Pemain timnas Indonesia Irfan Jaya melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Laos dalam pertandingan Piala AFF Suzuki Cup 2020 di Bishan Stadium, Ahad (12/12). Suhaimi Abdullah/NurPhoto | Suhaimi Abdullah/NurPhoto

Olahraga

Timnas Indonesia Buka Peluang ke Semifinal

Pelatih Shin Taeyong memberikan apresiasinya atas kemenangan Timnas Indonesia yang diraih dari Laos.

SINGAPURA — Penampilan tim nasional (timnas) Indonesia di ajang Piala AFF 2020 berlanjut dengan kemenangan. Menghadapi Laos, skuad Garuda meraih kemenangan 5-1 di Stadion Bishan, Singapura, Ahad (12/12). 

Kemenangan ini membuka peluang Indonesia untuk melaju ke semifinal. Indonesia kini memuncaki klasemen Grup B dengan raihan enam poin dari dua laga. Sementara hingga berita ini ditulis, Malaysia masih melakoni laga melawan Vietnam. Malaysia yang kini melakoni laga ketiga berada di urutan kedua dengan mengantongi tiga angka. Selanjutnya, Vietnam yang menjalani laga kedua,mengoleksi tiga angka. 

Untuk memastikan lolos dari fase grup, Indonesia membutuhkan satu kemenangan lagi dari dua laga berikutnya, yaitu melawan Vietnam pada Rabu (15/12) dan sepekan kemudian menghadapi Malaysia. (Paragraf ini nanti diubah menyesuaikan hasil pertandingan Malaysia vs Vietnam yg berakhir pukul 21.30 WIB). 

Pelatih Indonesia Shin Taeyong memberikan apresiasinya atas kemenangan yang diraih dari Laos. Menurut dia, tim sudah bekerja keras dan meraih poin penuh dalam laga itu. "Terima kasih kepada para pemain yang sudah bekerja keras dan memang sudah mempersiapkan laga ini dengan baik melawan Laos, jadi kami dapat hasil maksimal," kata Shin seusai laga. 

Melakoni laga ini, Shin melakukan rotasi di semua lini. Menurut dia, kemenangan ini adalah bukti bahwa timnya memiliki kedalaman skuad yang bagus.  "Saya bawa 30 pemain ke sini dan semuanya sangat bekerja keras. Jadi, siapa pun yang masuk ke line up, saya percaya bisa memberikan penampilan yang baik," katanya.

Pada laga kali ini, Indonesia mendominasi permainan sejak peluit pertama. Gol penalti dari Asnawi Mangkualam membuka pesta gol pada menit ke-23. Irfan Jaya kemudian menambah pundi gol setelah sukses mengeksekusi umpan Dedik Setiawan.

Laos sempat mencetak gol dari Kydavone Souvanny yang membuat babak pertama berakhir dengan skor 2-1. Memasuki babak kedua, tendangan keras Witan Sulaeman memperbesar keunggulan Indonesia. Lalu dua gol berikutnya menyusul dari Ezra Walian pada menit ke-77 dan Evan Dimas pada menit ke-84.

Dari laga ini, Irfan Jaya pun terpilih sebagai man of the match. Selain mencetak gol, Irfan juga memberikan assist bagi gol Witan Sulaeman. Irfan enggan menyebut dirinya sebagai yang terbaik dan memilih untuk memberikan apresiasi kepada tim.

"Saya rasa bukan saya yang terbaik di laga ini karena semua teman-teman juga main baik di laga ini. Intinya, kami senang bisa main di laga ini," kata Irfan.

Pelatih Laos Selvaraj Vengadasalam memberikan pujian kepada Irfan. Dia menunjuk Irfan sebagai pemain Indonesia yang paling menonjol. "Saya pikir pemain terbaik dari Indonesia adalah Irfan Jaya. Dia bermain dengan baik di samping kiri, saya pilih dia sebagai pemain terbaik hari ini," kata Selvaraj.

Selvaraj mengakui, hasil itu membuat peluang Laos untuk lolos dari babak penyisihan tertutup rapat. Untuk itu, dia akan memanfaatkan laga terakhirnya melawan Kamboja pada Rabu (15/12) untuk memainkan pemain mudanya.

"Saya pikir apa yang yang bisa saya lakukan selanjutnya adalah memberikan kesempatan bagi pemain muda untuk bermain di laga kontra Kamboja. Yang bisa kami lakukan adalah tampil lebih baik dan mengikuti rencana yang kita buat," kata Selvaraj.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat