Seniman dari Sanggar Patih-Lumajang membawakan tari berjudul Kaliwungu dalam Pagelaran Kesenian Topeng di Taman Krida Budaya, Malang, Jawa Timur, Rabu (16/3/2022). Pagelaran selama dua hari tersebut menampilkan puluhan karya tari topeng tradisional maupun | ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Nasional

Pariwisata Malang Semakin Ramai

Pariwisata Malang menerapkan prokes untuk mencegah Covid-19

MALANG -- Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Kota Malang menyatakan bahwa sektor pariwisata yang terimbas adanya lonjakan kasus konfirmasi positif Covid-19 beberapa waktu lalu, sudah mulai kembali pulih.

Kepala Disporpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis mengatakan, sektor pariwisata di wilayah itu, sudah mulai pulih dengan banyaknya agenda pada hotel-hotel dengan nuansa Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE). "Kondisi pariwisata di Kota Malang sudah memasuki masa pemulihan dan kegiatan di hotel-hotel sudah mulai menggeliat dengan nuansa MICE," kata Ida.

Meskipun saat ini kondisi penyebaran virus Corona sudah mulai melandai, namun penerapan protokol kesehatan tetap menjadi kunci utama dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan, khususnya pada sektor perhotelan. Sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi antara lain adalah penerapan protokol kesehatan berbasis Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan) dan Environtment Sustainability (kelestarian lingkungan) atau dikenal dengan CHSE. "Antisipasi tetap protokol kesehatan dan penerapan CHSE bagi pelaku industri pariwisata," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan kalender pariwisata di wilayah Kota Malang yang rencananya akan digelar di kampung-kampung tematik akan kembali dimulai. Namun, kegiatan pada kampung-kampung tematik tersebut akan dihentikan sementara pada bulan Ramadhan."Event yang ada pada kalender pariwisata di kampung tematik akan berjalan. Tapi pada saat Ramadhan off dulu. Pelaksanaan juga akan dilakukan secara hybrid," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang Agoes Basoeki menambahkan, tingkat okupansi atau keterisian kamar hotel yang ada di wilayah Kota Malang saat ini sudah mulai membaik dibanding bulan sebelumnya. Pada periode Januari 2022 kegiatan pada hotel-hotel di wilayah Kota Malang dilaporkan dalam kondisi yang cukup baik. Namun, pada Februari 2022 dengan adanya lonjakan kasus Covid-19, tingkat okupansi anjlok berada pada kisaran 20-30 persen.

"Pada Januari sudah bagus. Namun Februari menurun menjadi 20-30 persen saja. Untuk Maret, hingga saat ini sudah mulai naik, berada pada kisaran 30-50 persen," katanya.

Pada saat terjadi lonjakan kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia, menurut Agoes memberikan dampak yang cukup besar terhadap perhotelan di wilayah Kota Malang. Namun, memasuki bulan Maret 2022 dan terkendalinya penyebaran Covid-19, situasi mulai membaik.

Sementara itu, lanjutnya, terkait kegiatan MICE pada hotel-hotel yang ada di wilayah Kota Malang sejauh ini juga menunjukkan perbaikan. Sejumlah agenda pemerintahan yang digelar pada hotel-hotel besar turut membantu pemulihan sektor tersebut.

"Untuk MICE masih cukup bagus dan memang sudah membaik. Paling banyak kegiatan dari pemerintahan dan lainnya. Kami berharap kondisi ini terus membaik," ujarnya.

Pada periode Februari 2022, terjadi lonjakan kasus konfirmasi Covid-19 di wilayah Kota Malang. Saat itu, jumlah kasus aktif konfirmasi positif Covid-19 mencapai 2.700 kasus.

Saat ini, secara keseluruhan tercatat ada sebanyak 28.224 kasus konfirmasi positif Covid-19 dengan kasus aktif sebanyak 665 kasus. Dari total kasus konfirmasi itu, sebanyak 26.372 orang dilaporkan telah sembuh, 1.187 orang dinyatakan meninggal dunia.

