Pengunjung memilih produk makanan dan minuman pada acara Jakarta Ramadhan Festival 2022 di Mall of Indonesia, Jakarta, Rabu (20/4/2022). Acara yang mengambil tema Vibrant Halal Lifestyle tersebut menghadirkan beberapa produk gaya hidup serta makanan halal | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Kabar Ramadhan

Menikmati Vibes Ramadhan Ala Turki di Ibu Kota

Jakarta Ramadhan Festival 2022 menjadi destinasi pariwisata Ibu Kota.

 

Nuansa Turki begitu terasa ketika pengunjung melangkahkan kaki ke dalam Mall of Indonesia (MOI), Jakarta. Aneka hiasan bertema Ramadhan juga terpasang secara apik sebagai dekorasi.

Berbagai produk gaya hidup UMKM termasuk fashion hingga makanan dan minuman turut meramaikan gerai di gelaran Jakarta Ramadhan Festival (JRF) 2022. Pada tahun ini, acara yang digagas Indonesia Halal Lifestyle Center (IHLC) bersama dengan Indonesia Syiar Network (ISN) atau Komunitas Penggiat Syiar Islam mengangkat tema "Vibrant Halal Lifestyle".

Pendiri dan Ketua Indonesia Syiar Network (ISN) Mirza Muhammad bangga dapat menghadirkan Jakarta Ramadhan Festival 2022 dengan kemasan menarik dan inspiratif. Menurut dia, JRF menjadi bukti kolaborasi dakwah bersama yang merangkul banyak pihak dan lintas pesona, organisasi, dan bidang. 

“Memunculkan wajah ‘kita’ yang vibrant, hidup bergelora, dan thrive selalu semangat untuk berubah dan berusaha lebih baik dari waktu ke waktu," kata Mirza saat pembukaan pada Rabu (20/4). 

JRF mengusung semangat bangkit dari kondisi pandemi yang telah berlangsung selama dua tahun terakhir.  Ketua Indonesia Halal Lifestyle Community Sapta Nirwandar berharap JRF mampu meningkatkan penjualan produk UMKM di tengah sulitnya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

"Ajang ini digelar selain dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, juga untuk mengangkat dan memberdayakan perekonomian masyarakat dari bazar UMKM halal," kata Sapta.

Selain bazar, JRF yang diselenggarakan hingga 8 Mei ini juga akan menghadirkan rangkaian kegiatan lainnya termasuk peragaan busana hingga kegiatan satu hari khataman Alquran. Ada pula "Believer Bliss" atau bincang interaktif bersama para narasumber, seperti Titi Kamal, Ria Mirza, Tompi, Habib Ridho Algadri, Mustafa "Debu", dan Ustazah Nur Alina al-Munawwar. 

JRF juga menghadirkan pameran lukisan yang mengangkat tema "Ramadhan Greeting" dengan makna merayakan keragaman Ramadhan. Pameran menampilkan 16 karya dari enam perupa Friday Art Design Session (FADeS) serta karya spesial seniman Titis Jabaruddin. Pameran ini dibuka pada 20 hingga 28 April, bertempat di area Flix Cinema MOI.

JRF terbuka untuk masyarakat umum, pengunjung mal, dan berbagai komunitas. Pihak penyelenggara menargetkan pengunjung dengan jumlah 28 ribu orang pada hari-hari kerja dan 35 ribu orang pada akhir pekan.

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara Wawan Budi Rohman mengapresiasi gelaran JRF 2022. Dia berharap gairah UMKM meningkat sehingga perekonomian Indonesia dapat pulih kembali.

"Sebuah kebanggaan buat kami (mewakili) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara dengan adanya kegiatan Jakarta Ramadhan Festival ini," kata Wawan.

Menurut dia, JRF merupakan perwujudan atas kepedulian IHLC dan ISN dalam merespons kondisi masyarakat, terutama UMKM di tengah pandemi. “Pandemi Covid-19 ini bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga menyangkut masalah ekonomi. Banyak warga kita ekonominya turun, drop drastis, terutama UMKM," ujarnya.

Dia berharap, dapat menciptakan kawasan halal di Jakarta Utara yang dapat dikunjungi masyarakat selain bulan Ramadhan pada masa mendatang. 

photo
Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Utara Wawan Budi Rohman (kiri) bersama Chairman Indonesia Halal Lifestyle Community Sapta Nirwandar (tengah) dan Ketua Penyelenggara Jakarta Ramadhan Festival 2022 Ria Mirza (kanan) melihat produk makanan dan minuman pada acara tersebut di Mall of Indonesia, Jakarta, Rabu (20/4/2022). Acara yang mengambil tema Vibrant Halal Lifestyle tersebut menghadirkan beberapa produk gaya hidup serta makanan halal, yang berlangsung dari 20 April- 8 Mei 2022. - (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.