Es goyobod yang dijual di Lapak Goyobod Kliningan (Gokil), Jalan Kliningan, Kota Bandung, Jumat (15/4/2022). Pada bulan Ramadhan, penjualan es goyobod di tempat tersebut meningkat hingga 100 persen atau sekitar 1.000 porsi per hari dibandingkan dengan bul | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Lensa Ramadhan

Es Goyobod Minuman Khas Jawa Barat

Menggiurkan di kala berbuka puasa.

Pada bulan Ramadhan, penjualan es goyobod di tempat tersebut meningkat hingga 100 persen atau sekitar 1.000 porsi per hari dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 500 porsi per hari.

photo
Pedagang es goyobod menyiapkan pesanan pembeli di Lapak Goyobod Kliningan (Gokil), Jalan Kliningan, Kota Bandung, Jumat (15/4/2022).- (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

 

Sajian dingin, manis, dan menyegarkan dari Tatar Sunda itu begitu menggiurkan di kala berbuka puasa. Es goyobod sendiri merupakan salah satu sajian minuman dingin khas Jawa Barat, khususnya Garut.

photo
Pedagang es goyobod menyiapkan pesanan pembeli di Lapak Goyobod Kliningan (Gokil), Jalan Kliningan, Kota Bandung, Jumat (15/4/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Bahan utama dari es ini memang goyobod, yang terbuat dari tepung hunkwe dan santan encer. Kedua bahan tersebut dipanaskan kemudian diaduk-aduk hingga mengental.

photo
Pedagang es goyobod menyiapkan pesanan pembeli di Lapak Goyobod Kliningan (Gokil), Jalan Kliningan, Kota Bandung, Jumat (15/4/2022).- (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

 

Pada bulan suci Ramadhan, Lapak Goyobod Kliningan yang telah ada sejak tahun 2000 ini buka pukul 13.00 WIB hingga 18.30 WIB. Satu porsi es goyobod yang berisi goyobod, alpukat, kelapa muda, pacar cina, tape dan potongan roti itu dijual dengan harga Rp5 ribu. Tentunya dengan harga yang terjangkau, es goyobod dapat menjadi salah satu menu pilihan untuk berbuka puasa.

photo
Pedagang es goyobod melayani pembeli di Lapak Goyobod Kliningan (Gokil), Jalan Kliningan, Kota Bandung, Jumat (15/4/2022). Pada bulan Ramadhan, penjualan es goyobod di tempat tersebut meningkat hingga 100 persen atau sekitar 1.000 porsi per hari dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang hanya 500 porsi per hari. Foto: Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.