Sebuah armada mikrotrans AC terparikir usai acara peluncurannya di Kawasan Gondangdia, Jakarta, Jumat (28/1/2022). Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersama PT Transjakarta meluncurkan 60 unit mikrotrans dengan penambahan fasilitas | Prayogi/Republika.

Jakarta

Usulan Tarif Integrasi Transportasi DKI Disetujui

16 kelompok masyarakat diusulkan mendapat fasilitas gratis tiket antarmoda. 

JAKARTA -- Komisi B DPRD DKI Jakarta menyetujui usulan tarif integrasi antarmoda transportasi umum LRT, MRT, dan Transjakarta dengan nominal sebesar Rp 10 juta. Persetujuan tersebut menyertakan rekomendasi bagi Pemerintah Provinsi DKI.

Komisi B menyetujui pelaksanaan tarif integrasi karena mendukung keterpaduan moda transportasi," kata Ketua Komisi B DPRD DKI Ismail di Gedung DPRD DKI di Jakarta, Selasa (7/6).

Ismail menyakini tarif integrasi tiga moda transportasi umum tersebut bakal menggeser pola masyarakat menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan massal. Namun, dia mengatakan, persetujuan itu belum sampai tahap finalisasi, tetapi hal itu masih belum final dan membutuhkan masukan dari legislatif dan eksekutif.

"Jadi, bukan setelah saya bacakan kemudian final, tapi ini seharusnya buka ruang untuk menyempurnakan draf ini," ucapnya.

Meski menyetujui usulan integrasi tarif termasuk besaran tarif sebesar Rp 10 ribu itu, pihaknya menginginkan ada evaluasi setiap tiga bulan selama satu tahun. Tujuannya, kata dia, untuk mengetahui dampak implementasi tarif integrasi terhadap minat masyarakat menggunakan moda transportasi massal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Transportasi Jakarta (pt_transjakarta)

 

Komisi B DPRD DKI juga merekomendasikan Pemprov DKI dan BUMD bidang jasa transportasi massal untuk mencatat jumlah pengguna integrasi tarif itu yang juga setiap tiga bulan dalam satu tahun dengan pemisahan warga KTP DKI dan non-KTP DKI Jakarta.

Terakhir, lanjut politisi PKS itu, diharapkan ada fasilitas gratis tiket integrasi terhadap 16 kelompok masyarakat di DKI. Adapun 16 kelompok masyarakat itu di antaranya PNS DKI, pensiunan PNS DKI, tenaga kontrak DKI, penerima Kartu Jakarta Plus (KJP).

Kemudian, karyawan swasta tertentu, penghuni rumah susun, warga KTP Kepulauan Seribu, penerima beras miskin, anggota TNI-Polri, veteran, penyandang disabilitas, warga lanjut usia, marbot masjid dan mushala, PAUD, jumantik, hingga PKK.

photo
Pekerja menyelesaikan proyek revitalisasi Halte Transjakarta Gelora Bung Karno, Jakarta, Ahad (15/5/2022). PT Transjakarta merevitalisasi sebanyak 46 halte bus Transjakarta diantaranya 4 halte ikonik, 4 halte terintegrasi antar moda angkutan dan peremajaan 38 halte biasa. Revitalisasi tersebut menghabiskan anggaran sebanyak Rp 600 miliar dan ditargetkan rampung selama 6 bulan pengerjaan. Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengatakan, pihaknya sudah melakukan kajian secara holistik terkait integrasi tarif itu. Dari hasil kajian kemampuan membayar dan keinginan untuk membayar masyarakat, kata dia, penggunaan satu moda transportasi tarif maksimumnya adalah Rp 5.000 yang membawa prinsip integrasi tiket tiga moda transportasi.

Ia mengharapkan, usulan itu dapat segera disetujui DPRD DKI untuk penetapan tarif di tiga moda transportasi massal itu. "Jika masyarakat menggunakan layanan untuk tiga moda ini, mereka cukup bayar Rp 10 ribu saja," tutur Syafrin. 

Setelah Komisi B DPRD DKI menyetujui rekomendasi tarif integrasi tiga transportasi massal itu, maka agenda selanjutnya akan dibahas para pimpinan DPRD DKI Jakarta.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Memuluskan Transisi ke Dunia Hibrid

Pandemi telah mendefinisikan ulang apa arti bekerja dan kantor bagi banyak orang.

SELENGKAPNYA

Bulog Jalin Kerja Sama Distribusi Minyak Goreng

Produsen migor mendapatkan pasokan minyak sawit seharga Rp 9.500 per liter.

SELENGKAPNYA

Erick Thohir Targetkan Dividen BUMN Rp 50 Triliun

Kementerian BUMN juga berhasil menekan utang dan modal BUMN hingga ke 35 persen .

SELENGKAPNYA