Peserta vaksinasi antre saat mengikuti program Ayo Kudus Vaksinasi di Balai Desa Bulungcangkring, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2022). | ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.

Nasional

Selamatkan Lansia di Daerah Tujuan Pemudik

Vaksinasi digencarkan di daerah tujuan pemudik, khususnya bagi kelompok rentan seperti lansia.

JAKARTA -- Pemerintah memperkirakan akan ada 80 juta orang melaksanakan mudik Lebaran tahun ini. Untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19, pemerintah berupaya meningkatkan capaian vaksinasi di daerah keberangkatan pemudik.

Epidemiolog menyarankan agar vaksinasi digencarkan di daerah tujuan pemudik, khususnya bagi kelompok rentan seperti lansia. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, diperkirakan sebanyak 80 juta akan ‘balas dendam’ pulang ke kampung halaman lantaran sudah dua tahun mudik dilarang.

Karena itu, pihaknya menyiapkan skenario terbaik untuk memitigasi arus pergerakan masyarakat yang sangat besar tersebut. Salah satu upaya mitigasi itu adalah mempercepat program vaksinasi Covid-19 dosis lengkap dosis booster alias penguat selama bulan Ramadhan.

Dengan vaksinasi lengkap, kata Muhadjir, diharapkan pemudik dan sanak saudaranya di kampung halaman bisa terlindungi dari penularan virus korona.

"Vaksinasi ini memang diutamakan di wilayah-wilayah tempat pemberangkatan mudik seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan kota-kota besar di Jawa Timur. Termasuk kota luar Jawa seperti Medan, Makassar, dan sekitarnya," kata Muhadjir, Rabu (13/4).

Muhadjir pun berpesan agar masyarakat yang hendak mudik untuk menjalani vaksinasi lengkap terlebih dahulu. "Jangan sampai datang ke tempat mudik membawa oleh-oleh virus. Kita harapkan setelah Lebaran justru Covid-19 ini akan semakin turun dan kita akan memasuki masa endemi," ujar dia.

Kendati vaksinasi diutamakan di daerah keberangkatan pemudik, Muhadjir menyatakan vaksinasi juga disiapkan di daerah tujuan. Pelaksanaan vaksinasi di daerah tujuan pemudik itu digencarkan selama bulan Ramadhan ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sempat mengatakan, daerah tujuan favorit mudik Lebaran adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan di situs vaksin.kemenkes.go.id per 13 Aril 2022, tercatat capaian vaksinasi dosis kedua untuk lansia belum mencapai 70 persen di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sedangkan capaian vaksinasi dosis booster belum mencapai 20 persen di tiga daerah favorit tujuan mudik itu.

Di Jawa Tengah, tercatat 64,44 persen lansia yang menerima vaksin dosis dua dari target 3.408.940 orang. Sedangkan vaksin dosis booster baru diterima 492.892 lansia atau 13,39 dari target.

photo
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada peserta vaksinasi saat program Ayo Kudus Vaksinasi di Balai Desa Bulungcangkring, Jekulo, Kudus, Jawa Tengah, Kamis (24/3/2022). - (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/rwa.)

Di Jawa Timur lebih rendah lagi. Tercatat baru 58,87 persen lansia yang menerima vaksin dosis kedua dari target 4.335.549 orang. Sedangkan vaksin dosis booster baru diterima 383.573 lansia atau 8,85 persen dari target.

Capaian vaksinasi lansia di Jawa Barat lebih tinggi dibanding dua daerah sebelumnya. Tercatat sudah 76,24 persen lansia yang menerima vaksin dosis kedua dari target 3.408.940 orang. Sedangkan vaksin dosis booster sudah diterima 611.499 lansia atau 17,94 persen dari target.

Epidemiolog Dicky Budiman menjelaskan, kegiatan mudik Lebaran berpotensi mengakibatkan lonjakan kasus karena penerima vaksinasi booster secara nasional belum mencapai 50 persen dari populasi. Ketika lonjakan itu terjadi, para lansia yang belum divaksinasi lengkap dan booster itu lah yang paling rentan.

"Ini bisa menimbulkan dampak serius kepada kelompok rawan. Potensi fatalitas dan hunian rumah sakit bisa meningkat, khususnya pada wilayah yang cakupan vaksinasinya masih kecil ketika didatangi pemudik ini," ujar Dicky. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Julaibib: Dicibir Manusia, Dimuliakan Allah

Julaibib yang sering dihina manusia, tapi dimuliakan derajatnya di sisi Allah.

SELENGKAPNYA

Tiga Terminal Disiapkan Antisipasi Lonjakan Arus Mudik

Arus mudik diperkirakan meningkat pada Ramadhan kali ini.

SELENGKAPNYA

Jamaah Haji Daftar Awal Diutamakan Berangkat

Saudi mengumumkan jumlah jamaah haji dari luar negeri sebanyak 850 ribu.

SELENGKAPNYA