Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan (kelima kiri) didampingi gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (keempat kiri) mengisi daya mobil listrik serangkaian dengan peresmian Borobudur sebagai destinasi pari | ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Otomotif

16 Jun 2022, 07:57 WIB

Gebrakan Elektrifikasi Lewat Harga Miring

Kendaraan elektrifikasi di Indonesia masih dijual dengan harga yang tinggi.

Kendaraan elektrifikasi di Indonesia, baik itu dalam format hibrida maupun full elektric, masih dijual dengan harga yang tinggi. Hal ini disebut jadi salah satu barrier pertumbuhan pasar kendaraan ramah lingkungan di Tanah Air.

Suzuki pun menyadari hal itu dan menyikapinya dengan menyiapkan suatu gebrakan. Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Shingo Sezaki mengatakan, gebrakan itu dihadirkan lewat produk All New Ertiga Hybrid.

"Kehadiran All New Ertiga Hybrid adalah sebuah komitmen kuat dari Suzuki dalam menggabungkan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat Indonesia. Mengingat, kesadaran masyarakat terhadap kendaraan yang ramah lingkungan sebenarnya terus meningkat. Di sisi lain, mobil elektrifikasi yang ada saat ini harganya di atas daya beli mayoritas masyarakat," kata Shingo Sezaki dalam peluncuran All New Ertiga Hybrid di Jakarta, Jumat (10/6).

Karenanya, lanjut dia, dengan studi yang komprehensif dan mendalam, perusahaan membuat inovasi dengan menggabungkan tren teknologi dan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Hasilnya, pabrikan resmi meluncurkan All New Ertiga Hybrid yang menawarkan manfaat mobil elektrifikasi dan efisiensi bahan bakar, tapi dengan harga yang kompetitif.

Produk rakitan dalam negeri ini mengandalkan sumber tenaga yang berasal dari mesin bensin konvensional digabungkan dengan ISG (Integrated Starter Generator) dan lithium-ion battery. Berkat teknologi itu All New Ertiga Hybrid resmi menjadi mobil elektrifikasi pertama di kelas low multi purpose vehicle (LMPV).

Produk yang diyakini dapat menjadi salah satu tulang punggung penjualan perusahaan ini menerapkan teknologi Suzuki Smart Hybrid. Selain itu, hadir juga dengan perubahan dari sisi eksterior dan interior. Untuk interior, All New Ertiga Hybrid tampil dengan menggunakan new MID design, new interior ambience color, new seat material color, dan new interior ornament.

Sedangkan untuk eksterior, terdapat penyegaran berupa new front grille design, new auto retractable outside mirror, new antenna type, new alloy wheel black polish design, new back door garnish design, new "Hybrid" emblem yang ada di buritan mobil, serta pilihan warna baru, yaitu new mellow deep red color.

Deputy Director Sales & Marketing Four Wheels SIS, Hady S Halim menambahkan, produk ini adalah pilihan pas untuk memenuhi kebutuhan kendaraan ramah lingkungan dan efisien. Apalagi di tengah kenaikan harga bahan bakar yang terus terjadi.

"Manfaatnya pun akan terasa lebih optimal saat digunakan dalam kondisi kemacetan. Apalagi All New Ertiga Hybrid sudah dilengkapi berbagai fitur terbaru, seperti cruise control, electronic stability programme, dan smartphone mirroring technology yang akan memberikan pengalaman baru dalam berkendara," kata Hady.

Agar bisa hadir sesuai kebutuhan, maka produk hibrida ini hadir dalam empat varian. Keempatnya ditawarkan dalam opsi transmisi otomatis dan manual yang dipasarkan dengan harga Rp 270,3 juta hingga Rp 292,3 juta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Suzuki Indonesia (suzuki_id)

All New Ertiga Hybrid juga diyakini akan menjadi pelopor mobil elektrifikasi yang terjangkau masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini. Terutama bagi yang tinggal di kota-kota besar.

Four Wheels Marketing Director SIS, Donny Saputra mengatakan, produk ini adalah salah satu unggulan baru perusahaan yang ditunggu-tunggu masyarakat. "Bahkan sudah banyak permintaan dari berbagai kota sebelum diluncurkan. Hal ini menjadi alasan kami untuk akhirnya meluncurkan All New Ertiga Hybrid di puluhan kota kota besar lainnya," kata Donny.

Dia menekankan, Suzuki menargetkan penjualan All New Ertiga Hybrid menguasai market share LMPV sebesar 11 persen pada tahun ini. "Saat ini All New Ertiga Hybrid menjadi yang pertama dan satu-satunya LMPV elektrifikasi di Indonesia," ujarnya.

Untuk memudahkan konsumen, sepanjang Juni, Suzuki menawarkan berbagai  promo. Seperti uang muka rendah sebesar 10 persen, bunga kredit rendah, bebas angsuran berkali-kali, tambahan bonus diskon, dan hadiah langsung selama periode program berlangsung.

Bahkan, konsumen juga akan mendapatkan cashback tambahan sebesar Rp 2,5 juta untuk transaksi tukar tambah melalui Auto Value. "Dengan seluruh strategi itu, kami yakin produk ramah lingkungan ini sangat diterima oleh pasar. Apalagi masyarakat Indonesia memang sangat tertarik dengan mobil yang hadir dengan harga terjangkau, fungsional, dan memiliki kemampuan akomodasi yang memadai," kata dia. 


Tugas Berat Dua Menteri

Persoalan minyak goreng dan lahan di IKN menjadi titipan Presiden untuk diselesaikan menteri baru.

SELENGKAPNYA

Shin Bertekad Ukir Sejarah di Piala Asia 

Keberhasilan Asnawi dan kawan-kawan telah membayar penantian selama 15 tahun sejak Indonesia terakhir.

SELENGKAPNYA

WHO Siap Kaji Status Cacar Monyet

Vaksin untuk cacar biasa diperkirakan efektif 85 persen terhadap cacar monyet.

SELENGKAPNYA
×