Ilustrasi Hikmah Hari ini | Republika

Hikmah

28 Dec 2021, 03:30 WIB

Dirindukan Surga

Untuk menjadi orang yang dirindukan surga itu mudah bagi orang yang mau istiqamah menjalankan amalan.

OLEH IMAM NUR SUHARNO

Dari Ibnu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Surga rindu kepada empat orang, yaitu pembaca Alquran, orang yang menjaga lisan, pemberi makan orang yang lapar, dan orang yang puasa pada bulan Ramadhan.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

Dalam hadis di atas, Rasulullah SAW menyebutkan empat golongan manusia yang selalu dirindukan oleh surga. Setiap kita pasti mendambakan menjadi bagian dari golongan orang-orang yang dirindukan surga. Dan, untuk menjadi orang yang dirindukan surga itu mudah bagi orang yang mau istiqamah menjalankan amalan yang disebutkan dalam hadis Nabi SAW.

Pertama, pembaca Alquran. Allah menjanjikan pahala dan balasan besar bagi orang yang rajin membaca Alquran (QS Fathir [35]: 29-30). Bahkan, diberi jaminan kehidupan yang layak.

Dalam hadis Qudsi disebutkan, “Barang siapa yang disibukkan oleh Alquran sehingga tidak sempat meminta kepada-Ku, akan Aku berikan kepadanya sesuatu yang paling baik yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta, dan keutamaan kalam Allah terhadap seluruh kalam selainnya adalah seperti keutamaan Allah terhadap seluruh makhluk-Nya.” (HR Ahmad dan Thabrani).

Kedua, menjaga lisan. Sebab, bahaya yang diakibatkan oleh lisan itu dapat memasukkan pemiliknya ke dalam neraka. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba yang mengucapkan suatu perkataan yang tidak dipikirkan dampaknya dapat membuatnya terjerumus ke dalam neraka yang dalamnya lebih jauh dari jarak timur dengan barat.” (HR Bukhari).

Ketahuilah bahwa Allah SWT berfirman, “Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS Qaf [50]: 18).

Ketiga, memberi makan orang yang kelaparan. Hal ini merupakan amalan mulia, karena menolong orang yang kesulitan di dunia itu akan berbuah pertolongan Allah terhadap dirinya di akhirat kelak.

Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang Muslim, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya.” (HR Muslim).

Keempat, puasa pada bulan Ramadhan. Saking istimewanya puasa Ramadhan hingga Allah yang menyerahkan secara langsung pahala puasa itu kepada orang yang berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda, ”Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Karena, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku dan Aku yang akan langsung membalasnya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dengan terus berupaya menjalankan amalan-amalan di atas, semoga kita kaum Muslimin termasuk golongan orang-orang yang senantiasa dirindukan oleh surga. Amin.


×