Pekerja menyelesaikan pembuatan lamang tapai di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022). Makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan dan santan tersebut merupakan penganan khas Sumatera Barat. Proses memasak lamang tapai terbilang unik dengan meng | Republika/Thoudy Badai

Lensa Ramadhan

Potret Pembuatan Lemang Tapai

Mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat pada bulan suci Ramadhan

Lamang tapai menjadi salah satu makanan tradisional yang sering dijumpai saat bulan suci Ramadhan, hal tersebut diakui oleh salah satu pedagang lamang tapai di kawasan Senen.

photo
Pekerja menyelesaikan pembuatan lamang tapai di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022). Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Makanan yang terbuat dari bahan dasar ketan dan santan tersebut merupakan penganan khas Sumatera Barat.

photo
Pekerja menyelesaikan pembuatan lamang tapai di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022).  Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

 

Proses memasak lamang tapai terbilang unik dengan menggunakan kayu sebagai bahan pembakar dan cetakan bambu yang dilapisi daun pisang diisi bahan dasar lamang tapai. 

photo
Pekerja menyelesaikan pembuatan lamang tapai di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022). Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Permintaan lemang mengalami peningkatan hingga 3 kali lipat pada bulan suci Ramadhan kali ini atau 300 buah dalam sehari dan jika hari biasa jumlah pesanan sekitar 100 buah .

photo
Pekerja menyelesaikan pembuatan lamang tapai di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022). (Republika/Thoudy Badai)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.