Pengemudi daring Gojek membawa kemasan paket dari Tokopedia di Titipaja Warehouse, Jakarta, Jumat (28/5/2021). Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan kolaborasi bisnis yang dilakukan oleh dua startup raksasa Gojek dan Tokopedia, melalui pembentukan GoTo | ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Kabar Ramadhan

15 Apr 2022, 12:46 WIB

Inilah Makanan Terlaris Versi Tokopedia pada Ramadhan 2022

Tokopedia pun melihat ada tren menarik dari segi penjual makanan dan minuman

JAKARTA -- Tokopedia mengungkapkan tren menarik dan makanan terlaris selama awal Ramadhan tahun ini. Makanan dan Minuman (makmin) menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi di awal bulan suci jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadhan tahun sebelumnya.

"Kurma sukari dan ajwa menjadi jenis kurma yang paling laris di Tokopedia di periode awal Ramadan. Di sisi lain, sambal bawang dan sambal cumi merupakan dua jenis sambal yang paling diburu masyarakat," jelas Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustiana, melalui keterangannya, Jumat.

Tokopedia pun melihat ada tren menarik dari segi penjual makanan dan minuman di platform. Maisyalina mengatakan, Pekanbaru, Bandar Lampung, Denpasar, Balikpapan, dan Manado menjadi beberapa contoh kota dengan peningkatan jumlah penjual makmin paling tinggi selama periode awal Ramadhan.

Di sisi lain, Tokopedia terus menghadirkan berbagai kampanye untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan Ramadan, termasuk mendapatkan makmin baik untuk sahur maupun buka puasa.

Praktiknya misal, ada Tokopedia NOW!, layanan 24/7 yang memungkinkan masyarakat dapat berbelanja kebutuhan produk harian selama berpuasa dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. "Artinya, siapa pun dapat berbelanja bahan makanan sahur, walau dipesan pukul 3 pagi menjelang sahur sekali pun," kata Maisyalina.

Tokopedia juga menghadirkan Parsel Ramadan yang menyajikan ribuan pilihan parsel Lebaran, seperti kue kering, makanan siap saji, alat makan, aromaterapi, hingga alat ibadah mulai dari Rp 50 ribuan dan gratis ongkir lewat GoSend. "Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada periode awal Ramadan 2022 meningkat hampir 2 kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadhan tahun sebelumnya," kata Maisyalina.

Masyarakat di berbagai penjuru Indonesia pun dapat memanfaatkan berbagai kampanye turunan inisiatif Hyperlocal yang dipersonalisasi sesuai dengan daerah masing-masing.Salah satu kampanye dari inisiatif tersebut adalah Tokopedia Nyam! yang menggandeng UMKM lokal sehingga memungkinkan masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dari penjual terdekat.

Tips belanja hemat

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang digemari banyak orang, tak terkecuali saat bulan Ramadhan. Namun bagi sebagian orang, belanja kadang membuat lupa diri sehingga membuat pengeluaran membengkak, apalagi kini ada kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 11 persen. Financial Planner Nadia Harsya melihat bahwa dengan adanya kenaikan tarif PPN, manajemen keuangan dan menjadi smart shopper merupakan hal penting dalam berbelanja.

Dia kemudian memberikan tips agar belanja tetap hemat."Pertama, buat estimasi budget dan list kebutuhan berbelanja, kemudian patuhi itu. Hanya berbelanja apa yang ada di list dan jangan sampai melewati budget yang sudah ditentukan," kata Nadia melalui siaran pers pada Kamis.

Kemudian, Nadia menyarankan untuk menghindari berbelanja di jam-jam atau situasi kritis, misalnya saat Anda merasa lapar. Menurut dia, perasaan lapar kadang-kadang akan membuat seseorang menjadi sangat impulsif ketika berbelanja.

Terakhir, menjadi smart shopper dengan membandingkan harga dan kualitas dari produk yang diinginkan."Kini, terdapat banyak sekali opsi untuk membeli barang, jadi perlu menjadi smart shopper dengan membandingkan untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga bersaing," ujar Nadia."Dengan itu, budget akan aman dan kebutuhan juga terpenuhi," imbuhnya.

Salah satu ritel perlengkapan rumah tangga MR.DIY turut memberikan solusi berbelanja dengan harga hemat tanpa harus khawatir mengenai kenaikan harga atau menunggu cairnya Tunjangan Hari Raya (THR) untuk memenuhi kebutuhan bulan Ramadhan.

"'Always Low Prices' merupakan moto MR.DIY Indonesia agar konsumen di seluruh penjuru Indonesia bisa berbelanja hemat setiap hari tanpa perlu menunggu dikson," kata Sanny Hartono, Chief Operating Officer MR.DIY Indonesia.

Untuk semakin memeriahkan bulan Ramadhan ini, MR.DIY memiliki beberapa program menarik seperti promo diskon hingga 60 persen untuk lebih dari ratusan produk perlengkapan rumah tangga dan tambahan diskon hingga 30 persen dari beberapa mitra seperti Bank Mandiri, OVO, dan ShopeePay.


×