Layanan internet dari Indosat Ooredoo | Dok Indosat Ooredoo

Inovasi

18 Jan 2022, 18:35 WIB

Kolaborasi Manjakan Para Pengguna Telekomunikasi

Koneksi seluler di Indonesia mencapai 345,3 juta, dengan 97 persen di antaranya berasal dari koneksi prabayar

Indosat Ooredoo Hutchison, perusahaan telekomunikasi digital, pekan lalu, mengumumkan kemitraan dengan PT Merah Satu Indonesia, sebuah perusahaan yang dipandu oleh RedONE Network Malaysia, perusahaan telekomunikasi regional di Asia Tenggara. 

Merah Satu akan menjual, mendistribusikan, dan memasarkan produk dan layanan Indosat Ooredoo Hutchison yang mencakup paket Prime dari IM3 Ooredoo Postpaid dengan memanfaatkan saluran perusahaan yang tersedia di Tanah Air. Penandatanganan perjanjian kerja sama antara kedua perusahaan menandai komitmen bersama untuk memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison ke segmen yang belum terlayani. 

Berdasarkan laporan Digital 2021 Indonesia dari We Are Social dan Hootsuite, koneksi seluler di Indonesia mencapai 345,3 juta, dengan 97 persen di antaranya berasal dari koneksi prabayar dan tiga persen lainnya dari pelanggan pascabayar. Angka ini memberikan peluang pasar yang signifikan bagi Indosat Ooredoo Hutchison dan Merah Satu untuk mendorong migrasi dari pelanggan prabayar ke pascabayar melalui kemitraan yang dibentuk.

Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh, mengatakan “Kami senang dapat bermitra dengan Merah Satu dalam meningkatkan skala produk dan layanan, serta posisi kami menjadi merek yang diakui dan dipilih masyarakat Indonesia. Kemitraan ini berpotensi mendorong konversi pelanggan prabayar menjadi pascabayar yang saat ini masih terbilang rendah, sekaligus membidik warga Indonesia yang bekerja di Asia Tenggara,” ujarnya. 

Direktur PT Merah Satu indonesia, Edy Suyento, mengungkapkan,  Merah Satu bangga dapat berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison dalam kemitraan yang menjanjikan. “Nantinya kami akan melayani pelanggan yang ingin memigrasikan layanan prabayar mereka sebelumnya ke IM3 Ooredoo Postpaid. Didukung oleh keberadaan Indosat Ooredoo Hutchison dan kesuksesan RedONE mendorong migrasi ke pascabayar di Malaysia, Singapura, dan Thailand, kemitraan ini akan menawarkan keuntungan bersama untuk bersaing secara agresif dalam memenangkan pasar di Indonesia dan Asia Tenggara,” ujarnya. 

Kemitraan Indosat Ooredoo Hutchison dan Merah Satu akan berfokus pada empat ranah utama. Pertama, memperluas jangkauan produk dan layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo Hutchison ke kota-kota sekunder, dimulai dengan paket Prime oleh IM3 Ooredoo Postpaid. 

photo
Petugas melayani pelanggan Indosat Ooredoo di Menara Indosat, Jakarta, Kamis (19/11). Indosat resmi menjadi Indosat Ooredoo yang akan menghadirkan dunia digital lebih mudah diakses dan terjangkau. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/nz/15 - (ANTARA FOTO)

Pelanggan yang ingin memigrasikan kartu prabayar mereka ke pascabayar dapat mendatangi Toko Premier Merah Satu, yang akan didirikan pada kuartal pertama tahun ini, untuk mendaftar lewat proses hybrid E-KYC. Kedua, meningkatkan layanan produk pascabayar, salah satunya dengan menghadirkan tambahan manfaat lifestyle di kota-kota sasaran.

Ketiga, melakukan diversifikasi dengan pendapatan non-telekomunikasi yang memanfaatkan kanal pemasaran Merah Satu yang luas. Keempat, menghadirkan program “Telcopreneur” bagi konsumen Indonesia yang tertarik mendapatkan penghasilan tambahan, dengan insentif seumur hidup dan jam kerja yang fleksibel. 

