Ilustrasi Hikmah Hari ini | Republika

Hikmah

Menyayangi Orang Tua

Berbakti kepada kedua orangtua adalah kunci rezeki dan kebahagiaan.

Oleh ABDILLAH

 

OLEH ABDILLAH

Berbuat baik kepada kedua orang tua adalah keharusan. Anjuran Islam yang perlu direalisasikan. Jangan biarkan keduanya telantar dan bersedih karena diabaikan.

Mereka berhak mendapatkan kasih sayang dari anaknya. Mereka telah memberikan cinta dan pengorbanan yang begitu besar yang tidak akan pernah terbalaskan. Allah SWT berfirman: “Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya” (QS al-Ahqaf: 15).

Mengabaikan, melawan, memarahi, dan menuntut orang tua adalah kedurhakaan. Sakit hatinya dapat menghilangkan keberkahan dan mendatangkan siksa yang besar. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Dua perbuatan dosa yang Allah cepatkan azabnya (siksanya) di dunia yaitu berbuat zalim dan //al’uquq// (durhaka kepada kedua orang tua)”(HR Hakim).

Perlakukan orang tua kita dengan baik. Bahagiakan selagi mereka ada. Jaga dan rawat mereka, terutama saat keduanya mulai menua. Jangan biarkan mereka menangis duka. 

Belajarlah dari Uwais al-Qarni—seorang sahabat yang dirindukan oleh Nabi—dalam berbuat baik kepada orang tua, terkhusus kepada ibunya. Ia adalah seorang pemuda miskin yang sangat patuh dan mencintai ibunya. Hari-harinya dihabiskan untuk merawat ibunya yang lumpuh. Bakti yang tulus dan ikhlas kepada ibunya membuat namanya terkenal di langit. 

Mengenai hal itu, Nabi bahkan memuji Uwais al-Qarni dalam sabdanya. “Suatu saat jika kalian bertemu dengan dia, mintalah doa dan istighfarnya. Dia adalah penghuni langit, bukan orang bumi” (HR Ahmad).

Dalam Islam, orang tua memiliki posisi penting. Lihat saja bagaimana Allah SWT memosisikan keduanya. Perintah berbuat baik kepada mereka disandingkan langsung dengan perintah untuk tidak menyekutukan Allah.

Allah SWT berfirman, “Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya” (QS al-Isra’: 23).

Sadarkah jika kedua orang tua kita sudah melakukan banyak hal dan bahkan mengorbankan jiwa dan raga dalam mengurus anak-anaknya. Karena itulah, dalam Islam, berbakti dan mengabdi kepada keduanya adalah sebuah balasan yang harus ditunaikan.

Bertutur kata yang baik mesti dilakukan. Memuliakan dan membahagiakan mereka adalah kewajiban. Menyayangi dan melayaninya adalah ibadah.

Merawat kedua orang tua akan mendatangkan keberkahan dalam hidup. Berbakti kepada keduanya adalah kunci rezeki dan kebahagiaan. Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim.” (HR Ahmad).

Jaga hati keduanya. Jangan biarkan mereka bersedih. Layani sepenuh hati agar selalu bahagia dan menjadi wasilah untuk mendapatkan ridha Allah SWT. Nabi SAW bersabda, “Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua, dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua.” (HR Tirmidzi).

Wallahu a’lam.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat