Petugas kargo membongkar muat vaksin COVID-19 dari Sinovac yang tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/11/2021). Indonesia kedatangan vaksin tahap ke-115 yakni sebanyak empat juta vaksin jadi Coronavac dari Sinovac. | ANTARA FOTO/Humas Kemenkominfo

Ekonomi

Angkutan Kargo di Bandara AP II Tumbuh 20 Persen

Angkutan kargo menjadi salah satu penopang sektor angkutan udara yang tengah menghadapi tantangan pandemi Covid-19.

JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat pertumbuhan angkutan kargo sepanjang 2021. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, kargo udara menjadi sektor yang mampu bertahan dan bergeliat di tengah pandemi Covid-19.  

"Di seluruh bandara AP II, secara kumulatif volume angkutan kargo pada 2021 mencapai 859.330 ton atau meningkat sekitar 20,53 persen dibandingkan 2020 sebanyak 712.990 ton," kata Awaluddin di Jakarta, Senin (7/2). 

Awaluddin mengatakan, Bandara Soekarno-Hatta menjadi yang paling banyak melayani angkutan kargo. AP II mencatat pada 2021 tercatat 702.787 ton atau 81,78 persen dari total volume angkutan kargo di seluruh bandara AP II yang berjumlah 20 bandara.

Ia menilai, angkutan kargo menjadi salah satu penopang sektor angkutan udara yang tengah menghadapi tantangan pandemi Covid-19. Terlebih, saat ini lalu lintas penerbangan di bantidak semuadara AP II secara umum masih terdampak pandemi. 

"Memang kita semua harus membatasi perjalanan jarak jauh guna bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Di sisi lain, angkutan khusus kargo tetap mencatatkan kinerja positif karena dipicu tumbuhnya e-commerce," ujar Awaluddin. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Angkasa Pura II (angkasapura2)

Ia menyampaikan, pertumbuhan angkutan kargo juga didorong kesiapan bandara-bandara AP II dalam menangkap peluang yang ada pada sektor kargo. Selain itu, kolaborasi yang erat dengan seluruh pemangku kepentingan sehingga seluruh bandara AP II siap merespons ada permintaan. 

Awaluddin menambahkan, sejumlah maskapai penumpang bahkan mengoperasikan pesawat penumpang untuk khusus mengangkut kargo. Ada maskapai yang mengoperasikan pesawat penumpang untuk khusus mengangkut kargo. "Kargo yang diangkut di penerbangan bisa dimuat di kabin atau di lambung pesawat," kata dia. 

Tren positif angkutan kargo juga terjadi di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Maskapai khusus kargo, yakni Asia Kargo Airlines yang dulu dikenal dengan Tri MG Airlines, juga melakukan penerbangan perdana khusus kargo di Bandara Kertajati. 

Maskapai tersebut akan melakukan total 40 penerbangan dengan muatan tonase sekitar 500 ton per bulan di Bandara Kertajati. Ke depannya, ditargetkan muatan dapat mencapai seribu ton per bulan untuk general cargo

Ia memastikan, AP II akan mendorong bandara-bandara lainnya untuk dapat memaksimalkan potensi di sektor angkutan kargo. "Ini termasuk salah satunya adalah melihat peluang layanan angkutan kargo menggunakan drone," ujar Awaluddin. 

Perusahaan ground handling dan cargo handling PT Jasa Angkasa Semesta (Tbk) atau JAS juga merasakan peluang positif dari angkutan kargo.

Direktur Utama PT JAS Adji Gunawan menuturkan, saat pandemi Covid-19, angkutan kargo tidak terlalu berdampak besar seperti angkutan penumpang.  Meskipun penumpang pesawat masih mengalami penurunan, Adji masih optimistis untuk lergerakan kargo. 

Adji mengatakan, dalam kondisi pandemi, logistik masih terus berjalan meskipun sempat terjadi penurunan, tapi kembali naik. "Yang unik itu, banyak juga komoditas yang biasanya diangkut melalui jalur laut sekarang menggunakan pesawat," kata Adji. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat