Pakar otomotif Fitra Eri menunjukkan Wuling Cortez | Youtube

Otomotif

31 Mar 2022, 11:25 WIB

Wuling Cortez Kini Dilengkapi Internet of Vehicle

Wuling Cortez memiliki pasar tersendiri di Indonesia

Wuling resmi meluncurkan New Cortez yang hadir dengan sejumlah penambahan fitur. Vice President Wuling Motors Han Dehong mengatakan, sejumlah fitur baru yang dihadirkan dalam New Cortez adalah Wuling Indonesian Command (WIND) dan internet of vehicle (IoV).

"Berkat dua inovasi ini, New Cortez bisa dikatakan sebagai pionir smart MPV," kata Han Dehong dalam peluncuran New Cortez, pekan lalu. Dengan kedua fitur itu, pengguna New Cortez bisa dimudahkan dengan voice command serta koneksi antara smartphone dan mobil.

Fitur IoV mencakup vehicle remote control, bluetooth key, vehicle positioning, dan geo-fencing security. Lewat koneksi ini, pengendara dapat menghidupkan mesin, mendinginkan kabin, juga membuka pintu dan jendela lewat smartphone.

Dari beragam fitur IoV itu, salah satu yang paling menonjol adalah vehicle positioning dan geo-fencing security. Ini karena mampu menginformasikan lokasi kendaraan serta memasang pagar pengaman elektronik dengan batasan radius tertentu.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, geo fencing berfungsi sebagai "pagar elektronik". "Artinya, jika kendaraan keluar dari radius yang ditetapkan, notifikasi akan dikirimkan ke smartphone pengguna," kata Danang.

Dia menjelaskan, WIND merupakan fitur voice command cerdas dengan menggunakan bahasa Indonesia. Dengan fitur ini, pengendara bisa menyalakan, mematikan, atau mengoperasikan beragam fitur kendaraan lewat perintah suara.

Sejumlah fungsi yang bisa diakses lewat WIND adalah pendingin udara, jendela, sunroof, akses fitur hiburan, seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon, dan menjalankan aplikasi.

"Kami mengaplikasikan bahasa Indonesia pada WIND untuk memberikan kemudahan bagi setiap konsumen untuk fitur perintah suara. Bahkan, beberapa perintah menggunakan kalimat sehari-hari yang sederhana. Misalnya,  "nyalakan radio" dan "saya kepanasan" yang dapat menurunkan suhu AC secara otomatis," ujarnya.

Agar penumpang belakang makin nyaman maka mobil dengan mesin 1,5 liter turbo 140 daya kuda ini juga dibekali dengan multipurpose seat tray. Sehingga, penumpang belakang bisa lebih dimudahkan saat menggunakan laptop atau saat makan dan minum.

Mobil ini pun dibekali dengan sejumlah fitur keamanan. Seperti rear parking camera, front & rear parking sensor, seat belt reminder, hill hold control (HHC), auto vehicle holding (AVH), electronic stability control (ESC), electric parking brake (EPB), tyre pressure monitoring system (TPMS), emergency stop signal (ESS), dan anti fatigue warning.

Mobil yang dihadirkan dalam dua varian, yakni CE dan EX ini dipasarkan dengan harga Rp 287,3 juta dan Rp 325,6 juta. Tapi, karena kendaraan ini masuk dalam kategori mobil yang bisa menikmati diskon pajak, masyarakat bisa membeli mobil ini dengan harga Rp 273,8 juta dan Rp 310,6 juta. 


Dekat Ramadhan, Pelajar Tangerang Masih Tawuran

Pelajar yang tawuran merakit sendiri senjata tajam dan menggunakannya untuk tawuran.

SELENGKAPNYA

Robert Lewandowski yang tak Mau Berhenti

Robert Lewandowski memiliki tanggung jawab yang lebih besar di depan mata.

SELENGKAPNYA

Skenario Persipura untuk Hindari Jerat Degradasi

Selain Persipura, ada dua tim lain yang masih dalam bayang-bayang degradasi untuk mengisi satu slot yang tersisa.

SELENGKAPNYA
×