Ilustrasi kegiatan Pesona Khazanah Ramadhan | AHMAD SUBAIDI/ANTARA FOTO

Kabar Ramadhan

NTB Gelar Pesona Khazanah Ramadhan

Pesantren Expo menjadi pembeda dalam Pesona Khazanah Ramadhan tahun ini.

MATARAM — Semarak Ramadhan terus digemakan di pelbagai daerah Indonesia. Di Nusa Tenggara Barat (NTB), pemerintah provinsi setempat mengadakan sejumlah agenda rutin pada bulan suci. Salah satunya adalah Pesona Khazanah Ramadhan 2022.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan, acara tersebut akan digelar selama dua pekan, mulai pada Jumat (15/4) mendatang. “Insya Allah, tanggal 15 April ini kegiatan dibuka sampai dengan 29 April 2022 atau selama dua pekan hingga malam takbiran,” kata dia kepada Antara di Mataram, Ahad (10/4).

Yusron menjelaskan, ada ada sejumlah kegiatan yang menjadi bagian dari Pesona Khazanah Ramadhan pada tahun ini. Di antaranya pameran pondok pesantren (Pesantren Expo), bazar, dan pesantren pelajar.

Kemudian, ada pula pertunjukan seni dan budaya Islam, pameran buku, serta dialog Islami. Tidak ketinggalan, pihaknya juga menyediakan pemberian takjil, buka puasa bersama, tadarus Alquran massal, serta kultum Subuh.

Pesona Khazanah Ramadhan kali ini diisi pelbagai kompetisi bagi para pelajar. Misalnya, lomba menghafal Alquran (tahfizul Qur’an), cerdas cermat, dan dai muda. Pada 10 hari terakhir Ramadhan pihaknya mengagendakan peringatan Nuzulul Qur’an. Adapun takbir massal menjadi acara puncak pada malam Lebaran.

Yusron berharap, Pesona Khazanah Ramadhan dapat berjalan dengan lancar sehingga destinasi wisata halal NTB dapat lebih dikenal khalayak luas. Penyelenggaraan semua kegiatan dalam acara tersebut akan dipusatkan di Masjid Raya Hubbul Wathan atau Islamic Center Mataram.

“Agar Islamic Center (IC) juga berkegiatan, tidak harus semuanya di dinas induk. Alhamdulillah, kolaborasi dengan Biro Kesra, UPTD Pengembangan Destinasi Unggulan Daerah yang mengelola IC,” kata Yusron.

Menurut dia, Pesantren Expo menjadi pembeda dalam Pesona Khazanah Ramadhan tahun ini. Setiap peserta pameran itu akan menampilkan keunggulan dari lembaga masing-masing. Dengan demikian, publik dapat melihat, NTB ternyata memiliki lembaga pendidikan Islam yang tidak kalah dengan provinsi-provinsi lainnya.

“Kali ini, kita undang ada 10 pondok. Ke depan, tentu bergiliran dan mudah-mudahan bisa lebih banyak lagi bila pandemi benar-benar berlalu,” ujar dia.

Safari Ramadhan

Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, NTB, menggelar program Safari Ramadhan selama 12 malam. Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Tengah Lalu Firman Wijaya mengatakan, rangkaian kegiatan itu dimulai sejak Ahad (10/4) hingga Jumat (22/4) pekan mendatang.

“Safari Ramadhan ini momentum memberikan semangat kepada masyarakat untuk bisa mengambil peluang pasar dari program yang dilaksanakan pemerintah daerah,” ujar Lalu Firman.

Menurut dia, kegiatan rutin tahunan itu tidak hanya bertujuan menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Pada kesempatan ini, Safari Ramadhan diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal.

“Safari Ramadhan ini akan dilaksanakan di 12 kecamatan di Lombok Tengah,” kata Firman.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.