Pemudik menyimpan barang bawaannya di dalam bagasi bus di Terminal Penumpang Tipe A Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (25/4/2022). Memasuki H-7 Lebaran, Terminal Bus Baranangsiang, Bogor, mulai ramai pemudik dengan tujuan Sumatera, Jawa Tengah, | ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kabar Ramadhan

Ragam Tip Sebelum Mudik

Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia.

Arus mudik merupakan fenomena yang lumrah terjadi pada masa menjelang Idul Fitri. Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meminta masyarakat untuk tidak mengabaikan aspek keamanan sebelum bepergian jarak jauh.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo mengingatkan, setiap orang tentunya ingin pulang ke kampung halaman dengan kondisi tenang dan bahagia.

Maka dari itu, jangan membawa kekhawatiran selama di perjalanan. Ia pun menyarankan, para warga yang hendak mudik sebaiknya memastikan terlebih dahulu, rumah mereka ditinggalkan dalam keadaan benar-benar terkunci. Berikutnya, sampaikan salam kepada tetangga atau kerabat terdekat yang tidak pulang kampung. Tegur sapa itu tidak hanya berarti pamit untuk sementara waktu, tetapi juga menginfokan mudik kepada mereka.

“Ketiga, dapat juga diinfokan kepada Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) untuk didatakan,” kata Dedi Prasetyo kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/4).

Pendataan itu bertujuan menandakan, rumah mana saja yang tidak berpenghuni hingga masa Lebaran usai. Informasi tersebut juga berguna bagi aparat kepolisian setempat dalam melakukan patroli rutin.

Tip yang keempat, Dedi melanjutkan, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi harus memastikan terlebih dahulu kondisi mobil atau sepeda motor yang dipakainya. Pengecekan di bengkel dapat dilakukan agar kendaraan tersebut benar-benar prima selama di perjalanan.

Apabila masyarakat menggunakan kendaraan umum, pastikan hanya membawa barang-barang yang diperlukan. Hindari mengenakan benda-benda berharga secara berlebihan.

Mudik pada Ramadhan tahun ini berlangsung di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang melandai. Bagaimanapun, kewaspadaan tetap perlu dengan penerapan protokol kesehatan. Dedi pun meminta pemudik untuk melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga (booster).

“Saat berkendaraan, patuhi rambu-rambu lalu lintas. lstirahatlah di rest area yang ada. Bila mengalami gangguan di jalan bisa menghubungi pos pelayanan kepolisian di jalur mudik,” ujarnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.