Sejumlah siswa penyandang disabilitas berjalan menuju masjid untuk mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Jalan Jend H Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu (13/4/2022). Pesantren Ramadhan yang diikuti o | REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

Lensa Ramadhan

Pesantren Ramadhan Bagi Penyandang Disabilitas

Memotivasi para siswa agar semakin mencintai pergi ke masjid.

Sejumlah siswa penyandang disabilitas netra membaca Alquran braille saat Pesantren Kilat Ramadhan di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Jalan Jend H Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu (13/4/2022). Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh sedikitnya 80 siswa penyandang disabilitas tersebut dalam rangka mengisi waktu luang di bulan suci Ramadhan dengan memperdalam dan meningkatkan ilmu agama.

photo
Sejumlah siswa penyandang disabilitas membaca Alquran saat Pesantren Kilat Ramadhan di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Jalan Jend H Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu (13/4/2022). (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

 

Pesantren yang digelar selama 30 hari selama bulan Ramadhan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, belajar serta membaca Alquran, ibadah, hafalan doa dan praktik pemulasaraan jenazah.

photo
Sejumlah siswa penyandang disabilitas rungu wicara membaca Alquran menggunakan bahasa isyarat saat Pesantren Kilat Ramadhan di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Jalan Jend H Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu (13/4/2022). (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Para siswa penyandang disabilitas itu didampingi oleh ustaz bersama pekerja sosial yang berkompeten dalam setiap kegiatannya.

photo
Sejumlah siswa penyandang disabilitas berjalan menuju masjid untuk mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Jalan Jend H Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu (13/4/2022).(REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Kepala UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Ester Miori Dewayan mengatakan, tujuan dari pesantren ini agar mampu memotivasi para siswa agar semakin mencintai pergi ke masjid. Dimana bulan Ramadhan adalah kesempatan emas bagi siapa saja untuk meningkatkan kualitas diri dengan memperbanyak berinteraksi dengan Kajian tersebut.

photo
Siswa penyandang disabilitas berwudhu sebelum mengikuti Pesantren Kilat Ramadhan di Pusat Pelayanan Sosial Griya Harapan Difabel Dinsos Jabar, Jalan Jend H Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu (13/4/2022). Pesantren Ramadhan yang diikuti oleh sedikitnya 80 siswa penyandang disabilitas tersebut dalam rangka mengisi waktu luang di bulan Ramadhan dengan memperdalam ilmu agama dengan membaca Alquran, ibadah, dan hafalan doa. Foto: Republika/Abdan Syakura - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.