Menteri BUMN Erick Thohir (tengah), Dirut PT Pelni Tri Andayani (kanan) berbincang kepada pemudik saat melepas kapal mudik gratis di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (26/4/2022). Mudik gratis sepeda motor tahun 2022 diinisiasi Kementerian Pe | Tahta Aidilla/Republika

Kabar Ramadhan

Kendaraan dari Jakarta ke Banyumas Naik 57 Persen

Kendaraan yang melintas di Banyumas didominasi kendaraan roda dua dan roda empat yang berpelat nomor luar kota.

PURWOKERTO — Arus lalu lintas di Banyumas mulai meningkat. Pada Selasa (26/4), jumlah kendaraan bertambah hingga 57 persen sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H. 

Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan roda dua dan roda empat yang berpelat nomor luar kota. "Dari arah Jakarta meningkat hingga 57 persen. Sampai pukul 00.00 WIB ada kenaikan arus kendaraan 57 persen dari hari-hari biasa yang berada di kisaran 10 ribuan kendaraan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas Agus Nur Hadi, Selasa (26/4).

Menurut Agus, kenaikan kendaraan yang masuk Banyumas telah terjadi sejak Sabtu (23/4), dengan jumlah kendaraan yang masuk ada hampir 19 ribu kendaraan, yang dicatat oleh titik pantau di pintu masuk Ajibarang mulai Ahad (24/4).

Kenaikan jumlah kendaraan sejak Sabtu (23/4) diprediksi karena imbauan pemerintah untuk mudik lebih awal. Puncak arus mudik di wilayah itu diprediksi terjadi pada 30 April hingga 1 Mei, sedangkan perkiraan puncak arus balik ada pada 7-8 Mei. 

Dalam pengamanan mudik, sebanyak 12 posko utama arus pengamanan mudik telah disiapkan dengan petugas dari tim gabungan Polri, TNI, dan pemkab. Posko-posko tersebut terdiri atas delapan pos pengamanan di perbatasan dan wilayah rawan kemacetan. Kemudian, tiga posko pelayanan di Terminal Bulupitu Purwokerto, Stasiun Purwokerto, kawasan wisata Baturraden, dan satu posko terpadu di Alun-Alun Purwokerto.

Dengan turunnya status PPKM menjadi level satu di Banyumas, tidak ada lagi pos penyekatan di perbatasan, tapi untuk pelayanan mudik dan pengurai kemacetan. "Fungsi pos mudik kali ini untuk pengamanan dan pelayanan. Kami juga menyediakan layanan vaksinasi untuk pemudik," kata Agus. 

Jalur alternatif

Masyarakat yang melakukan perjalanan mudik Lebaran dianjurkan untuk menggunakan jalur alternatif dan berangkat mudik lebih awal guna menghindari kepadatan dan kemacetan di jalur mudik, kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja.Endra, di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa pemerintah tak hentinya mengampanyekan agar pemudik di Pulau Jawa juga bisa menggunakan jalur Pantai Selatan (Pansela) alih-alih melalui jalur Pantai Utara (Pantura) yang diprediksi akan paling ramai lalu lintasnya.

"Bahwa kita tidak hanya gunakan jalur Pantura, tapi tambah Pansela. Pulau Jawa sudah terhubung mulai dari Banten sampai Pacitan 1.242 km sudah terhubung semua. Kecuali ada sedikit tidak bisa dilalui angkutan berat, bus, di Cilacap-Karang Bolong. Tapi kendaraan pribadi bisa," kata Endra.

Dia menerangkan bahwa pemerintah menyiapkan jalur alternatif melalui Pansela sekaligus mengenalkan destinasi wisata di wilayah Selatan Jawa, mulai dari Sukabumi, Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, Wonogiri, dan seterusnya.

"Sekaligus kampanye destinasi wisata baru, karena khawatir Pantura overload, jadi kami siapkan jalur baru. Di Sumatera juga begitu, jalan nasionalnya kita siapkan dari lintas barat, lintas tengah, lintas timur selain jalan tol," kata dia pula.

CEO Toll Road Business Group Astra Infra Kris Ade Sudiyono mengatakan agar masyarakat merencanakan perjalanan mudik Lebaran dengan bijak agar terhindar dari macet.

"Semua pihak harus menyadari dengan adanya distribusi mudik dalam waktu tidak bersamaan itu adalah solusi. Kampanye mudik lebih awal harus terus dikampanyekan. Hari ini, dan juga besok kondisinya masih lancar. Jangan numpuk di puncak mudik. Rencanakan mudik awal adalah pilihan bijak," kata Kris Ade.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.