Ilustrasi Polwan membina masyarakat pada Ramadhan | ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin

Kabar Ramadhan

Polwan Salatiga Semarakkan Ramadhan Lewat Rebana

Ramadhan menjadi momentum untuk polwan membina masyarakat.

SEMARANG — Belasan anggota polisi wanita (polwan) lintas satuan di lingkungan Polres Salatiga kerap berlatih lantunan beragam lagu gambus sejak dua kepan terakhir di Masjid Sunan Kalijaga, Kompleks Mapolres Salatiga, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Para polwan tersebut berlatih rebana lebih intensif untuk menyemarakkan Ramadhan. 

“Dalam sepekan, anggota Polwan Polres Salatiga berlatih seni rebana dua kali,” ujar koordinator kegiatan, Kasat Binmas Polres Salatiga AKP Ririh Widiastuti saat berbincang dengan Republika di Masjid Sunan Kalijaga, Jumat (1/4).

Untuk melatih kesenian rebana para anggota polwan ini, jelasnya, Polres Salatiga mendatangkan instruktur khusus kesenian rebana dari takmir Masjid Raya Darul Amal, Kota Salatiga. Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya untuk memperkuat kembali bebagai kegiatan religi anggota polwan di lingkungan Polres Salatiga. “Dalam hal ini melalui kegiatan seni Islami,” jelas dia. 

Kapolres Salatiga, AKBP Indra Mardiana menambahkan, kesenian reban para anggota polwan Polres Salatiga merupakan kegiatan rutin yang ditingkatkan dalam menghadapi bulan suci Ramadhan. Selain itu, dia menjelaskan, anggota Polwan Polres Salatiga difungsikan untuk mendukung pengamanan di masjid- masjid yang melaksanakan  ibadah sholat Jumat di Kota Salatiga.

“Artinya, saat hari Jumat para Polwan --baik dari Polres maupun Polsek-- difungsikan sementara untuk menggantikan peran petugas keamanan (polisi pria) atau bahkan juru parkir masjid setempat yang akan menunaikan ibadah sholat Jumat,” jelas dia.

Indra mengungkapkan, sebelumnya kesenian rebana ini sudah dirintis sejak tujuh bulan lalu oleh Polres Salatiga. Para polwan pun sudah beberapa kali tampil pada HUT Polwan beberapa waktu lalu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Polres Salatiga (salatigapolres)

Maka sejak beberapa pekan lalu kegatan latihan kesenaian rebana ini juga kembali ditingkatkan dengan menambah jumlah pertemuan (latihan) menjelang Ramadhan kali ini. Menurut dia, ada 15 orang anggota polwan Polres Salatiga yang dilatih kesenian rebana ini.

“Ini merupakan Kegiatan positif yang kita dorong untuk para anggota polwan Polres Salatiga, terlebih menjelang Ramadhan,” tambah dia.

Kapolres menjelaskan, selain kegiatan rutin melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat --di bulan suci Ramadhan ini-- para polwan juga mengikuti kegiatan rutin berlatih kesenian rebana.

 

Dengan adanya kegiatan yang positif di bulan Ramadhan, anggota polwan Polres Salatiga juga memiliki keterampilan seni religi yang bermanfaat tidak hanya di lingkungan Polres Salatiga, tapi juga di tengah-tengah masyarakat.

“Terlebih pada bulan Ramadhan juga ada persitiwa penting yang selalu diperingati, seperti turunnya Alquran atau Nuzulul Quran, sehingga para polwan dapat ikut meramaikan dengan kesenian rebana,” tegas dia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.