Makanan khas Ramadhan Kicak di Kauman, Yogyakarta, Rabu (13/4/2022). Kicak sejatinya adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan dan sudah eksis sejak 1950-an. Dilansir dari berbagai sumber, pembuat dari kuliner manis adalah Mbah Wono yang merupakan war | Wihdan Hidayat / Republika

Lensa Ramadhan

Kicak Kuliner Khas Ramadhan Yogyakarta

Sudah eksis sejak 1950-an.

Bagi kamu masyarakat Yogyakarta, pasti sudah pernah mencoba kuliner yang satu ini. Namanya adalah Kicak. Asal kamu tahu, makanan ini sering dijumpai saat ramadhan.

photo
Pegawai memindahkan makanan khas Ramadhan Kicak sebelum dibungkus di Kauman, Yogyakarta, Rabu (13/4/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Kicak sejatinya adalah makanan yang terbuat dari tepung ketan dan sudah eksis sejak 1950-an. Dilansir dari berbagai sumber, pembuat dari kuliner manis adalah Mbah Wono yang merupakan warga asli Kampung Kauman di Yogyakarta.

photo
Pegawai memasak makanan khas Ramadhan Kicak di Kauman, Yogyakarta, Rabu (13/4/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Kicak bila dimakan rasa ketela pohon tidak terasa, bahkan jika orang baru makan Kicak pasti tidak menyangka-nyangka kalau bahan bakunya adalah ketela pohon. apalagi di beri tambahan parutan kelapa dan air gula merah yang menambah cita rasa yang gurih dan manis.

photo
Makanan khas Ramadhan Kicak siap jual di Kauman, Yogyakarta, Rabu (13/4/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

 

Rasanya yang manis dan lezat menjadikan Kicak makanan yang sangat cocok dijadikan Takjil saat berbuka.

photo
Makanan khas Ramadhan Kicak sudah matang di Kauman, Yogyakarta, Rabu (13/4/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.