Pendukung klub sepak bola Bali United menyalakan kembang api sebagai ungkapan kekecewaannya atas hasil pertandingan klub kebanggaanya melawan Kaya FC Iloilo pada Grup G Piala AFC 2022 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (30/6/2022). | ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.

Sepak Bola

Semangat Tiga Poin Pertama Bali United

Dari lima pertemuan terakhir melawan Bali United, Persija hanya menang satu kali.

BANDUNG -- Bali United akan menghadapi Persija Jakarta pada laga perdana kompetisi Liga 1 2022/2023. Kedua tim akan bertemu di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu (23/7).

Pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra menyatakan, persiapan timnya sudah baik selama pramusim berlangsung. Dia mengapresiasi dimulainya kompetisi yang tepat sesuai jadwal.

"Kita tidak menunggu lama untuk bisa bermain sepak bola lagi. Saya pikir semua klub senang karena kami tidak perlu menunggu," kata Teco dalam konferensi pers menjelang laga, Jumat (22/7).

photo
Pendukung klub sepak bola Bali United membentangkan spanduk sebagai ungkapan kekecewaannya atas hasil pertandingan klub kebanggaannya melawan Kaya FC Iloilo pada Grup G Piala AFC 2022 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (30/6/2022). Bali United berhasil mengalahkan klub asal Filipina tersebut dengan skor 1-0. - (ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.)

Pelatih asal Brasil itu menyatakan, fokus timnya sudah tertuju pada Persija. Sebagai mantan pelatih Persija, Teco menegaskan, timnya sudah bekerja keras mempersiapkan diri untuk meraih kemenangan pada laga perdana ini.

"Kami harus kerja ekstrakeras buat bisa menang di pertandingan besok. Saya minta suporter untuk datang agar stadion penuh sehingga Bali bisa main bagus dan menang besok," kata Teco.

Sebagai juara bertahan, Teco menyadari, setiap tim peserta liga memiliki motivasi lebih untuk mengalahkan timnya. Itu termasuk Persija yang kini dipimpin oleh pelatih baru asal Jerman, Thomas Doll. "Kami tahu lawan punya semangat, tapi saya pikir pemain kami tak kalah semangat untuk pertandingan besok (hari ini—Red)," kata Teco.

 
Kami tahu lawan punya semangat, tapi saya pikir pemain kami tak kalah semangat untuk pertandingan.
 
 

Pemain belakang Bali United Jajang Mulyana menambahkan, target menang pada laga perdana harus bisa diwujudkan oleh para pemain. Jajang mengakui, para pemain asing yang dibawa Persija punya kualitas bagus. Namun, alih-alih memikirkan lawan, fokus Jajang hanya pada tim Bali United.

"Yang penting dari Bali United sendiri tetap fokus, tetap bekerja supaya bisa menghalau serangan mereka," kata Jajang.

Dari kubu Persija, ini adalah laga perdana di kompetisi resmi bagi Thomas Doll. Sang pelatih Persija pun mengaku sudah tidak sabar untuk debut bersama tim dan memetik hasil positif.

"Kami punya beberapa sesi latihan sebelum pertandingan. Saya harap kami memiliki kondisi yang bagus untuk kompetisi setelah persiapan panjang ini," kata Doll.

 
Saya harap kami memiliki kondisi yang bagus untuk kompetisi setelah persiapan panjang ini.
 
 

Doll mengabaikan statistik minor Persija ketika menghadapi Bali United. Dari lima pertemuan terakhir melawan Bali United di semua kompetisi, Persija hanya menang satu kali. Sisanya empat pertandingan berakhir dengan kekalahan.

Menurut Doll, statistik itu tak bisa diubah karena sudah terjadi. Ia menghormati Bali United sebagai tim juara liga musim lalu. Namun, ia bertekad untuk membawa Persija dapat berkembang.

"Selangkah demi selangkah, dimulai dari laga perdana dan meraih kemenangan. Kita bisa lihat apakah nanti kami bisa memperbaiki statistik itu," kata Doll.

Dalam pertandingan ini, Persija membawa 21 pemain ke Bali. Meski tidak membawa penggawa  anyarnya, Abdulla Yusuf Helal, Thomas menyebut pemain lainnya sudah siap untuk bertanding. Ia mengaku senang pemain asingnya lengkap.

“Kami punya koneksi bagus selama latihan, mungkin kita bisa lihat bagaimana permainan mereka di laga besok," kata Thomas. 

photo
Jakmania membentangkan spanduk dan baliho dukungan untuk klub kebanggaan mereka Persija Jakarta dalam laga uji coba melawan Rans Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/7/2022). Pertandingan yang digelar sebagai persiapan jelang Liga 1 2022-2023 sekaligus peluncuran skuad Persija itu berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan Persija. - (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Rekor Pertemuan Bali United vs Persija

  • 06 Maret 2022: Bali United 2-0 Persija Jakarta
  • 25 November 2021: Persija Jakarta 0-1 Bali United
  • 19 September 2019: Persija Jakarta 0-1 Bali United
  • 31 Mei 2019: Bali United 1-0 Persija Jakarta
  • 05 Mei 2019: Persija Jakarta 1-0 Bali United

Prediksi Formasi

Bali United (4-2-3-1)

Nadeo Argawinata; I Made Andhika Wijaya, Willian Pacheco, Jajang Mulyana, Ricky Fajrin; Brwa Nouri, Fadil Sausu; Privat Mbarga, Eber Bessa, Irfan Jaya; Ilija Spasojevic

Pelatih: Stefano Cugurra

Persija Jakarta (3-5-2)

Andritany Ardhiyasa; Maman Abdurrahman, Ondrej Kudela, Hansamu Yama; Rio Fahmi, Syahrian Abimanyu, Hanno Behrens, Hanif Sjahbandi, Firza Andika; Riko Simanjuntak, Michael Krmencik

Pelatih: Thomas Doll

Wajah Baru Duo Jatim

Persebaya menjadi salah satu klub yang membuat banyak perubahan komposisi pemain.

SELENGKAPNYA

Menanti Sihir Dybala di AS Roma

Tinggal menanti cara Dybala masuk ke dalam sistem Giallorossi ala Mourinho.

SELENGKAPNYA