Caranya, adalah dengan menjual berbagai produk dan layanan Indosat Ooredoo Hutchison di bawah naungan jaringan pemasaran Merah Satu. Dengan paket Prime dari IM3 Ooredoo Postpaid, pelanggan dapat menikmati berbagai keuntungan eksklusif, seperti kuota besar hingga 200 GB, prioritas jaringan, dan layanan pelanggan, gratis panggilan hingga 300 menit ke semua operator, penyimpanan Google Cloud 100 GB, dan akses premium gratis di Amazon Prime.

 
Kemitraan ini berpotensi mendorong konversi pelanggan prabayar menjadi pascabayar yang saat ini masih terbilang rendah, sekaligus membidik warga Indonesia yang bekerja di Asia Tenggara. 
RITESH KUMAR SINGH, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison,
 

 

Fokus di Pasar Muda 

Menyasar generasi anak muda yang kreatif dan selalu terhubung ke internet, awal tahun ini Smartfren menggandeng UN1TY sebagai brand ambassador. Dipilihnya UN1TY sebagai brand ambassador karena memiliki semangat yang sama dalam kokreasi dan kolaborasi. 

Langkah ini sekaligus menguatkan Smartfren sebagai jenama yang membuka peluang bagi seluruh industri kreatif. Smartfen sendiri telah memiliki WOWLabs sebagai wadah kokreasi anak muda Indonesia dan Teman Kreasi Indonesia sebagai wadah pengembangan UMKM di lebih dari 51 kota di Indonesia. 

Kedua wadah ini telah membawa dampak positif kepada kewirausahaan sosial bagi generasi muda di Indonesia. UN1TY adalah grup musik yang beranggotakan delapan orang anak muda yang secara konsisten mengajak anak muda untuk terus berkarya dan menyebarkan semangat positif. 

Pada 2019, grup musik ini memulai debut dengan dua single berjudul “Coba Cintaku” dan “Satu”. UN1TY sebelumnya juga pernah berkokreasi bersama Smartfren untuk membuat video musik “Friendzone”yang merupakan original soundtrack film televisi “Dari Jendela SMP”.

Bersama dengan grup musik idola anak muda ini, Smartfren akan menyelenggarakan WOW Special Concert dan Fansign Roadshow di 15 titik serta berbagai program yang seru dan menarik. Djoko Tata Ibrahim selaku Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Di saat brand lain melirik artis papan atas dari luar negeri sebagai brand ambassador, Smartfren justru konsisten sebagai operator yang selalu menjadi teman buka peluang untuk anak-anak muda di Indonesia karena kami melihat banyak sekali artis lokal dengan potensi yang sangat luar biasa. UN1TY sebagai brand ambassador bisa merepresentasikan Smartfren sebagai brand yang berjiwa muda yang penuh dengan kreativitas dan kokreasi,” ujarnya. 

Hal ini, Djoko melanjutkan, sekaligus untuk memperkuat pesan bahwa Smartfren selalu menghadirkan inovasi produk yang sesuai dengan kebutuhan digital masyarakat. Mengawali 2022, Smartfren meluncurkan Smartfren Unlimited dengan manfaat double FUP yang pastinya akan memberikan pengalaman koneksi internet mereka yang ingin lancar internetan. 

Paket Smartfren Unlimited yang dipromosikan oleh UN1TY ini, memberi pelanggan banyak kelebihan. Dengan paket ini pelanggan bebas mengakses aplikasi apapun selama 24 jam, mendapatkan double FUP, dan gratis telepon sepuasnya ke seluruh nomor Smartfren. 

Manfaat double FUP tersebut bisa didapatkan dengan membeli paket Smartfren Unlimited Harian 1,5 GB per hari seharga Rp 100 ribu dengan bonus FUP 1,5 GB per hari dan masa aktif 28 hari. Sedangkan untuk Unlimited Harian 1 GB per hari ditawarkan seharga Rp 80 ribu dengan bonus FUP 1 GB per hari dan masa aktif 28 hari. 

Pelanggan juga dapat mengumpulkan SmartPoin setiap kali membeli paket internet. SmartPoin yang didapat bisa ditukar dengan berbagai macam hadiah, mulai dari makanan atau minuman, items dalam game FreeFire atau Mobile Legends, ditukar jadi paket data atau hadiah menarik lainnya.


×