Empat piala SPS Award 2022 yang berhasil dimenangkan Republika di Jogja Nasional Museum, Yogyakarta, Selasa (29/3/2022). | Wihdan Hidayat / Republika

Kabar Utama

Republika Raih Empat Penghargaan SPS Award 2022

Tiga penghargaan dari kategori IPMA dan satu penghargaan lain kategori IYRA.

YOGYAKARTA – Surat kabar harian Republika meraih empat penghargaan di Serikat Perusahaan Pers (SPS) Award 2022. Tiga penghargaan diraih dari kategori Indonesia Print Media Awards (IPMA) dan satu penghargaan lain diraih dari kategori Indonesia Young Readers Awards (IYRA).

Ada empat kategori SPS Award 2022, yakni the 13th Indonesia Print Media Awards (IPMA), the 11th Indonesia Inhouse Magazine Awards (InMA), the 11th Indonesia Students Print Media Awards (Isprima), dan the 9th Indonesia Young Readers Awards (IYRA). Penghargaan pertama Republika diraih dari kategori IYRA sebagai Bronze Winner untuk rubrik Gen-I. Rubrik tersebut berisi ajakan vaksinasi berbalut atraksi grup musik Slank.

Kepala Infografis Republika Ali Imron berharap penghargaan ini mampu menginspirasi dan memberi tambahan semangat kepada teman-teman di bidang desain untuk terus berkarya lebih baik. “Semoga menjadi ‘suplemen’ dengan selalu menyajikan tampilan yang baik dan menarik,” kata Ali di Jogja National Museum, Yogyakarta, Selasa (29/3).

Setelah itu, tiga penghargaan diraih Republika dari kategori the 13th Indonesia Print Media Awards. Pertama, Silver Winner IPMA Kategori Surat Kabar Harian Nasional Terbaik. Penghargaan itu diberikan untuk sampul utama koran Republika yang bernuansa kelam saat kasus Covid-19 menembus angka 1 juta pada akhir Januari 2021.

photo
Perwajahan dan tulisan pemenang empat penghargaan di Serikat Perusahaan Pers (SPS) Award 2022. - (republika)

Republika juga meraih penghargaan Bronze Winner IPMA Kategori Infografis Terbaik. Infografis yang menang tersebut berisikan informasi ibadah haji 2021. Ketiga, Gold Winner Editorial Surat Kabar Terbaik. Editorial tersebut berjudul “Moncong Senjata di Papua” yang menyoroti kebijakan pemerintah terus menambah aparat di Papua 

Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji menuturkan, penghargaan SPS Award 2022 ini merupakan bentuk apresiasi terhadap produk jurnalistik Republika. Republika berupaya untuk menghadirkan konten sebaik mungkin juga seinovatif dan sekreatif mungkin di tengah gempuran disrupsi teknologi digital.

Hasan menegaskan, lebih dari sekadar menampilkan perwajahan yang menarik dan penuh inspirasi, Republika berikhtiar untuk terus menghadirkan konten jurnalistik yang berkualitas. Good journalism mengarahkan Republika untuk terus berkarya dengan mengacu pada standar dan etika jurnalistik.

photo
Wapemred Harian Republika Nur Hasan Murtiaji (tengah), Kepala Infografis Republika M Ali Imron (kiri) dan Koordinator Desain Dian Asmunandar menunjukkan piala SPS Award 2022 di Jogja Nasional Museum, Yogyakarta, Selasa (29/3/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Hasan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak sehingga apresiasi berupa penghargaan ini dapat terwujud. Terima kasih tak terhingga disampaikan kepada seluruh tim Republika juga pembaca dan mitra Republika yang terus mendorong agar Republika selalu istiqamah menghasilkan konten jurnalistik berkualitas.

“Dukung dan perkuat kami dalam merawat jurnalisme, mengokohkan nasionalisme,” ujar Hasan.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya mengaku terhormat dengan digelarnya SPS Award 2022 di Kota Yogyakarta. Ia memahami, SPS merupakan sebuah lembaga yang sangat terpercaya karena mampu membangun atmosfer ekosistem faktualitas sebagai unsur utama.

SPS, lanjut Aman, tetap hadir memberi penghargaan menjadikan media-media sebagai sumber akhir satu kebenaran atas sebuah informasi. Ia berpendapat, hal itu berarti SPS sangat terpercaya dan penerima penghargaan SPS Award merupakan mereka yang terpercaya. “Selamat atas penghargaan itu, selamat atas kepercayaan itu,” kata Aman.

photo
Koordinator Desain Republika Dian Asmunandar (kiri) menerima piala SPS Award 2022 di Jogja Nasional Museum, Yogyakarta, Selasa (29/3/2022). - (Wihdan Hidayat / Republika)

Ketua Harian Pengurus SPS Pusat Januar P Ruswita mengatakan, SPS Award tahun lalu memang masih digelar secara daring. Ia bersyukur acara tahun ini sudah bisa digelar secara luring dan mengusung tema “Merawat Jurnalisme, Mengokohkan Nasionalisme”.

Ia mengatakan, media hari ini memang sedang menghadapi disrupsi. Bahkan, sejak 10 tahun terakhir, media di seluruh dunia terus mengalami perubahan demi perubahan seiring kemajuan teknologi informasi saat masuknya Revolusi Industri 4.0.

Januar menilai, untuk menghadapi tantangan zaman, tentu saja perusahaan media sangat memerlukan kreativitas. Ia pun yakin, dengan kreativitas dan terus memperkuat kualitas, pers nasional akan selalu mendapatkan tempat di tengah publik Indonesia.

“Semoga penyelenggaraan IPMA, INMA, ISPRIMA, dan IYRA 2022 bisa membawa manfaat dan keberkahan bagi kita semua,” kata Januar.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Patuh Prokes Selama Ramadhan

Jamaah diminta menghindari kegiatan berkumpul di masjid terlalu lama.

SELENGKAPNYA

KPPU Usut 'Pertemuan' Pengusaha Minyak Goreng

KPPU akan mendalami apakah pertemuan pengusaha itu berkaitan dengan perubahan kebijakan pemerintah.

SELENGKAPNYA

Demokrat dan Nasdem Buka Peluang Koalisi 2024

Demokrat dan Nasdem berdiskusi soal wacana penundaan pemilu.

SELENGKAPNYA