Ilustrasi dekarbonisasi. | ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Ekonomi

Holding Jasa Survei Kawal Dekarbonisasi di BUMN

Dekarbonisasi merupakan upaya menjaga keberlangsungan hidup.

JAKARTA  — Holding jasa survei atau ID Survey berkomitmen menjalankan program dekarbonisasi bersama sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI Rudiyanto mengatakan, Kementerian BUMN telah menunjuk BKI selaku induk holding jasa survei untuk mengawal aktivitas bisnis berbasis ekonomi hijau. 

Rudiyanto menyebutkan, komitmen ini tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara BKI dengan PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero), Perum Perhutani, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT Pupuk Indonesia (Persero), Mind ID, PTPN III, dan EMI pada awal Februari 2022.

"Kami berharap, maksimum dua bulan sejak kick-off awal Februari 2022, pilot project dekarbonisasi dengan masing-masing BUMN sudah bisa dimulai kegiatannya,” kata Rudiyanto kepada Republika di Jakarta, Ahad (20/2).

Rudiyanto menyampaikan, masing-masing BUMN akan memiliki spesifik dan keunikan detailing yang ada di BUMN tersebut yang terkait dengan proyek dekarbonisasi ini. BKI akan terus berdiskusi dengan BUMN dalam pelaksanaan pilot project dekarbonisasi tersebut.

Rudiyanto mengatakan, BKI masih menunggu terbitnya peraturan pemerintah yang menjadi turunan dari Perpres 98 tahun 2021 mengenai penyelenggaraan nilai ekonomi karbon (NEK) untuk pencapaian target kontribusi yang ditetapkan secara nasional dan pengendalian emisi gas rumah kaca dalam pembangunan nasional.

Dengan begitu, teknis penyelenggaraan dekarbonisasi perlu juga diselaraskan dengan adanya peraturan pemerintah yang akan terbit dan akan menjadi peraturan teknis turunan dari prepres tersebut.

"Untuk menyelaraskan dengan peraturan pemerintah yang akan terbit tersebut, kami mencoba mengintegrasikan terhadap pemahaman teknis terkait ekosistem dan peta jalan pelaksanaan dekarbonisasi dengan NEK yang bersinergi dengan kementerian dan lembaga terkait terhadap peraturan pemerintah tersebut,” ujar Rudiyanto.

Rudiyanto menyampaikan, BKI bersama sejumlah BUMN pun telah menindaklanjuti nota kesepahaman dengan menggelar diskusi penguatan ekosistem perdagangan karbon pada Kamis (17/2). BKI saat ini fokus untuk dapat melaksanakan kegiatan pilot project dekarbonisasi BUMN secara maksimal. 

Rudiyanto optimistis adanya program dekarbonisasi ini akan menambah portofolio bisnis perusahaan, termasuk juga anak perusahaan seperti Sucofindo dan Surveyor Indonesia sehingga diharapkan kinerja perusahaan secara konsolidasi akan dapat meningkat. 

Kementerian BUMN mendukung penuh pilot project dekarbonisasi BUMN. Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan, hal ini merupakan komitmen BUMN dalam mendukung kebijakan pemerintah mencapai Net Zero Emission pada 2060 dan pengurangan emisi gas rumah kaca berbasis National Determined Contribution (NDC) hingga 29 persen pada 2030.

Pahala mengatakan, upaya dekarbonisasi memerlukan masukan dan dukungan dari kementerian, lembaga lain seperti Kemenko Marves, KLHK, Kementerian Keuangan, dan Kementerian ESDM. Menurut Pahala, dengan adanya kolaborasi antara BUMN dengan kementerian atau lembaga juga diharapkan mekanisme pasar karbon BUMN yang dirancang dapat selaras dengan ketentuan desain pasar karbon nasional dan terintegrasi dengan Sistem Registri Nasional (SRN) KLHK. 

“Kami (Kementerian BUMN) dan BUMN berharap bisa mendapatkan insight dari para kementerian atau lembaga, khususnya KLHK dan KESDM serta dari swasta mengenai regulasi dan informasi dalam penentuan cap sektoral tersebut," kata Pahala. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat