Pembalap memacu kecepatan sepeda motornya saat balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (20/3/2022). Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira berha | Republika/Thoudy Badai

Olahraga

Mandalika Grand Prix Association Menunggu Evaluasi FIM

FIM menyatakan Sirkuit Mandalika lolos homologasi dengan grade A sehingga layak menggelar MotoGP.

LOMBOK TENGAH -- Seri kedua gelaran MotoGP musim 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, telah usai. Momen kembalinya MotoGP ke Indonesia setelah 25 tahun tersebut akan menjadi catatan sejarah.

Banyak kejutan yang terjadi selama ajang ini dihelat pada 18-20 Maret 2022. Mulai cuaca yang berubah cepat, aksi pawang hujan, hingga Marc Marquez yang terpaksa absen karena mengalami gegar otak setelah terjatuh pada sesi pemanasan sebelum balapan.

Bagaimanapun, ajang balapan berjalan dengan baik. Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliveira sukses keluar sebagai juara pertama, disusul rider Yamaha Fabio Quartararo di peringkat kedua dan jagoan Parmac Racing Johann Zarco di peringkat ketiga.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, evaluasi secara mendetail dari pihak Dorna dan Federasi Olahraga Motor Dunia (FIM) untuk pihak penyelenggara akan diberikan dalam dua pekan ke depan. "Itu laporan analisis berdasarkan diskusi dengan pembalap, Dorna, dan dikeluarkan resmi oleh FIM untuk panitia penyelenggara," kata Priandhi, Senin (21/3/2022).

Dia menegaskan, tidak ada masalah dengan lintasan karena FIM pun sudah menyatakan Sirkuit Mandalika lolos homologasi dengan grade A sehingga layak untuk menggelar MotoGP. Dia mengeklaim, kualitas aspal yang digunakan pun sudah sesuai.

Selain itu, pengerjaan Sirkuit Mandalika juga terbukti baik karena balapan bisa langsung berjalan tanpa adanya genangan di lintasan meski hujan deras mengguyur selama hampir dua jam. Priandhi mengatakan, itu berkat drainase yang baik dan pengerjaan aspal yang maksimal.

Pihak teknisi membuat gorong-gorong yang cukup besar di sisi kiri-kanan lintasan. Itu membuat kerikil-kerikil bekas tanah dan potongan rumput yang masuk ke gorong-gorong bisa didorong dengan siraman air sehingga selalu bersih.

"Permukaan lintasan juga sudutnya dibuat miring. Dari titik tengah lintasan, kiri-kanannya itu minus beberapa derajat sehingga airnya mengalir ke kiri dan kanan," kata Priandhi.

Soal insiden yang menimpa sejumlah pembalap, ia menilai itu bukan karena faktor lintasan. Motor pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins sempat terbakar pada sesi latihan bebas keempat dan beberapa pembalap terjatuh, termasuk jagoan Repsol Honda Marc Marquez hingga membuatnya tidak bisa ikut balapan.

photo
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan trofi juara ketiga dari pembalap Pramac Racing Johann Zarco (kedua kanan) disaksikan juara pertama pembalap Red Bull KTM Factory Racing Miguel Oliviera (kedua kiri) dan juara kedua pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (kiri) di podium seusai balapan MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Ahad (20/3/2022). Republika/Thoudy Badai - (Republika/Thoudy Badai)

Selepas perhelatan MotoGP, Priandhi mengatakan, pihaknya akan melakukan perawatan secara rutin dan berkala dengan membersihkan permukaan lintasan. Namun, dia mengakui, cara untuk membuat lintasan tetap terawat baik adalah dengan menggunakannya.

“Namun, tetap saja kami akan melakukan perawatan rutin dengan sweeper kami untuk membersihkan permukaan lintasan," ujarnya.

Untuk prioritas pembenahan infrastruktur juga akan digalakkan setelah ajang ini. Infrastruktur yang ada di luar pagar sirkuit menjadi tanggung jawab dari pemerintah pusat. Belum dapat dipastikan apakah nantinya akan ada perluasan jalan, dibangun hotel, atau sebagainya. Lintasan juga diproyeksikan untuk balapan roda empat, seperti gokar. Namun, itu masih akan didiskusikan lebih lanjut.

"Di dalam juga kan areanya cukup luas, jadi masih akan didiskusikan apakah akan dibuat area komersial, pertokoan, perhotelan, dan sebagainya agar bisa integrated dengan sirkuitnya," katanya. 

photo
Catatan MotoGP Mandalika - (Tim Grafis Republika)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat