Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi istri Atalia Kamil berfoto bersama usai penyerahan zakat melalui Baznas Jabar di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/4/2022). Pembayaran Zakat Gubernur Jawa Barat tersebut diharapkan menjadi momentum | ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Kabar Ramadhan

Jokowi: Zakat Bantu Korban Pandemi

Baznas terus berinovasi dalam memberi kemudahan dan kenyamanan para muzaki.

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menunaikan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (12/4). Penyerahan Zakat Istana yang bertajuk "Nusantara Cinta Zakat" ini diikuti oleh Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, para menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala lembaga tinggi negara, direksi BUMN, pejabat kementerian/lembaga, dan kepala daerah. 

"Alhamdulillah, pada hari ini saya bersama dengan Bapak Wakil Presiden dan para pimpinan lembaga serta para menteri, para gubernur, bupati, dan wali kota bisa tetap berzakat di tengah pandemi," ujar Presiden dalam sambutannya.

Jokowi berharap dana zakat yang dihimpun oleh Baznas ini dapat digunakan untuk membantu masyarakat yang kesulitan akibat pandemi Covid-19. "Saya harapkan dana zakat ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya untuk membantu saudara-saudara kita, terutama yang mengalami kesulitan akibat pandemi Covid-19 dan juga membantu mengentaskan kemiskinan secara menyeluruh," kata Jokowi.

Berzakat merupakan kewajiban umat Islam untuk berbagi rezeki dan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat lainnya, utamanya kepada para mustahik. Dia menyebut, Baznas akan mengelola dana zakat secara profesional dan teratur, serta membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat. "Semoga zakat yang dikeluarkan akan menyempurnakan ibadah puasa kita dan menyempurnakan ketaatan kita kepada Allah SWT,” ujar Jokowi.

Jokowi dan Ma'ruf Amin memimpin penyerahan zakat fitrah kepada Baznas. Setelah itu, giliran sejumlah menteri dan undangan menyerahkan zakat yang dibantu oleh para petugas Baznas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Mereka di antaranya Menteri Koordinator (Menko) Politik Hukum dan HAM Mahfud MD, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Ketua Baznas Prof Noor Achmad mengapresiasi pemberian zakat yang dilakukan Presiden Jokowi beserta jajarannya. Menurut Noor, langkah ini menjadi teladan baik bagi masyarakat.

Noor menyebut Baznas terus berinovasi dalam memberi kemudahan dan kenyamanan para muzaki menunaikan zakatnya. Hal ini dilakukan demi mendorong peningkatan penghimpunan zakat, infak, dan sedekah agar dapat dirasakan manfaatnya oleh umat.

Jokowi menunaikan zakat ke Baznas melalui layanan kemudahan berzakat hanya dengan memindai QR code atau kode QR Baznas RI. “Ini merupakan upaya Baznas memberikan layanan zakat, infak, dan sedekah kepada para muzaki agar lebih mudah dan cepat," ujar Prof Noor.

Menurut Prof Noor, Baznas terus memberi kemudahan kepada masyarakat menunaikan zakatnya, salah satunya dengan cara digitalisasi. Terlebih, pada masa pandemi yang meminimalkan kontak langsung, jadi para muzaki dapat dengan tenang dan cepat dalam membayar zakat.

Baznas harus menyesuaikan diri dengan era digital sehingga hadir dan dekat dengan umat serta masyarakat. “Dengan begitu, Baznas menjadi tempat tujuan pertama para pembayar zakat," ujarnya.

Baznas akan terus memanfaatkan kanal-kanal digital untuk menggandeng para muzaki. Optimalisasi jaringan media sosial juga terus digenjot agar menjadi upaya jemput bola bagi zakat.

Saat ini, Baznas telah berkolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain, sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi augmented reality (AR).

Untuk mendukung berjalannya aneka aplikasi atau platform yang dikembangkan, Baznas memiliki sistem backbone yang disebut Simba, singkatan dari Sistem Informasi dan Manajemen Baznas. Sistem yang dikembangkan sejak 2012 ini berperan penting dalam pencatatan aktivitas pengelolaan ZIS secara nasional. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (jokowi)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.