Ilustrasi pemudik yang mengendarai sepeda motor | ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/nym.

Kabar Ramadhan

26 Apr 2022, 15:42 WIB

Pemudik Sepeda Motor Ramaikan Pantura

Rata-rata pemudik yang mengendarai sepeda motor membawa barang bawaan yang cukup banyak.

CIREBON — Arus mudik mulai tampak di jalur darat pantai utara (pantura) Pulau Jawa. Di Cirebon, Jawa Barat, para pemudik yang mengendarai sepeda motor memadati sejumlah ruas jalan setempat.

Iman, seorang pemudik dengan sepeda motor, mengaku pulang kampung jauh-jauh hari sebelum Idul Fitri 1443 H/2022 M. Pertimbangannya adalah masa libur yang datang H-7 Lebaran.

“Kerja sudah libur. Jadi mending pulang kampung lebih awal,” kata Iman saat dijumpai Antara di Cirebon, Ahad (24/4).

Menurut dia, tidak ada kendala yang dialaminya sepanjang perjalanan dari Jakarta sampai Cirebon. Memang, Iman melanjutkan, dia beberapa kali harus berjalan lambat, terutama ketika menjumpai pasar di sisi-sisi jalur arteri pantura. Namun, secara umum mudiknya lancar sejauh ini.

Iman mengaku berangkat dari Ibu Kota seusai melakukan santap sahur. Di sepanjang perjalanan, ia melihat ada banyak pengendara sepeda motor lainnya. Mereka pun mudik ke kampung halaman masing-masing.

photo
Pemudik melintas di jalur Pantura Lohbener, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (22/4/2022). Sejumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua memilih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan lalu lintas di kawasan jalur Pantura. - (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/hp.)

“Sepanjang perjalanan dari Jakarta sampai Cirebon, juga sudah ramai, terutama yang ingin mudik," ujarnya.

Pemudik lainnya, Joko, mengungkapkan hal yang sama. Lelaki asal Klaten, Jawa Tengah, itu memilih pulang kampung lebih awal karena khawatir akan terjebak macet bila tidak demikian. Lagi pula, pekerjaannya di Jakarta juga sudah selesai.

“Khawatir terjebak macet (kalau mudik menjelang Lebaran—Red) jadi mending lebih awal. Sampai Cirebon juga tidak ada kemacetan yang berarti,” kata Joko. 

Umumnya pengendara sepeda motor yang melintasi jalur pantura tersebut berpelat nomor polisi luar daerah Cirebon. Rata-rata mereka membawa barang bawaan yang cukup banyak.

';

Dirut Garuda: PMN untuk Biaya Operasional 

Dana PMN tak akan digunakan Garuda untuk membayar utang

SELENGKAPNYA

Mudik Jangan Bawa ‘Oleh-Oleh’ Penyakit

Pemudik diminta untuk melengkapi status vaksinasi Covid-19 sebelum pulang kampung.

SELENGKAPNYA

Kementerian ESDM Jamin Pasokan BBM Saat Libur Lebaran

Kementerian ESDM memantau pendistribusian BBM di sejumlah SPBU.

SELENGKAPNYA
×