Pemain Napoli Matteo Politano merayakan setelah mencetak gol keenam timnya selama pertandingan sepak bola seri A antara Napoli dan Fiorentina di stadion Diego Armando Maradona di Naples, Italia, Minggu, 17 Januari 2021. | AP/Alessandro Garofalo/LaPresse

Olahraga

Napoli Wajib Hajar Leicester City

Leicester akan finis sebagai pemuncak grup jika menang atas Napoli.

NAPOLI -- Napoli akan melakoni laga penentu untuk lolos ke fase gugur Liga Europa saat menjamu Leicester City, Jumat (10/12) dini hari WIB. Persaingan di Grup C memang yang paling ketat, mengingat empat tim masih memiliki peluang untuk lolos. 

Peringkat teratas grup masih ditempat oleh Leicester. Tapi hanya selisih satu poin dari peringkat dua dan tiga, yang diduduki Spartak Moskow dan Napoli, serta dua poin dari juru kunci, Legia Warsawa.

Leicester akan finis sebagai pemuncak grup jika menang atas Napoli. Jika bermain imbang pun the Foxes masih bisa melaju asalkan laga lainnya antara Spartak dan Legia berakhir imbang.

Sementara itu, Napoli harus menang untuk memastikan tempat ke babak 32 besar. Walaupun Il Partenopei mungkin juga masih bergantung pada pertandingan di Warsawa. Yang pasti, Napoli akan finis pertama jika menang dan Spartak kalah atau imbang.

Sistem kompetisi pada musim ini berbeda dari sebelumnya. Tim runner-up harus menjalani babak play-off, menghadapi peringkat ketiga di babak grup Liga Champions pada Februari 2022 mendatang. Artinya, tidak ada lagi babak 32 besar. Oleh karena itu, pertandingan di Stadion Diego Armando Maradona ini memiliki pertaruhan yang tinggi.

Namun, Napoli baru saja menelan kekalahan pahit di kandang sendiri, saat dipermalukan Atalanta 2-3. Hasil negatif di Seri A Liga Italia itu mengakhiri rekor kandang impresif Partenopei dalam beberapa bulan terakhir. Kekalahan itu juga tak terlepas dari sejumlah pemain inti skuad asuhan Luciano Spalletti yang mengalami cedera. Napoli pun hanya mengumpulkan empat poin dari empat laga terakhir di Seri A, setelah sempat tak terkalahkan sejak April 2021 melawan Juventus.

Oleh karena itu, Napoli mencoba bangkit dan membayar kekecewaan dengan mendapatkan hasil positif dari Leicester. Penyerang Napoli, Dries Mertens, mengaku kecewa berat timnya dikalahkan Atalanta. Tapi ia dan rekan-rekannya harus bertanding dengan kepala tegak melawan seteru dari Inggris tersebut.

"Jika kami lolos (ke babak 16 besar), berarti musim ini sangat positif. Kami harus tetap fokus karena kami adalah tim yang kuat," ujar Mertens dikutip dari laman resmi Napoli, Rabu (8/12).

Di sisi lain, Leicester layak hati-hati karena hasil imbang saja sudah cukup membuat klub Liga Primer Inggris itu lolos. Skuad asuhan Brendan Rodgers juga sama seperti Napoli, terseok-seok di liga domestik.

Leicester hanya mendapatkan satu poin dari dua pertandingan liga selama sepekan terakhir. Kekalahan dari Aston Villa akhir pekan lalu membuat the Foxes tanpa clean sheet dalam 15 pertandingan tandang di liga. Oleh karena itu, jika tidak hati-hati, situasi ini bisa dimanfaatkan oleh Napoli, yang menahan imbang Leicester 2-2 pada leg pertama.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat