Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) naik KA Pangrango saat meninjau persiapan pengoperasian kembali KA rute Bogor-Sukabumi di Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/4/2022). Kementerian Perhubungan kembali aka | ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU

Bodetabek

KA Bogor-Sukabumi Kembali Beroperasi Pekan Depan

Stasiun Batutulis dan Cicurug akan dikembangkan menjadi destinasi wisata sejarah.

BOGOR — Kereta api jurusan Bogor-Sukabumi dipastikan bisa mulai kembali beroperasi pada pekan depan. Hal itu setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan inspeksi jalur ganda atau double track rel kereta Bogor-Sukabumi pada Ahad (3/4).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, inspeksi itu dilakukan dalam rangka memenuhi perintah Presiden RI Joko Widodo. Kegiatan itu antara lain untuk memastikan konektivitas yang vital di jalur ganda rel kereta.

“Dan kami minta maaf selama delapan bulan, kereta api tidak beroperasi. Atas inspeksi ini, kita bisa pastikan akhir pekan ini masyarakatnya Pak Wali Kota Bogor sudah bisa jalan-jalan ke Sukabumi,” kata Budi ketika ditemui Republika di Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Ahad (3/4).

photo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) berbincang bersama Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri (tengah) dan Wali Kota Bogor Bima Arya (kiri) saat naik KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ahad (3/4/2022). Kementerian Perhubungan kembali akan mengoperasikan KA Pangrango rute Bogor-Sukabumi pada 10 April 2022 setelah selama delapan bulan berhenti sementara karena pembangunan jalur ganda di rute tersebut. - ( ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU)

Budi menjelaskan, perjalanan KA dari Bogor ke Sukabumi secara ekonomi melayani banyak masyarakat dan barang. Oleh karena itu, Kemenhub melakukan upaya rekayasa konstruksi untuk mengurangi ketinggian dan membuat jalur ganda antara Bogor menuju Cicurug. Rekayasa itu agar waktu tempuh kereta lebih cepat dan kapasitas penumpang yang lebih banyak.

“Apa gunanya? Gunanya agar kapasitas dari kereta itu bertambah. Dari lima, enam, menjadi delapan. Dan kecepatannya meningkat, tadinya lebih dari 100 menit menjadi 80 menit,” ujarnya.

Selain itu, Budi mengatakan, pihaknya telah berdiskusi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi terkait kawasan bersejarah di Stasiun Batutulis dan Cicurug. Ke depan, akan ada pengembangan stasiun menjadi lebih menarik dan memiliki konten wisata.

“Sehingga baik masyarakat Jakarta bahkan Bogor dan Sukabumi bisa menikmati stasiun ini. Dan juga memberikan kesempatan bagi seniman Cicurug,” ujar Budi.

Sementara, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku telah menerima saran dari Menhub untuk segera membuka jalur Bogor-Sukabumi pekan depan. Hal itu pun akan segera disosialisasikannya kepada warga Kota Bogor, meski operasional kereta Bogor-Sukabumi belum berjalan langsung di dua jalur.

Arti penting

Lebih lanjut, Bima Arya pun berterima kasih kepada Kemenhub yang telah membuka jalur Bogor-Sukabumi. Sebab, menurut dia, ada dua arti penting di jalur ini.

Pertama, kata dia, Bogor-Sukabumi memiliki hubungan kekerabatan dengan banyak pertalian persaudaraan, keluarga antara Bogor-Sukabumi sehingga lalu lintas di jalur itu sangat intens.

Kedua, dalam arti ekonomi, Bima Arya menyebutkan, banyak usaha dagang dan pekerjaan perkantoran yang terhubung antara Bogor dan Sukabumi. Sehingga, dia meyakini, dibukanya jalur Bogor-Sukabumi disambut baik oleh warga.

photo
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Wali Kota Bogor Bima Arya (ketiga kiri) berbincang dengan penumpang saat meninjau persiapan pengoperasian kembali KA Bogor-Sukabumi di Stasiun Paledang, Bogor, Jawa Barat, Ahad (3/4/2022). - (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/YU)

“Nah, kali ini Pak Menteri mengambil langkah yang saya kira sangat luar biasa. Mengembangkan dimensi yang ketiga, yaitu dimensi wisata dikaitkan dengan heritage atau kesejarahan,” ujarnya.

Bima Arya menyebutkan, ada titik-titik yang sangat prospektif di Kota Bogor dan Sukabumi yang coba dirangkai oleh Menhub lewat jalur kereta ini. Hal itu, misalnya, Pemkot Bogor tengah mengembangkan destinasi Batutulis. Pengembangan destinasi itu, kata Bima Arya, terkait dengan wisata kesejarahan yang bisa diintegrasikan dengan konsep penataan stasiun.

“Tidak hanya Bogor-Sukabumi akan semakin terkoneksi dalam arti sosial, tapi juga dalam arti ekonomi tadi yang ujungnya tentu akan menambah pendapatan asli daerah (PAD), baik di Kota Bogor maupun Sukabumi,” ujarnya. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Lembaran Hidup Sang Pengacara Masjid

Tak banyak orang menekuni profesi pengacara masjid.

SELENGKAPNYA

Membongkar Kampung Narkoba di Tepi Laut Jakarta

Kampung Narkoba semakin meresahkan masyarakat.

SELENGKAPNYA

Cara Mulai Puasa Ramadhan

Terlepas perbedaan memulai puasa Ramadhan, yang jelas dalam satu negara diutamakan persatuan.

SELENGKAPNYA