Anak menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Masjid Agung Sunda Kelapa kembali menggelar buka puasa bersama selama Ramadhan 1443 Hijriah, setelah dua tahun vakum akibat pandemi Covid19. Republika/Thoudy Badai | Republika/Thoudy Badai

Kabar Ramadhan

Masjid Bagikan Takjil Gratis Selama Ramadhan

Dewan Masjid Indonesia membagikan 300 paket iftar kepada setiap pengguna jalan yang melintas di depan Sekretariat PW Sulteng

PALU -- Pembagian menu berbuka puasa gratis banyak dilakukan selama Ramadhan. Tak terkecuali oleh pihak masjid. Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah, misalnya. Mereka menyediakan paket makanan buka puasa gratis untuk masyarakat di beberapa masjid setiap hari selama Ramadhan tahun ini. 

Menurut Ketua Umum PW DMI Provinsi Sulteng Ahmad M Ali, DMI adalah rumah besar umat Islam yang ada di Sulteng. "Kami siapkan, siapa saja yang mau datang buka puasa bersama DMI, silakan," ujar Ketua Umum PW DMI Provinsi Sulteng, Ahmad M Ali, di Palu, Rabu (6/4).

Ahmad mengatakan, Ramadhan menjadi tepat untuk memperbanyak kebaikan dan meningkatkan hubungan kemanusiaan lewat berbagai peran masing-masing. DMI membagikan kurang lebih 300 paket makanan buka puasa kepada setiap pengguna jalan yang melintas di depan Sekretariat PW DMI Sulteng di Jalan Balai Kota Utara. Pembagian paket itu telah berlangsung sejak Senin (4/4).

photo
Warga menerima takjil dari aktivis Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulawesi Tengah di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (6/4/2022). DMI Sulteng menyediakan sedikitnya 300 paket takjil gratis untuk dibagikan kepada warga yang dalam perjalanan termasuk makanan buka puasa bersama. - (ANTARA FOTO/Basri Marzuki/rwa.)

Sekretaris Umum PW DMI Sulteng, Muchtar Ibnu Masud, mengatakan, selain mengadakan buka puasa gratis, DMI juga menggelar donor darah selama Ramadhan yang berlangsung di sekretariat PW DMI Sulteng. “Kami targetkan setiap hari ada 50 kantong darah yang terkumpul, donor darah ini kerja sama PMI Provinsi Sulteng," ujar Muchtar.

 

Kegiatan bagi-bagi menu berbuka puasa atau takjil juga dilakukan pengurus takmir Masjid Agung Baiturrahman Kabupaten Biak Numfor, Papua. Setiap hari, mereka menyediakan sebanyak 150 hingga 200 paket makanan takjil untuk berbuka puasa bersama selama Ramadhan.

Ketua Badan Kesejahteraan Masjid Agung Baiturrahman Biak, Andi Firman Madjadi, mengatakan, penyediaan paket takjil buka puasa merupakan salah satu program dalam menyemarakkan Ramadhan 1443 Hijriyah.

Hidangan paket makanan takjil buka puasa disiapkan sejak pukul 17.00 WIT. “Ini merupakan kepedulian dari takmir masjid untuk memenuhi kebutuhan jamaah selama Ramadhan," ujar Andi.

Setiap hari, lebih dari 100 jamaah Muslim dari berbagai kampung atau kelurahan di Biak mengikuti kegiatan buka puasa bersama. Jamaah yang hadir dalam buka puasa bersama diminta tetap memperhatikan prokol kesehatan.

“Harus pakai masker dan mencuci tangan dengan sabun yang disediakan di tempat wudhu masjid," ujarnya.

photo
Petugas membagikan takjil Bubur Samin Banjar kepada warga di halaman Masjid Darussalam, Solo, Jawa Tengah, Minggu (3/4/2022). Tradisi membagikan Bubur Samin secara gratis setiap jelang buka puasa tersebut dimulai oleh komunitas warga keturunan Banjarmasin di Solo sejak tahun 1985 dan menyediakan 1.300 porsi per harinya. - (ANTARAFOTO/Maulana Surya/YU)

Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, para pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin memberdayakan pelaku UKM dengan menggelar Pasar Ramadhan untuk menyiapkan aneka menu masakan untuk berbuka puasa. Ketua Pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin, Arif Budiman, mengatakan, pasar Ramadhan ini merupakan bagian dari pilar ekonomi dari empat pilar atau syiar program Masjid Al-Muhajirin, yakni pilar dakwah, pendidikan, ekonomi, dan sosial atau keumatan.

Pasar Ramadhan 1443 Hijriyah ini baru pertama kalinya di gelar oleh pengurus masjid. Salah satu tujuannya adalah memberdayakan kembali industri rumah tangga yang lama vakum akibat pandemi. Pihak masjid juga ingin mendekatkan pelaku usaha sekaligus pembeli dengan masjid.

"Kami tetap meminta pelaku usaha dan pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan," kata Arif. 

Pasar Ramadhan yang rencananya digelar selama Ramadhan 1443 Hijriyah ini menyajikan aneka menu masakan dan minuman khas daerah. Pasar Ramadhan yang digelar di halaman masjid di Jalan HKSN ini diikuti sekitar 14 pelaku usaha industri rumah tangga digelar mulai pukul 14.00 hingga 18.00 WITA.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.