Mahaka Kembangkan Platform Wisata Muslim

PT Mahaka Media Tbk (Mahaka) berkolaborasi dengan PT M Cash Integrasi Tbk (M Cash) dan PT Surprise Indonesia (Surprise) untuk mengembangkan platform biro perjalanan daring yang berfokus pada komunitas Muslim di Indonesia. Dalam kerja sama tersebut, ketiga pihak akan mengembangkan platform daring dengan fokus pada jaringan komunitas Muslim yang dikelola oleh Mahaka melalui Republika.

Direktur Utama Mahaka Media Adrian Syarkawi mengatakan, kolaborasi tersebut adalah komitmen inovasi dalam upaya menyajikan nilai lebih kepada masyarakat. Era digital membuat perusahaan perlu mengembangkan model bisnis agar tetap menjadi yang terdepan.

"Inovasi adalah kata kunci untuk mempertegas komitmen kami dalam upaya menyajikan nilai lebih bagi umat yang juga pembaca //Republika//," kata Adrian dalam keterangan pers, Selasa (15/3).

Sementara itu, M Cash adalah perusahaan teknologi yang berperan sebagai penyedia platform dengan infrastruktur digital kuat. Dengan ekosistem digital yang lengkap, perusahaan dapat membangun platform yang inovatif dan bermanfaat bagi komunitas Muslim.

Surprise merupakan bagian dari Smailing Tour Group dan PT Distribusi Voucher Nusantara Tbk Perusahaan menawarkan layanan bisnis ke bisnis untuk paket wisata dan sebagai agen untuk berbagai produk rekreasi. Khusus dalam kerja sama ini, perusahaan akan berfokus pada layanan perjalanan umrah.

Saat ini, Surprise mengelola lebih dari 1.000 agen perjalanan yang berlokasi di Jakarta, Jawa, dan sekitarnya, serta sebagai konsolidator agen di Indonesia. Kolaborasi ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat karena kebijakan ibadah umrah yang sudah dibuka kembali oleh pemerintah.

Pasar perjalanan ibadah umrah diperkirakan terus meningkat seiring dengan dukungan penuh dari Pemerintah Arab Saudi. Jumlahnya akan naik dari 8 juta jamaah umrah menjadi 30 juta jamaah pada 2030. "Platform travel Muslim ini ditargetkan akan dirilis pada kuartal II 2022," katanya.

Para pengguna nantinya akan dapat menikmati fleksibilitas dalam pengaturan jadwal perjalanan umrah dengan personalisasi yang nyaman dan harga terbaik dalam satu platform aplikasi. Di antaranya adalah pemesanan tiket pesawat, reservasi hotel, transportasi, serta pengaturan agenda perjalanan dan semua fasilitas dalam satu genggaman.

Direktur M Cash Mohammad Anis Yunianto menyatakan kebanggaan menjadi bagian dalam kerja sama pengembangan platform tersebut. Dalam menyambut era baru setelah Covid-19, perusahaan berkomitmen menghadirkan berbagai inovasi digital yang tetap relevan. Hal itu merupakan upaya untuk terus membangun infrastruktur digital yang masif dan terdepan di Indonesia.

"Dengan kemampuan teknologi, infrastruktur digital yang kuat, dan ekosistem digital yang lengkap, kami optimistis akan menghadirkan platform yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan platform sejenis lainnya," katanya.

Sementara itu, CEO PT Surprise Indonesia Bernard Akili menyampaikan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan kembali bisnis perjalanan di Indonesia, khususnya perjalanan umrah. Pada 2019, jamaah umrah Indonesia sempat mencapai 1,2 juta orang.

Indonesia berada di posisi kedua penyumbang jamaah umrah terbesar di dunia. Setelah kewajiban karantina dihapuskan oleh Pemerintah Arab Saudi, pengaturan pemberangkatan umrah ke Tanah Suci kini dapat lebih fleksibel. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat