Kendaraan melintas di Tol Trans Sumatera Ruas Binjai - Langsa Seksi 1 (Tol Binjai-Stabat), Stabat, Langkat, Sumatra Utara, Jumat (1/4/2022). | ANTARA FOTO/Fransisco Carolio

Nasional

Jalan Tol Siap Dipakai Mudik

Kemenhub dan PUPR diminta lebih berkoordinasi untuk meminimalisir angka kecelakaan.

JAKARTA — Rapat skenario rekayasa lalu lintas saat masa mudik Lebaran Idul Fitri 2022 digelar Ahad (10/4/2022). Kepala Badan Pengelolaan Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, sepanjang 2.500 km jalan tol akan dioperasikan selama periode mudik Lebaran tahun ini.

“Mulai H-10 masa mudik, tidak ada jalan tol yang berlubang dan konstruksi di jalan tol yang dapat mengganggu mobilitas masyarakat,” kata Danang, Ahad.

Dia memastikan nantinya pintu Tol Palimanan juga akan dilakukan penyesuaian. Saat ini sudah dibahas untuk tidak memfungsikan Gate Palimanan sehingga tidak ada antrean di lokasi tersebut.

Sekretaris BPJT Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan, Jalan Tol Jakarta-Merak secara prinsip dalam kondisi baik. Hanya ada satu titik yaitu Jembatan Ciujung kilometer 57 ruas Tangerang-Merak sedang ada pelebaran.

Lalu untuk jalur mudik Lampung-Palembang, Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi, yaitu ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,41 kilometer. Begitu juga dengan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189,40 kilometer dan Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-Simpang Kramasan) sepanjang 37,62 kilometer.

photo
Kendaraan melintas di gerbang tol stabat Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Binjai - Langsa Seksi 1 (Tol Binjai-Stabat), Stabat, Langkat, Sumatra Utara, Jumat (1/4/2022). - (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

“Sepanjang tol dari Lampung hingga Palembang, memang masih ada beberapa ruas dalam perbaikan. Kami mengupayakan semaksimal mungkin ruas-ruas tersebut mudah-mudahan akan diselesaikan pada 15 April 2020,” kata Triono.

Berdasarkan hasil survei Balitbang Kemenhub, sejumlah daerah yang paling krusial pada masa mudik tahun ini yakni daerah asal terbanyak dari Jawa Timur 14,6 juta orang, Jabodetabek 14,3 juta orang, dan Jawa Tengah 12,1 juta orang.

Serta daerah tujuan terbanyak ke daerah Jawa Tengah 23,5 juta orang, Jawa Timur 16,8 juta orang, dan Jawa Barat 14,7 juta orang. Untuk arus puncak diprediksi terjadi pada 29-30 April 2022. Sementara arus balik diprediksi akan terjadi pada 8 Mei 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik. Budi menjelaskan, rekayasa ini terkait penerapan sistem satu arah atau one way, contra flow, buka tutup jalur, pengalihan jalur, ganjil-genap, dan rekayasa lalu lintas lainnya.

“Dengan animo masyarakat yang tinggi untuk mudik, kita ingin mengatur perjalalan mudik yang aman dan sehat. Kelancaran, keselamatan, dan disiplin protokol kesehatan menjadi keharusan,” kata Budi.

Anggota Komisi V DPR Toriq Hidayat meminta agar Kemenhub lebih bersinergi dengan Kementerian PUPR untuk meningkatkan kemantapan jalan untuk ruas arus mudik Lebaran. Toriq menyebutkan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR memprediksi tingkat kemantapan jalan mengalami penurunan 1,09 persen pada 2022.

Di sisi lain, ujar dia, hasil survei Kemenhub menyatakan ada 36,17 juta orang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor tahun ini. Ia mengingatkan kondisi penurunan tingkat kemantapan jalan dapat berkontribusi pada kenaikan jumlah kasus kecelakaan.

"Bila angka-angka prediksi di atas tidak segera diantisipasi dengan memperbaiki tingkat kemantapan jalan terutama yang dilalui oleh pemudik. Maka potensi kenaikan angka kecelakaan akibat jalan rusak akan bertambah," kata Toriq.

Gerai vaksinasi

Kemenhub juga meminta Dinas Perhubungan di daerah untuk menyediakan fasilitas seperti gerak vaksinasi dan tempat tes usap antigen. Di Jakarta, misalnya, seperti di Terminal Pulogebang, bagi pemudik yang belum memenuhi syarat untuk melakukan perjalanan.

photo
Kendaraan melintas di Jalan Tol Dalam Kota, kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (1/4/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

“Jadi, saya minta kepada Kadishub dan kepala terminal, mohon disediakan gerai vaksinasi dan tempat tes antigen, agar semua masyarakat dapat kita bantu untuk melakukan perjalanan," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi.

Perkembangan kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir mengalami penurunan. Berdasarkan data dari Satgas Covid-19, jumlah kasus baru terbanyak dalam sepekan terakhir tercatat pada 6 April 2022 dengan 2.400 kasus. Kemudian menurun menjadi 2.089 kasus pada 7 April, 1.755 kasus pada 8 April dan 1.468 kasus pada 9 April. Pada Ahad (10/4), tercatat ada 1.071 kasus.

Sementara, Polresta Cirebon, Jawa Barat menggencarkan vaksinasi penguat atau dosis ketiga bagi masyarakat di terminal setempat. "Kami sasar masyarakat yang berada di Terminal Sumber, untuk vaksinasi penguat," kata Kanit Regident Satlantas Polresta Cirebon AKP Asep Nugraha.

Menurutnya, dipilihnya Terminal Sumber sebagai salah satu tempat vaksinasi, karena disinggahi warga dari berbagai daerah. Sehingga terminal ini dinilai tepat untuk menjalankan program pemerintah.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Persiapan Haji Dikebut

Jamaah berusia di atas 65 tahun belum bisa diberangkatkan haji tahun ini.

SELENGKAPNYA

Jokowi Pastikan Pemilu 2024

Jokowi meminta agar anggaran penyelenggaraan pemilu dan pilkada serentak 2024 segera diputuskan.

SELENGKAPNYA

Kolak Sultan

Kenikmatan itu bisa datang dari kolak makanan pinggir jalan yang harganya tak seberapa.

SELENGKAPNYA