Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin dosis ketiga atau booster Covid-19 kepada warga di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/1/2022). Presiden Joko Widodo mendorong masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi booster, dikarenakan situasi pandemi Covid-19 | ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Nasional

Temuan Omikron di NTB tak Ubah Jadwal MotoGP

Satgas Covid-19 imbau warga meningkatkan kesadaran menerapkan prokes di tengah serbuan varian Omikron.

MATARAM -- Dua kasus positif omikron di Nusa Tenggara Barat, tempat ajang balap MotoGP akan digelar, ditemukan. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan, MotoGP berjalan tetap sesuai jadwal.

Kegiatan MotoGP dijadwalkan pada 20 Maret 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah. "MotoGP tetap akan berlangsung sesuai jadwal sebab sejauh ini tidak ada skenario perubahan," kata Kapolda, Senin (24/1).

Pernyataan itu disampaikan Djoko saat ditemui di RSUD Kota Mataram seusai rapat koordinasi percepatan cakupan vaksinasi di NTB. Ia menanggapi adanya temuan dua kasus positif varian omikron di NTB. Kedua kasus tersebut terindikasi tertular transmisi lokal.

Dikatakan, temuan dua kasus positif varian omikron tersebut menjadi cambuk bersama, terutama agar Satgas Covid-19 dan masyarakat tetap waspada serta tidak panik dengan temuan kasus tersebut.

photo
Sejumlah pembalap memutari lintasan sebelum start race 2 WorldSBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Ahad (21/11/2021). Dalam race 2 tersebut pembalap tim Kawasaki Racing WorldSBK Jonathan Rea keluar sebagai juara pertama diikuti pembalap tim Aruba.it Racing - Ducati Scott Redding kemudian pembalap tim BMW MOTORRAD Michael Van Der Mark. - (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Intinya, masyarakat harus tetap tenang dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, melalui gerakan 5M (mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilisasi) serta melakukan vaksinasi Covid-19. "Kami dari kepolisian ada kegiatan pengetatan prokes dan itu akan kita laksanakan. Intinya waspada," katanya lagi.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr Lalu Hamzi Fikri menambahkan, dua kasus positif Covid-19 varian omikron teridentifikasi berdasarkan hasil laporan yang diterima per 20 Januari 2022. Kasus pertama adalah satu warga dari Kabupaten Sumbawa, satu kasus lagi dari Kota Mataram. Keduanya merupakan pasien lanjut usia yang memiliki komorbid.

Bedanya, pasien di Sumbawa merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan sudah divaksinasi. Ia sudah sembuh, begitu juga 28 orang hasil pelacakan kontak.

"Sementara, pasien di Kota Mataram terkonfirmasi meninggal. Pasien ini komorbid dan belum divaksin. Keduanya terindikasi tertular transmisi lokal," katanya.

Terkait dengan itu, ia mendorong agar masyarakat melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai upaya peningkatan daya tahan tubuh. Sementara, bagi masyarakat yang sudah dua kali vaksin, diharapkan segera melakukan vaksin penguat atau booster.

Menurutnya, varian omikron sudah ditemui lebih pada 100 negara, termasuk kasus pertama di Jakarta. Hal itu dipicu karena mobilitas penduduk sangat tinggi. "Karenanya, omikron ini harus disikapi dengan tetap meningkatkan kewaspadaan menerapkan prokes serta melakukan vaksinasi sebab pandemi belum berakhir," katanya.

Pasalnya, tambah Fikri, jika melihat kasus-kasus Covid-19 yang ada, pasien yang belum divaksin memiliki risiko terkena dengan kondisi kesehatan lebih buruk dibandingkan dengan yang sudah vaksin. "Masyarakat yang sudah divaksin akan memiliki daya tahan tubuh berbeda dengan yang belum vaksin," katanya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat