Suasana shalat Tarawih di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Ahad (3/4/2022). | Haramain Info

Kabar Ramadhan

Tanah Suci Dipadati Jamaah

Kepadatan jamaah umrah sudah terlihat mulai dari bandara

JAKARTA — Jamaah dari berbagai penjuru dunia telah memadati kota suci Makkah dan Madinah di Arab Saudi untuk beribadah umrah pada awal Ramadhan 1443 Hijriyah. Plt Sekretaris Jenderal Afiliasi Mandiri Penyelenggara Umroh Haji (Ampuh) Tri Winarto yang saat ini berada di Tanah Suci menjelaskan, jamaah umrah juga berasal dari Indonesia.

"Marhaban ya Ramadhan. Umat Islam seluruh dunia terus berdatangan ke Tanah Suci Makkah maupun Madinah tak terkecuali jamaah Indonesia," kata Tri Winarto berbagi pengalaman puasa pertama di Tanah Suci kepada Republika, di Jakarta, Ahad (3/4).

Di menceritakan, kepadatan sudah terlihat mulai dari bandara. Semua maskapai penerbangan yang khusus membawa jamaah umrah terlihat penuh. Berbagai maskapai penerbangan dari Indonesia dipenuhi para jamaah. Pesawat mendarat di Jeddah atau Madinah untuk menjalankan ibadah umrah. 

Kondisi ini tak terlihat pada dua tahun belakangan mengingat Arab Saudi sempat menutup pintu kedatangan internasional, termasuk bagi mereka yang hendak umrah. Kebijakan tersebut merupakan upaya Kerajaan Saudi untuk memutus mata rantai Pandemi Covid-19 yang terjadi di berbagai negara.

"Kepadatan luar biasa pada high season umrah di bulan Ramadhan tampak jelas ketika jamaah umrah sudah memulai kegiatannya di Kota Madinah maupun Kota Makkah," kata dia.

photo
Suasana shalat Tarawih di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Ahad (3/4/2022). - (Haramain Info)

Tri mengatakan, Arab Saudi memulai puasa Ramadhan pada Sabtu (2/3). Awal puasa ini sama dengan masyarakat Muhammadiyah di Indonesia. Karena itu, dia mengungkapkan, pada Jumat malam terlihat jelas ada peningkatan aktivitas yang luar biasa padat di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram. Para jamaah dengan khusyuk melaksanakan Shalat Tarawih di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. 

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Asrorun Niam Sholeh yang sedang menunaikan ibadah umrah di Madinah menjelaskan, kaum Muslimin yang berada di Saudi memulai puasa dengan ketetapan rukyatul hilal pemerintah setempat. Metode dan praktik penetapannya sama dengan di Indonesia.

“Hanya saja seluruh umat Islam mengikuti keputusan pemerintah,” jelas Asrorun yang membagikan pengalamannya kepada Republika lewat keterangan tertulis.

Menurut dia, pelaksanaan shalat jamaah di Masjid Nabawi sudah kembali normal. Shaf jamaah sudah dirapatkan dengan daya tampung maksimal. Meski demikian, jamaah tetap diimbau untuk memakai masker sebagai ikhtiar terhindar dari virus Covid-19.

Asrorun menceritakan, untuk berkunjung ke tempat mustajab seperti Raudhah (yang dalam setiap kesempatan menjadi fokus jamaah sehingga membeludak) diberlakukan model pendaftaran melalui aplikasi. Jamaah pun mesti mengantre demi menjaga ketertiban. Jamaah terlihat rapi, tertib bergantian shalat di taman-taman surga itu.

Saat azan, shalat jamaah, dan Shalat Tarawih dilaksanakan, pihak masjid menggunakan pengeras suara luar dengan jangkauan yang sangat luas sehingga syiarnya sangat terasa. Masyarakat sekitar menyesuaikan, kata Asrorun, bukan meminta untuk dikecilkan.

Para pedagang dan pelaku usaha pun menutup toko dan menghentikan aktivitas usahanya untuk sementara waktu. Tidak ada restoran yang ngotot minta buka dengan alasan ada orang yang tidak berpuasa. "Tanpa merasa terganggu, bahkan menikmati Ramadhan yang syahdu," kata Asrorun.

Izin umrah

Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi sudah mengeluarkan 23 juta izin umrah sejak awal pintu umrah dibuka. Juru Bicara Layanan Haji dan Umrah Hisyam Al-Saeed mengatakan, warga, penduduk, dan pengunjung yang datang dari luar Saudi bisa mendapatkan izin umrah selama bulan suci Ramadhan. Izin umrah masih tersedia bagi jamaah yang ingin memesan.

Al-Saeed mencatat, jumlah orang yang ingin melakukan umrah sangat besar, khususnya setelah pengumuman Raja Salman mengizinkan penggunaan kapasitas penuh dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Pengumuman ini muncul setelah Kerajaan mencabut aturan pencegahan dan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran pandemi.

photo
Suasana shalat Tarawih di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Ahad (3/4/2022). - (Haramain Info)

"Kami siap untuk jumlah berapa pun," ujar dia. 

Pasukan Khusus Pengamanan Haji dan Umrah, Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjidil Haram, dan Kementerian Haji dan Umrah yang diwakili oleh staf lapangan, berkoordinasi untuk mempersiapkan dua masjid suci. Mereka menyambut jamaah umrah yang telah mendapat izin tersebut.

Dia mencatat, ada 56 negara telah mendapatkan layanan penerbitan izin umrah sebelum memasuki Saudi hingga saat ini. Para petugas membantu mereka yang ingin melakukan umrah.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mutiara Ramadhan

Sesungguhnya di dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada Hari Kiamat orang-orang yang berpuasa masuk ke surga melalui pintu tersebut... HR ALBUKHARI No.1896

HIKMAH RAMADHAN

Image

Memahami Makna Ramadhan

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.
Oleh

Ramadhan hadir untuk membakar dosa-dosa para hamba Allah.