Tanah yang sudah diratakan untuk titik awal proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Tirtoadi, Sleman, Yogyakarta, Kamis (7/4/2022). Warga mulai membongkar rumah secara mandiri di dekat lokasi groundbreaking Jalan Tol Yogyakarta-Bawen. Rencannya Kementerian | Wihdan Hidayat / Republika

Ekonomi

Adhi Karya Garap Proyek Tol Senilai Rp 5,03 Triliun

Adhi Karya menjelaskan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

JAKARTA — PT Adhi Karya (Persero) Tbk memperoleh kontrak baru melalui penandatanganan Surat Perjanjian Layanan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Paket 1 (Seksi 1 dan Seksi 6) di Jakarta. Nilai total pekerjaan konstruksi ini mencapai sebesar Rp 5,03 triliun. 

Pengerjaan proyek Jalan Tol Yogyakarta Bawen Paket 1 ini diperkirakan akan memakan waktu selama 730 hari kalender atau sekitar dua tahun. Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi mengatakan, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang pada prinsip pembangunannya tetap mempertahankan keasrian alam dan keindahan cagar budaya yang ada. 

"Hal ini dibuktikan dari pembangunan proyek jalan tol yang Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta ini nantinya akan berada tidak jauh dari jalur menuju Candi Borobudur sehingga memudahkan akses para wisatawan," kata Enthus dalam keterangan resminya dikutip Republika di Jakarta, Ahad (24/4).

Selain itu, jalan tol ini rencananya akan dilengkapi dengan terowongan sehingga tidak akan mengganggu topografi pegunungan dari daerah tersebut. Lingkup pekerjaan yang akan dilakukan Adhi Karya, antara lain, pembangunan jalan utama, jembatan sungai dan lalu lintas, underpass dan overpass, serta simpang susun. 

Simpang susun yang akan dikerjakan Adhi Karya, antara lain, simpang susun Banyurejo dan Ambarawa. Seksi 1 dan Seksi 6 akan dibangun dengan struktur elevated dan at grade. Saat ini, pembebasan lahan di target lokasi proyek hampir selesai dilakukan sehingga pekerjaan konstruksi dapat segera dilaksanakan. 

Jalan Tol Yogyakarta-Bawen direncanakan akan dibangun sepanjang 75,82 km. Jalan tol ini akan melintasi dua provinsi sekaligus, yakni Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 km dan provinsi DIY sepanjang 8,77 km. 

Ruas jalan tol ini dibangun meliputi 6 seksi jalan, antara lain, Seksi 1 Yogyakarta-Banyurejo sejauh 8,25 km, Seksi 2 Banyurejo-Borobudur sepanjang 15,26 km, Seksi 3 Borobudur-Magelang 8,08 km, Seksi 4 Magelang-Temanggung 16,64 km, Seksi 5 Temanggung Ambarawa 22,56 km, dan Seksi 6 Ambarawa-Bawen 5,21 km. 

Pada RUPST Tahun Buku 2021, ADHI telah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham terkait Penambahan Modal dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PM-HMETD). Sebagai tindak lanjut dari persetujuan PM-HMETD tersebut, Adhi Karya melakukan penambahan modal dasar melalui perubahan anggaran dasar dengan tujuan untuk menjaga saham portepelnya.

photo
Warga berspeda motor di lokasi titik awal pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen di Tirtoadi, Sleman, Yogyakarta, Kamis (7/4/2022). Warga mulai membongkar rumah secara mandiri di dekat lokasi groundbreaking Jalan Tol Yogyakarta-Bawen. Rencannya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai pembangunan Jalan Tol Yogyakarta- Bawen pada akhir Maret 2022. - (Wihdan Hidayat / Republika)

Selain itu, perubahan anggaran dasar tersebut juga mencakup Penyesuaian Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 2020. Penyesuaian terhadap KBLI 2020 merupakan bentuk integrasi dan sinkronisasi data lapangan usaha di Indonesia. 

Perubahan KBLI diharapkan memberikan emiten berkode saham ADHI itu kemudahan perizinan dalam menjalankan keseluruhan bisnisnya (ease of doing business). Hal ini dalam rangka peningkatkan kapasitas dan pengembangan usaha Perseroan melalui proyek sesuai dengan lini bisnis yang dimiliki oleh Perseroan, sehingga kinerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Selanjutnya, perubahan KBLI juga diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) sehingga dapat memberikan dampak berantai yang luas dari pembangunan.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ummu Saad, Tonggak Hukum Waris dalam Islam

Kematian ayahnya menjadi sebab turunnya hukum waris.

SELENGKAPNYA

Lorong Sunyi Menuju Tuhan

Tidak ada ketentuan berapa lama seseorang harus mencari ilmu guna meningkatkan martabat keilmuannya.

SELENGKAPNYA