Warga melakukan transkasi menggunakan mesin ATM Himpunan Bank-Bank Milik Ngara (Himbara) di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Ahad (9/10). Sebanyak 10 ribu mesin ATM dari empat bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan terintegrasi menjadi | Republika/Agung Supriyanto

Ekonomi

Himbara Bidik Kredit di Sektor Mamin

Himbara memandang, sektor industri yang menjadi sasaran penyaluran kredit cukup beragam

JAKARTA — Bank Himpunan Milik Negara (Himbara) membidik sektor makanan dan minuman (mamin) dalam menyalurkan kredit korporasi pada tahun ini. Hal ini sejalan dengan masa pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung akibat pandemi Covid-19.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi AS Aturridha mengatakan, perseroan berupaya mendorong pertumbuhan bisnis, terutama sektor-sektor yang mengalami pertumbuhan, seperti perkebunan, industri makanan dan minuman, telekomunikasi, dan berbagai sektor yang sesuai dengan risk appetite perseroan.

“Pada 2022, Bank Mandiri memproyeksi kredit tumbuh delapan persen dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian,” kata Rudi ketika dihubungi Republika di Jakarta, Rabu (30/3).

Pada Februari 2022, penyaluran kredit korporasi sebesar Rp 337,2 triliun atau naik 9,29 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk juga membidik sektor mamin, konstruksi, dan industri pengolahan. Perusahaan dengan kode saham BBNI itu juga fokus menyalurkan kredit segmen hijau untuk mendukung ekonomi berkelanjutan. Sekretaris Perusahaan BNI Mucharom mengatakan, penyaluran kredit sektor korporasi BNI tumbuh positif pada awal tahun ini. 

“Banyak nasabah yang telah mengawali awal tahun dengan investasi dan peningkatan kembali kapasitas produksi yang akhirnya meningkatkan permintaan kredit,” ujar Mucharom.

Awal tahun ini, kata Mucharom, sektor industri yang menjadi sasaran penyaluran kredit cukup beragam. “Beberapa diantaranya industri pengolahan, konstruksi dan makanan minuman,” ujar Mucharom.

Sepanjang 2021, BNI telah menyalurkan kredit korporasi sebesar Rp 287,4 triliun atau naik 3,5 persen secara year on year (yoy). Segmen korporasi swasta memberikan kontribusi terbesar senilai Rp 180,4 triliun.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) optimistis pada tahun ini perseroan menyalurkan kredit dapat tumbuh lebih baik dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu. Perseroan menargetkan hingga akhir tahun ini, kredit dapat tumbuh sembilan persen sampai 11 persen. 

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan ada dua strategi BRI untuk memberdayakan dan mengembangkan segmen usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pertama, menaikkelaskan nasabah existing, dengan melakukan berbagai program edukasi dan pendampingan. 

Kedua, menyasar segmen yang lebih kecil, yakni ultramikro sebagai pertumbuhan baru. Dengan go smaller, go shorter, go faster, BRI akan mampu menyasar segmen yang lebih kecil, dengan proses yang lebih cepat dan efisien dengan adanya digitalisasi. 

“Dengan strategi tersebut perseroan dapat melayani masyarakat sebanyak mungkin dengan harga semurah mungkin. Hal tersebut dapat dicapai dengan digitalisasi layanan perbankan sehingga semua akan menjadi lebih cepat dan efisien,” kata Aestika.

“Strateginya yakni dengan selective growth dengan fokus pertumbuhan pada segmen UMKM dan ultramikro. Fokus penyaluran kredit BRI. Ke depan, segmen UMKM, khususnya sektor pertanian, industri pengolahan, perdagangan, aktivitas jasa keuangan, real estate, aktivitas kesehatan, dan kesenian hiburan,” ujar Aestika. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Produsen Berjanji Penuhi Kebutuhan Minyak Goreng Curah

Pasokan minyak goreng menurun drastis setelah pencabutan DMO.

SELENGKAPNYA

RI Dorong Pembangunan Infrastruktur untuk Pemulihan Global

Sebagai tuan rumah G20, penyediaan infrastruktur di sektor informasi dan teknologi menjadi hal utama.

SELENGKAPNYA

BUMN Transportasi Prediksi Kenaikan Pemudik 

Persiapan mudik DAMRI secara keseluruhan sedang dalam proses persiapan armada untuk dilakukan rampcheck.

SELENGKAPNYA