Warga memotret replika mobil Formula E saat Car Free Day di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Ahad (29/5/2022). Replika mobil berteknologi ramah lingkungan itu dipamerkan untuk mengkampanyekan perhelatan Formula E yang akan berlangsung pada 4 Juni 2022. Repub | Republika/Putra M. Akbar

Inovasi

02 Jun 2022, 13:39 WIB

Mencicipi 5G di Formula E

Ajang Formula E akan membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjajal teknologi 5G.

Tren pandemi yang kian terkendali, kini membawa masyarakat untuk kembali lagi menikmati perhelatan ajang besar. Pada Maret lalu, Mandalika menjadi pusat perhatian dengan gelaran MotoGP.

Kini ajang Formula E mulai tengah dipersiapkan, agar sukses digelar pada 4 Juni 2022. Sama seperti ajang besar lainnya, saat ini layanan telekomunikasi ikut memainkan peranan penting demi menunjang kelancaran acara.

Pada Selasa (31/5), Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mengumumkan, telah resmi menjadi official 5G partner untuk Jakarta E-Prix 2022. IOH bersama Ericsson, akan menghadirkan layanan 5G di sekitar lokasi Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) untuk memberikan pengalaman digital telekomunikasi.

Baik bagi para pebalap, kru tim balap, panitia yang terlibat, hingga masyarakat umum. Rencananya, IOH dan Ericsson akan menerapkan jaringan non-standalone 5G menggunakan spektrum 3,5G  Hz agar pelanggan yang berada di sekitarnya dapat merasakan pengalaman berbeda yang dihasilkan dari pemanfaatan teknologi 5G.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indosat Ooredoo Hutchison (@indosat)

Director and Chief Regulatory Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah, menjelaskan, IOH berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung penyelenggaraan acara nasional, maupun internasional bersama dengan para mitra strategis.

“Sebagai official 5G partner, kami akan memastikan masyarakat yang berada di sekitar area, termasuk para wisatawan mancanegara, akan dapat menikmati layanan 5G kami dengan nyaman,” ujarnya.

Menurut pria yang biasa disapa Danny ini, pelanggan yang ingin merasakan lebih banyak lagi pengalaman 5G dari IOH, dapat mengunjungi stan yang berada di Jakarta Royal Suite dan area E-Village di sisi utara dari Ancol Beach City. Di sana, pelanggan dapat melihat berbagai use case pemanfaatan teknologi 5G, di antaranya cloud gaming 5G dan pengalaman kamera neckband Fitt 360.

Cloud gaming merupakan gim yang dimainkan secara cloud di-hosting tanpa harus mengunduh gim di perangkat PC atau Konsol Game. Sementara, kamera wearable neckband Fit360 adalah camcorder teknologi hands-free yang dapat diletakkan di leher. Perangkat ini, dapat merekam segala yang ada di sekitar kita dengan sudut pandang hingga 360 derajat.

Untuk merasakan pengalaman layanan 5G IOH, pelanggan cukup menggunakan ponsel 5G, menggunakan uSIM, dan memiliki paket internet, serta berada di area yang terjangkau jaringan 5G. Head of Ericsson Indonesia, Jerry Soper, menyampaikan, teknologi generasi berikutnya ini akan memberikan kapasitas yang dibutuhkan di sekitar area sirkuit E-Prix.

"Diharapkan, layanan ini akan dapat digunakan untuk streaming video berkualitas tinggi dan membagikan pengalaman mereka kepada teman dan keluarga,” ujarnya.

Pastikan Frekuensi

photo
Persiapan XL Axiata untuk menunjang telekomunikasi di ajang Formula E. - (Dok XL Axiata)

Persiapan untuk menghadirkan layanan 5G di ajang Formula E juga tengah dilakukan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Layanan ini, akan dapat diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Formula E secara gratis oleh masyarakat.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk ajang Formula E kali ini, XL mengadopsi segala persiapan yang sebelumnya telah dilakukan XL dalam gelaran balap MotoGP Mandalika. “Selain itu, kami juga akan melakukan serangkaian uji coba 5G dengan memanfaatkan spektrum 3.5 GHz,” ujarnya.

Gede melanjutkan, guna menghadirkan real 5G mobile experience bagi pelanggan, khususnya bagi pengunjung yang berada di arena Formula E ini, XL Axiata mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Termasuk untuk penggunaan pita frekuensi 3.5GHz.

Sejumlah titik akses 5G pun, akan disiapkan di seputar sirkuit yang menjangkau sejumlah area. Mulai dari, lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, hingga para satuan kerja ajang Formula E.

Menurut I Gede, di ajang Formula E nanti, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya. Yakni, data rate atau kecepatan data yang lebih tinggi, latense yang lebih rendah, dan jumlah connection density atau kerapatan koneksi yang lebih banyak dari 4G.

Selain menggelar jaringan 5G, XL Axiata juga melakukan peningkatan kualitas jaringan 4G di wilayah sekitar sirkuit. “Kapasitas jaringan kami di sekitar Ancol, kami tingkatkan dua sampai tiga kali lipat sebagai antisipasi lonjakan trafik selama hari balapan,” ujar I Gede.

Dengan tingginya antusiasme masyarakat, lanjut dia, pengunjung Ancol diyakini akan membludak dan mendorong kenaikan trafik. Oleh karena itu, antisipasi berbagai kemungkinan akan dilakukan.

Khusus di wilayah Jakarta Utara, saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 1.600 BTS, dengan hampir 1.000 di antaranya BTS 4G. Sementara itu, untuk seluruh wilayah DKI Jakarta, XL kini mengoperasikan lebih dari 9.700 BTS, termasuk lebih dari 5.700 BTS 4G.  ';

Tambahan Anggaran Biaya Haji Disetujui

Perlu diperhitungkan dengan cermat dan akuntabel setiap penggunaan dana haji yang saat ini dikelola.

SELENGKAPNYA

Rusia Kembali Tutup Pasokan Gas ke Eropa

Uni Eropa sepakat melakukan embargo parsial terhadap komoditas minyak Rusia.

SELENGKAPNYA

Berbincang Soal TKI Hingga Tari Kuda Kepang

Banyak perkara yang tak perlu timbul, tapi timbul karena kurang informasi dan kurang pemahaman.

SELENGKAPNYA
×