ALI YUSUF dari Madinah dan Makkah, Arab Saudi

MAKKAH -- Misi Haji Indonesia menerima kedatangan tim Tabung Haji Malaysia di kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah, Arab Saudi, Kamis (21/7). Ketua Tabung Haji Malaysia Dato' Sri Syed Saleh Syed Abdul Rahman beserta dua wakil dan jajarannya hadir mewakili Tabung Haji Malaysia.

Kehadiran mereka di Daker Makkah diterima Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief beserta jajaran pejabat eselon II. Hadir juga Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

"Kita mendiskusikan penyelenggaraan haji 2022, memperbincangkan proses pelaksanaan haji tahun ini, evaluasi, bertukar pikiran, bertukar pendapat, dan saling memberikan informasi terkait layanan haji," kata Hilman saat memberikan keterangan pers seusai pertemuan di Daker Makkah, Kamis (21/7).

photo
ILUSTRASI Haji mabrur disepadankan dengan amalan jihad fii sabilillah. - (dok antara muhammad iqbal)

Hilman menjelaskan, pertemuan kedua pihak juga menjadi forum evaluasi mengenai kenaikan biaya masyair untuk Armuzna (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Sebelumnya, biaya masyair sekitar 1.800 riyal. Tahun ini biaya itu naik signifikan menjadi 5.656 riyal. Kenaikan diberlakukan kepada negara-negara pengirim jamaah haji, termasuk Indonesia dan Malaysia.

Menurut dia, kedua pihak sepakat tentang adanya kenaikan layanan di masyair. Namun, ujar Hilman, pelayanan yang diterima mestinya juga sebanding dengan kenaikan biaya yang dibayarkan.

Pertemuan itu juga mendiskusikan tentang pendanaan haji jangka panjang, yaitu biayanya akan naik atau turun. Mereka ingin biaya sepadan dengan pelayanan dan tidak memberatkan jamaah. Hilman menjelaskan, kedua pihak sepakat untuk bisa masuk secara lebih detail dalam membahas anggaran yang ditetapkan, keperluan untuk apa saja.

photo
Jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama tiba Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (17/7/2022). Sebanyak 450 jamaah haji kloter pertama asal Tuban kembali ke tanah air setelah menunaikan ibadah haji. - (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Hal senada disampaikan Ketua Tabung Haji Malaysia Dato' Sri Syed Saleh Syed Abdul Rahman. Dia bersyukur pertemuan rutin tiap tahun di Makkah masih bisa digelar. Kedua pihak pun bisa bertukar pandangan dan pengalaman selama penyelenggaraan haji tahun ini.

‘’Kita sepakat untuk menindaklanjuti perbincangan ini tentang bagaimana menangani kenaikan biaya agar tidak membebani jamaah pada masa mendatang," ucapnya lagi.

Di bidang kesehatan, PPIH Arab Saudi terus berupaya agar jamaah haji tidak melakukan aktivitas berlebihan. Berkaitan dengan hal itu, muncul pula wacana agar pada tahun depan jamaah yang akan mengikuti program di luar rukun dan wajib haji perlu mendapatkan rekomendasi dari tenaga kesehatan haji (TKH) kelompok terbang (kloter).

"Untuk ritual ibadah sunah, para KBIH membawa jamaah konsul dulu ke dokter kloter untuk mendapatkan izin, sehingga betul-betul jamaah sehat yang bisa melakukan ibadah sunah," kata Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Budi Sylvana.

Budi menegaskan, apa yang dilakukan pemerintah melalui Pusat Kesehatan Haji Kemenkes adalah demi keselamatan jamaah. Sebab, berdasarkan laporan dari tenaga kesehatan, banyak jamaah dibawa ke KKHI Makkah dalam kondisi kritis setelah melakukan aktivitas berlebihan di luar rukun dan wajib haji.

Dihubungi terpisah, TKH kloter MES 09, dokter Ernawati, menyatakan setuju jika rekomendasi itu menjadi kebijakan yang harus dijalankan jamaah haji. Sebab, jika hal itu diatur, TKH memiliki kekuatan untuk mengimbau jamaah dan KBIH pun tidak membuat program yang menyebabkan jamaah sakit karena kelelahan.

"Karena terkadang dari KBIH nya mereka sudah punya program tersendiri, umrah sunah bisa sampai delapan kali, sementara kondisi fisiknya tidak memungkinkan," katanya. 

Tahun Gemilang Sadio Mane

Sadio Mane terpilih sebagai pesepak bola pria terbaik Afrika 2022.

SELENGKAPNYA

Semangat Tiga Poin Pertama Bali United

Dari lima pertemuan terakhir melawan Bali United, Persija hanya menang satu kali.

SELENGKAPNYA

Bank Digital Catat Lonjakan Penghimpunan Dana

Untuk meningkatkan kinerja pembiayaan, Blu berencana meluncurkan fitur pinjaman pada akhir 2022.

SELENGKAPNYA