Buka puasa bersama yang digelar BMH di Kudus Jawa Tengah | Irwan Kelana/Republika

Kabar Ramadhan

BMH Gelar Buka Puasa Berkah Bersama Santri

Acara itu dikemas dalam bentuk pengajian umum yang diisi oleh dai tangguh senior BMH, Ustaz Sholeh Hasyim.

KUDUS — Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Gerai Kudus, Jawa Tengah, menggelar acara "Buka Puasa Berkah" bersama dai, guru ngaji, dan santri. Kegiatan itu dilaksanakan di Masjid Baitussalam Kudus, Senin (18/4) sore.

"Alhamdulillah dalam kegiatan ini hadir dai, guru ngaji, dan para santri. Kegiatan ‘Buka Puasa Berkah’ ini adalah wujud kepedulian umat dalam hal zakat, infak, dan sedekah melalui BMH. Selain itu, dalam kesempatan itu juga BMH menyalurkan 170  paket bantuan Ramadhan untuk para dai dan guru ngaji," ujar Koordinator BMH Gerai Kudus, Eko Kusniyanto, Senin (18/4).

Acara itu dikemas dalam bentuk pengajian umum yang diisi oleh dai tangguh senior BMH, Ustaz Sholeh Hasyim. Kemudian dilanjutkan pembagian bingkisan sebanyak 450 paket.

“Paket Ramadhan dai dan guru ngaji menjadi salah satu program khusus yang digulirkan oleh Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kudus pada Ramadhan 1443 Hijriyah,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika, Selasa (19/4).

Salah seorang penerima manfaat, Ustaz Abdul Hakim, bersyukur mendapat bantuan serta paket Ramadhan tersebut. “Alhamdulillah, sungguh bersyukur dan sangat berterima kasih kepada BMH yang selama ini selalu mendukung para dai, guru, dan karyawan serta jamaah Hidayatullah Kudus dalam mengemban tugas masing-masing,” ujarnya.

Eko mengatakan, selain pemberian paket Ramadhan untuk dai dan guru ngaji, pada Ramadhan yang mulia ini BMH juga membagikan bingkisan kepada yatim dan dhuafa, berbagi sembako untuk masyarakat prasejahtera, berbagi buka puasa, serta bingkisan berkah fitrah.

Tidak hanya di Kudus, program "Buka Puasa Berkah" juga menyapa anak-anak yatim dan santri di Lombok, NTB. "Alhamdulillah hari ke-16 Ramadhan 1443, BMH Perwakilan NTB menggelar 'Buka Puasa Berkah' bersama anak yatim dan santri di empat lokasi di Lombok," kata Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH NTB, M  Zuhri.

Empat lokasi yang dimaksud yakni Yayasan Ibnu Mubarak Mataram, Yayasan Al Iman Hidayatulllah Mataram, anak yatim di Kelurahan Monjok Mataram dan di Desa Lelede, Kecamatan Kediri, Lombok Barat.

Penyaluran kali ini berupa pembagian takjil dan paket Ramadhan. "Alhamdulillah program 'Buka Puasa Berkah' pada hari ke-16 Ramadhan ini diterima oleh 200 santri dan anak yatim," kata Zuhri. 

Pengasuh dan para santri merespons baik program ini. Ustaz Iwan, salah satu pengasuh anak yatim di lingkungan Monjok Kota Mataram, sangat mengapresiasi program yang digelar oleh BMH ini.

Dia berterima kasih kepada seluruh donatur atas partisipasi dan kepeduliannya dalam program "Buka Puasa Berkah" ini. "Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan, luaskan rezeki, serta ridhai amal ibadah di bulan Ramadhan ini," kata Ustaz Iwan. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.