Rans enternainment dapat suntikan modal dari Rans Entertainment Indonesia | Republika/Putra M. Akbar

Ekonomi

Rans Entertainment Perkuat Modal Noice

Dana yang telah disetorkan Rans Entertainment mencapai 2,5 juta dolar AS atau setara Rp 35,75 miliar.

JAKARTA -- Aplikasi konten audio dan radio digital yang terafiliasi dengan PT Mahaka Radio Integra Tbk Noice menerima suntikan modal dari PT Rans Entertainment Indonesia. Perusahaan milik pasangan selebritas Raffi Ahmad dan Nagita Slavina kini memiliki saham Noice secara tidak langsung.

Dana yang telah disetorkan Rans Entertainment mencapai 2,5 juta dolar AS atau setara Rp 35,75 miliar. "PT Rans Entertainment melakukan penyetoran modal pada 19 Januari 2022 dengan nilai setoran modal sebesar 2,5 juta dolar AS," kata Direktur Keuangan Mahaka Radio Natalina Sindhikara melalui keterangan resmi, Selasa (15/2).

Natalina menjelaskan, Mahaka Radio masih menjadi pengendali Noice setelah masuknya Rans Entertainment dengan jumlah kepemilikan mencapai 45,08 persen. PT Mahaka Digital Inovasi (MDI) menguasai 99,9 persen saham Noice. Sementara, MDI merupakan perusahaan joint venture yang 75 persen sahamnya dikuasai oleh Mahaka Radio.

Menurut Natalina, Noice saat ini masih dalam tahap pengembangan usaha. Untuk itu, konsentrasi dari perseroan adalah untuk meningkatkan indikator operasional dari pengguna aplikasi Noice. Sampai saat ini, Noice masih belum memberikan kontribusi terhadap pendapatan perseroan.

"Tambahan setoran modal dari Rans Entertainment akan dipergunakan untuk pengembangan usaha Noice dari sisi konten dan teknologi," ujar Natalina.

Suntikan modal untuk Noice turut menjadi sentimen positif bagi saham Mahaka Radio. Hingga penutupan perdagangan Selasa (15/2), saham MARI telah melompat sebesar 7,49 persen ke level 402. Dalam lima tahun, saham MARI bahkan telah melambung sebesar 334,5 persen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NOICE (noice.id)

CEO Noice Rado Ardian mengatakan, pendanaan dari Rans Entertainment akan memperkuat posisi Noice sebagai platform konten audio lokal terbesar di Indonesia. "Investasi ini akan memajukan upaya kami untuk menyediakan konten berkualitas tinggi bagi masyarakat Indonesia," kata Rado.

Di luar dukungan finansial, investasi ini menandai awal dari kolaborasi kedua perusahaan. Nantinya, Rans Entertainment akan memproduksi berbagai konten audio yang akan tersedia secara eksklusif di platform Noice.

Dalam dalam waktu dekat, pengguna Noice dapat mengakses berbagai konten Rans Family. Kolaborasi dengan Rans juga akan membantu Noice memperkuat jajaran konten serta membuka lebih banyak peluang kolaborasi dengan talenta dari Rans Entertainment.

Saat ini, Noice telah memiliki lebih dari 20 ribu episode dengan total waktu streaming lebih dari 1 miliar menit. Noice memiliki lebih dari 1,5 juta pengguna dan menampung lebih dari 300 kreator konten.

Sementara itu, pemimpin Rans Entertainment Raffi Ahmad menilai, Noice memiliki potensi besar dari sisi pertumbuhan. Di sisi lain, Raffi melihat, Rans Entertainment dan Noice memiliki misi yang sama untuk menumbuhkan ekosistem konten digital Indonesia.

Beberapa faktor tersebut yang membuat Rans Entertainment mau berinvestasi di Noice. "Dengan pertumbuhan yang menjanjikan, Noice telah menjadi platform audio lokal terkemuka di Indonesia dalam waktu yang relatif singkat," kata Raffi. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat